Cara Mengirim Dokumen Surat Di Kantor Pos Indonesia

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman, perihal jasa pengiriman PT. Pos Indonesia. Pengalaman saya ketika melamar pekerjaan, mengharuskan beberapa perusahaan meminta berkas - berkas lamaran para Pencari kerja (jobseeker) harus dikirimkan langsung. Salah satunya ialah ketika saya apply lamaran di salah satu Rumah sakit di Jawa Tengah. Disini saya menggunakan jasa Pos Indonesia sebagai kurir pengiriman dokumennya.  

Tentu sudah tak asing lagi bahwa PT. Pos Indonesia merupakan perusahaan pengiriman barang, dokumen dan paket yang paling tua di Indonesia yang dikelola oleh pemerintah. Jangkauan yang luas hingga mencakup area terpencil, harga yang murah bersahabat serta kualitas layanannya yang cukup baik membuat siapa saja tetap menggunakan jasa di tempat ini ditengah gempuran perusahaan jasa ekspedisi yang banyak bermunculan.

Oke langsung saja kalau begitu berikut sedikit pengalaman yang bisa saya bagi terkait dengan cara pengiriman dokumen / surat - surat di Kantor Pos :

1. Packing Dokumen

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas dokumen yang akan saya kirim ialah berkas lamaran pekerjaan. Anda siapkan dan anda masukkan map folio atau amplop besar ukuran kertas hvs.

Jangan lupa untuk mencantumkan idnetitas pengirim dan identitas penerima di depan amplop coklat tersebut. Boleh ditulis tangan atau kalau saya ketik lalu print dan terakhir menempelkan ke bagian sudut amplop. Ilustrasinya bisa anda cek di bawah ini.

Cara Mengirim Dokumen Surat Di Kantor Pos Indonesia
Ilustrasi : Packing dokumen untuk dikirimkan di PT. Pos Indonesia

2. Perkiraan Ongkos Kirim 

Sebelum anda datang ke kantor pos, anda sebetulnya sudah bisa memperkirakan biaya ongkos kirimnya. Silahkan kunjungi website Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id kemudian anda klik menu atau link Kiriman Pos.

Sesudah halaman tarif ongkos kirim terbuka, anda tentukan alamat asal dan alamat tujuan pengiriman, perkirakan beratnya dalam hitungan gram. Untuk dimensi dan harga barang kondisional saja.

Cek ongkos kirim melalui website PT Pos Indonesia

Cek ongkos kirim melalui website PT Pos Indonesia
Photo : Cek ongkos kirim melalui website PT Pos Indonesia

3. Datang ke Kantor Pos

Setelah menyiapkan uang yang cukup, anda datang ke kantor Pos terdekat dengan posisi anda berada. Ambil nomor antrian dan jika sudah dipanggil serah dokumen anda tersebut ke petugas Pos terkait (Customer Service / CS). CS akan menimbang berat dokumen dan menginputkan data - data pengiriman. Lalu CS akan menginfokan berat dokumen dalam gram dan biaya ongkos kirimnya. 

Cara Mengirim Dokumen Surat Di Kantor Pos Indonesia
Ilustrasi - Penyerahan dokumen ke customer service PT. Pos Indonesia

Biasanya juga anda akan ditawarkan menggunakan metode kilat atau metode pengiriman lainnya disesuaikan layanan yang tersedia dengan alamat tujuan penerima. Setelah anda bayar ongkos kirimnya, anda akan menerima secuil form terkait dengan data bukti pengiriman beserta nomor resi nya. 

4. Tracking Resi Pengiriman

Untuk memantau sejauh mana dokumen tersebut berada selama proses pengiriman, anda bisa melakukan cek atau tracking melalui website www.posindonesia.co.id. Inputkan nomor resi pengiriman anda ke dalam form yang tersedia lalu klik tombol cari pengiriman. Kalau di kertas form pengriman tertera Nomor Barcode. Contohnya sebagai berikut :

Bukti fisik resi pengiriman dokumen di PT. Pos Indonesia
Photo : Bukti fisik resi pengiriman dokumen di PT. Pos Indonesia
Photo : Pelacakan resi pengiriman di website PT. Pos Indonesia
Photo : Pelacakan resi pengiriman di website PT. Pos Indonesia

Dan hasil pelacakan nomor resinya sebagai berikut.

Hasil pelacakan nomor resi PT. Pos Indonesia
Photo : Hasil pelacakan nomor resi PT. Pos Indonesia

Nah seperti itulah sekelumit pengalaman saya ketika mengirimkan dokumen melalui jasa pengiriman di Kantor Pos.

Terkadang perihal pengiriman untuk barang - barang tertentu mewajibkan anda mengasuransikannya dan menggunakan packing tertentu. Biasanya hal ini akan dipertimbangkan CS kantor pos dan dikomunikasikan ke anda terlebih dahulu ketika berada di kantor pos. Sekian tulisan dari saya ini semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.