Cara Mengatasi Blog atau Web Tidak Bisa Diakses Setelah Berganti Domain Baru

Mempunyai domain pribadi memang menjadi keinginan bagi siapa saja. Tak ayal kadang kita sampai bingung memilih web hosting tempat menyewa domain nantinya. Namun disini saya tidak akan membahas mengenai web hosting melainkan sedikit pengalaman ketika mengubah berganti domain menjadi .com. Setelah Personal Blog saya ini sukses berganti menggunakan Top Level Domain (TLD) ternyata ada saja permasalahan yang menghampiri blog ini. Yakni ketika konfigurasi domain selesai dilakukan, yang muncul malah tulisan Server Not Found seperti screenshot di bawah ini :


Dugaan Awal

Awalnya saya mengira bahwa ini masih masuk proses resolve domain yakni proses pergantian diarahkannya dari sub domain blogspot ke .com. Tapi setelah menunggu lebih dari 1 hari ternyata tak kunjung berubah tulisan Server Not Found nya. Kemudian saya coba akses domain yang saya sewa ini menggunakan mobile yakni dari Hp Blackberry dan Nokia Lumia saya ternyata bisa diakses alias normal. Saya coba akses mengggunakan koneksi di Warnet ternyata juga tidak ada masalah.

Solusi

Saya coba tanya terlebih dahulu ke pihak web hosting dan searching di Google, dari sana saya mendapatkan ada tiga hal yang bisa dilakukan rekan - rekan apabila mengalami kejadian Blog Tidak Bisa Diakses Setelah Berganti Domain Baru seperti yang saya alami.

CARA PERTAMA : Bagi Pengguna Blogger, Pastikan Settingan Redirect Domain Sudah Benar.

Yakni masuk ke dalam Panel Setting => Pilih Basic => Klik Edit pada Bagian Publishing dan pastikan pada tulisan Redirect domainanda.com to www.domainanda.com sudah tercentang. Itu berguna agar domain rekan bisa diakses baik itu menggunakan www maupun tanpa www di depannya. Jika sudah menggunakan cara ini tapi masih tidak bisa diakses, silahkan masuk ke cara kedua.

Setting www redirect domain di blogger

CARA KEDUA : Hapus Cache dan Cookies Pada Web Browser.

Ini berguna untuk menghapus segala aktivitas yang terjadi sebelum domain rekan terkonfigurasi. Kebetulan saya menggunakan browser Firefox. Caranya masuk menu Firefox => Pilih History => Pilih Clear Recent History. Kemudian pada jendela pop up Klik Clear Now. Restart Ulang Modem dan Web Browser rekan, terakhir ketikkan kembali di address bar domain yang sudah kita sewa. Jika cara ini juga belum berhasil, mungkin cara ketiga ini adalah solusi nya.

CARA KETIGA : Membuat dan Menambahkan DNS (Domain Name Server) baru pada Perangkat Modem yang Digunakan.

Disini saya menggunakan Modem CDMA Smartfren dengan seri EC1261-2. Tampilan fisiknya kurang lebih seperti di bawah ini :

Modem CDMA Smartfren EC1261-2

Jadi apabila rekan - rekan menggunakan modem atau perangkat koneksi internet lainnya dimohon untuk menyesuaikan.

Pertama matikan terlebih dahulu koneksi internet kita kemudian Klik Menu Tools => Lalu Pilih Option.

Modem CDMA Smartfren EC1261-2

Pada Menu Option, Pilih Profile Management => Klik New => Pada Profile Name tulislah terserah anda misal Smarfren2, Lalu di Bagian Authentication ketikkan pada :
Access Number => #777
User Name => smart
Password => smart
Kemudian Klik Advance. Untuk bagian ini Access number, username, password diisi sesuai operator yang anda gunakan.

Modem CDMA Smartfren EC1261-2
 
Pada jendela Advance, Ubah pada DNS Setting Menjadi Static. Dan isikan pada :
Primary DNS  => 008.008.008.008
Secondary DNS => 008.008.004.004

Modem CDMA Smartfren EC1261-2

DNS yang saya gunakan merupakan DNS yang berasal dari Google atau lebih dikenal dengan Google Public DNS. Fungsi dari DNS ini nantinya kurang lebih sebagai pengalamatan alias pembuatan jalur (semacam routing) agar kita bisa mengakses URL dari domain yang kita sewa sebelumnya. Denger - denger juga bisa menambah kecepatan koneksi internet kita, tapi untuk info lebih lengkapnya silahkan rekan - rekan search di Google Mengenai Google Public DNS ini. Kembali ke topik, jika kita sudah memasukkan DNS tersebut klik Ok. Jangan lupa untuk mengklik Save.

