4 Manfaat Penting Kolostrum Bagi Pertumbuhan Perkembangan Bayi

Bagi ibu yang telah melahirkan, maka sudah saatnya memberikan ASI. Kolostrum merupakan ASI yang pertama kali keluar pada anak. Memiliki warna yang kekuningan dan menyimpan banyak sekali manfaatnya. Mungkin, bagi para ibu yang pertama kali melahirkan tidak sadar akan hal tersebut. Untuk itu, alangkah lebih baiknya untuk bisa memahaminya.

Kolostrum, 4 Manfaat Pentingnya Kolostrum Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi
Ilustrasi : Manfaat Penting Kolostrum Bagi Bayi

Namun, cukup banyak juga masyarakat yang sadar bahwa ASI pertama kali itu penting. Kolostrum memiliki kandungan antibodi serta imunoglobulin yang begitu tinggi. Jadi, sangat membantu untuk meningkatkan kekebalan dari tubuh bayi. Tentunya, kolostrum ini sangat tepat untuk diberikan kepada bayi pertama kali. Artikel ini akan memberikan informasi lebih lengkap mengenai manfaat dari kolostrum bagi bayi.

Beberapa Manfaat Kolostrum Bagi Bayi

Tentunya, cukup banyak manfaat yang diberikan dari pemberian kolostrum pada bayi. Berikut ini beberapa manfaatnya:

Membantu Proses Perkembangan Pencernaan

Salah satu manfaat dari pemberian kolostrum yaitu bermanfaat untuk perkembangan dari pencernaan pada bayi. Karena, bayi yang baru saja lahir tentu memang masih memiliki pencernaan yang belum baik. Untuk itu, dibutuhkan kandungan yang mampu untuk membuat pencernaan menjadi lebih baik lagi.

Saat bayi mulai mengkonsumsi kolostrum, maka pencernaan akan menjadi lebih baik. Kolostrum bekerja secara maksimal untuk membuat semua bagian pada pencernaan berfungsi dengan baik. Jadi, memungkinkan agar pencernaan bayi menjadi tetap baik.

Mencegah Terjadinya Bayi Kuning

Kerap kali, banyak bayi yang setelah lahir memiliki tubuh kuning. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena, bayi mengalami masalah berupa ikterus atau dikenal dengan penyakit kuning. Hal ini disebabkan karena adanya bilirubin. Untuk itu, kandungan kolostrum membantu untuk mengurangi bilirubin tersebut.

Jadi, sangat penting agar para ibu bisa memberikan kolostrum yang tepat kepada bayi. Jangan sampai, pemberian dari kolostrum ini tidak sesuai pada kebutuhan dari gizinya. Karena, bisa mengakibatkan tubuh dari bayi menjadi kuning pasca persalinan. Pastikan untuk selalu memberikan kolostrum kepada bayi!

Mencegah Infeksi Pada Bayi

Beberapa bayi pada usia dini kerap kali mendapati infeksi. Tentunya. Hal ini sangat tidak bisa anda abaikan. Penanganan jika sudah terkena infeksi tentu akan menjadi lebih rumit. Untuk itu, alangkah lebih baiknya untuk bisa melakukan pencegahan terlebih dahulu.

Kolostrum membantu untuk memberikan pencegahan terjadinya infeksi pada bayi. Kandungannya bekerja secara aktif pada seluruh bagian tubuh. Jadi, bayi yang sudah pernah mendapatkan kolostrum tidak akan rentan terkena penyakit seperti infeksi flu, bronkitis, infeksi perut dan yang lainnya. Jadi, sangat penting bukan pemberian kolostrum pada tubuh?

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bayi yang baru saja lahir sangat diperlukan pemberian nutrisi agar sistem kekebalannya berjalan dengan baik. Untuk meningkatkannya, maka bisa dengan menggunakan kolostrum. Kandungan immunoglobulin sangat baik untuk pertumbuhan dari bayi. Tentunya, agar bakteri maupun virus tidak bisa menyerang tubuh dari bayi.

Selain itu, manfaat dari kandungan tersebut juga bisa membuat usus pada bayi menjadi lebih sempurna. Jadi, membuat beberapa macam masalah seperti penyakit diare dan lainnya tidak bisa menyerang pada tubuh. Dengan begitu, bayi akan tetap aman dan nyaman dalam sehari-hari.

Itu dia beberapa manfaat kolostrum bagi bayi. Tentunya, memang sangat banyak manfaat yang diberikan dari pemberian kepada bayi. Sudah seharusnya, ibu memahami hal ini dan tidak lupa untuk memberikannya. Semoga bermanfaat! 
Diberdayakan oleh Blogger.