Modem CDMA Smartfren EC1261-2

Terakhir silahkan Restart Ulang modem anda, pilih Profile Name yang telah kita buat tadi, Connect kan kembali perangkat modemnya,  ketikkan kembali domain domainnya di address bar dan Lihat Hasilnya.

Insya Allah untuk cara yang ketiga ini tidak mungkin gagal, misalkan gagal mungkin itu semua tergantung amal dan perbuatan rekan - rekan semua :D Dan semoga pengalaman yang saya share ini dapat bermanfaat bagi semua. Ada pertanyaan? Langsung saja OTW ke Kotak Komentar di bawah. Selamat mencoba.

58 comments

Saya nyimak saja :D
Terimakasih informasinya mas..

mungkin ini akan berguna bila saya akan ganti domain menjadi TLD
#kapan ya kira-kira :D

Kalau ditanya kapan, jawabannya ya mungkin tergantung niatnya aja mas :) Kalau ada niat insya allah pasti ada jalan dan kesempatan. ^_^

Pengalaman yg menarik mas..dan bisa jd pelajrn buat kita kita..
Trims ya udah berbagi :)

Sangat bermanfaat mas tipsnya :)

saya malah jadi pengen beli TLD nih mas adit.
bener-bener provokasi yang handal, hehehe.
tulisannya bermanfaat sekali mas.

wah jadi kepengen ganti domain jadinya saya.... tapi belum betul - betul paham sayahnya

Besok kalau ada kesempatan insya allah akan saya buatkan tutorialnya mengenai custom domain di blogger, ditunggu saja :)

Waduh kok dibilang provokasi saya mas, padahal cuma sharing pengalaman saja saya lho mas :)

Kalau saya tidak sampai 3 jam domain langsung bisa diakses mas,tapi cara diatas bisa membantu untuk mengatasi web yang masih belum bisa dibuka setelah domain baru.

smartfren memang lemot mas :p
tinggal edit DNS saja itu mah =))
follow back yah mas , udah di follow tuh :D

slamat mlm sobat. salam kenal trmksih banyak sob infonya sangat membantu sekali

ulasan yang menarik dan bermanfaat mas, bisa buat podoman bagi yang masih awam :) ya seperti saya ini.. hehehe

wah saya belum punya domain pribadi mas yang Top Level Domain (TLD) hehe :)
Tapi setidaknya saya sudah tahu trik nya apabila dikemudian hari saya juga mengalami masalah seperti ini yakni domain tidak bisa di akses. Thanks atas informasinya ya :)

Iya kurang lebih seperti itu caranya mas :)

Normalnya hitungan jam memang udah beres. Itung - itung bisa nambah pengetahuan terutama bagi yang ga tau caranya apabila mengalami seperti apa yang saya alami.

Kalau gitu sama - sama awamnya kita mas :D

Ya kurang lebih seperti itulah cara penanganannya mbak apabila mengalami kejadian yang saya alami waktu custom domain.

ternyata ribet juga ya sob, jd gak kpingin ganti domain lg nih...
daripada ribet

Ribetnya dimana mas? Top Level Domain lho, masa ga mau ^_^ Mungkin yang mengalami hal seperti saya ini hanyalah 1 dibanding sekian banyak kasus. Sedangkan yang lainnya fine - fine aja. Tinggal edit atau tambahkan DNS kelar kok :D

biasanya masalah untuk domain baru ya cuma lupa mencenteng untuk di alihkan bila tanpa www pada blogger.

saya pakai wordpress mas Alhamdulillah, saya g mengalami masalah mas

Betul mas, namanya juga manusia biasanya kurang teliti saja. :)

Alhamdulillah kalau begitu mas, sesuai dengan komentar saya diatas kemungkinan untuk terjadi hal seperti ini adalah 1 dibanding sekian banyak kasus. :)

tambah satu lagi sob, semoga dapat membantu paksa Resolvingnya pada Siystem32
lalu Gunakan Flush DNS, dijamain 5 menit setelah proses Propagasi DNS situs sudah bisa di akses kembali

Makasih atas tambahannya. Kebetulan cara yang tawarkan diatas yang mungkin lebih mudah di pahami oleh kebanyakan orang.

Saya juga ga kepikiran kalau ternyata bisa juga pake cara Flush DNS (kalau ga salah kurang lebih konsepnya ngasih tau ke ISP kalau kita punya rumah baru :D). Barangkali kalau nemuin kasus lagi, akan saya coba nerapin teknik yg satu ini :)

saya dulu sewaktu merubah subdomain blogspot menjadi tld juga mengalami hal seperti itu mas, tdk dapat diakses. kemudian saya bersihkan cache dan riwayat penjelajahan di browser, akhirnya bisa diakses, hmmm :)

kalau info diatas ini adalah penjelasan teknik secara terperinci dan berbagai cara alternatif yg lebih jelas, jadi saya ijin bookmark, hehehe ^_^

Ya cara tersebut memang bisa digunakan mungkin saking banyak dan penuhnya history sehingga browser pun sampai bingung buat ngeload blog kita. #analisis_ngawur :D

Silahkan di bookmark mbak, barangkali ada yang membutuhkan bisa menggunakan referensi cara yang saya gunakan ini. Terima kasih juga telah berbagi pengalamannya :)

Ternyata ribet juga ya permasalahannya, saya kemarin ada sewa domain lagi di IDWebHost, yg setting orang IdWebHost nya mas.
Alhamdulillah sekitar 1-2 jam domain baru sudah bisa diakses :)

Aslinya ga ribet kok mas, kejadian diatas mungkin hanya dialami oleh beberapa diantara kita. Dan kebetulan juga saya juga baru mengcustom domain blogger punya temen saya, juga no problem. :)

terima kasih gan sangat membantu sekali...

kunjungi juga gan punya ane www.ferikun.com

wah mantap banget penjelasannya sob

kalo ganti DNS gitu, apakah di pc orang lain masih bisa terbuka? bagaimana agar orang lain juga bisa membuka blog kita? karena hal ini dapat mengurangi jumlah pengunjung blog

Untuk kasus ini Istilahnya hanya IP kita yang ke block oleh server karena entah permintaan yang tidak wajar atau berlebihan ketika kita meng custom domain. Sesuai dengan pengalaman saya, yang tidak bisa mengakses ialah hanya dari perangkat koneksi kita saja, karena saya coba connect menggunakan koneksi di Warnet, lalu modem lain, dan lewat mobile semuanya lancar bisa diakses. Insya Allah tidak akan mengurangi jumlah pengunjung :)

terima kasih mas, akhirnya bisa diakses lagi website saya dengan domain yang baru, ini domain baru saya mas deanara16.com. . Izin bookmark ya mas mana tau suatu saat ada malasah lagi. .

Ane jg ganti domain gan nama awal ane tambah .org,tpi pas ane share di fb ko' preview nya ame deskripsinya bukan blog ane,tapi web page under construction,itu knp ya gan kira-kira..,ane udh muter2 nyari tahu..tetep gk dpt solusi :(

owhh gitu ya,, punya ku juga kaya gitu mas,
makasih , sangat membantuu sekali.

wah sama nih, saya juga ga bisa diakes, tapi pake dns google bisa diakses, solusi lain selain pake dns google gmn ya??

sudah ccleanup dan hapus cache juga masih ga bisa, apa karena salah setting ya?
tapi yg domain lain bisa diakses, padahal setinngannya barengan

Dengan menambahkan Google DNS sebenarnya sudah bisa memecahkan masalah diatas karena sistemnya sebelum kita akses domain kita, kita melewati jalurnya DNS google terlebih dahulu. Tapi kadang beberapa kasus tertentu jika google DNS nya dihapus atau dinonaktifkan domain kembali ga bisa diakses.

Mungkin cara lainnya yakni agak sedikit mengeluarkan biaya yakni dengan mengganti perangkat koneksinya gan. Dengan mengganti modem / perangkat koneksi Insya Allah IP kita akan berganti. Karena IP yang digunakan sebelumnya ketika custom domain kemungkinan di block oleh server.

Wah, ini dia solusi masalah web saya yang tidak bisa diakses. Meski pesan yang muncul adalah Under Construction.

Artikel yg bermanfaat pada saat saya costum domain di niaga kemaren dan saya melakukan cara yang ke tiga

kalau web dibuka tapi tdk ada tampilannya kenapa gan,,, ini almt webnya www.kawatnyamukmagnet.com

saya dulu pernah mengalami permasalahan yang sama mas, tapi tidak saya apa-apain besoknya normal sendiri,hehehe. trims sharingnya mas, salam kenal

yups biasanya proses propagansi domain . bisa clear cache browser + flush dns

Setelah di cek web anda kelihatannya masih kosong , atau mungkin file indexnya ada yang salah.

terima kasih banyak mas, akhirnya kepanikan da kebingunan saya terpecahkan, terima kasih sekali mas, sukses selalu mas semoga selalu lancar rezekinya mas hehe. berkunjung juga ke blog nubi ane mas www.pandaibelajar.com

mantap tulisannya mas,, tulisannya sangat menarik sekali ^_^

domain pertama saya .com berganti menjadi .net itu biasanya artikel artikel yang sudah di page one akan mengalami error not found, lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.