Pengertian, Fungsi Manfaat Linear Bearing dan Cara Merawatnya Supaya Awet Tahan Lama

Linear Bearing merupakan suatu komponen yang digunakan agar mempermudah lajunya fungsi suatu mesin, ada komponen penting yang nggak boleh dilewatkan begitu saja. Linear bearing termasuk komponen yang nggak boleh ketinggalan dan wajib ada di alat-alat tertentu. Bantalan gerakan untuk alat dan mesin tertentu ada beberapa macam. Jenis linear ini khusus dirancang buat alat-alat yang punya gerakan bebas secara lurus atau dalam 1 arah. 

Pengertian, Fungsi Manfaat dan Cara Merawat Linear Bearing Supaya Awet Tahan Lama
Photo : Linear Bearing (fargo3dprinting.com)

Jenis linear yang hanya bisa bergerak 1 arah ini bisa kamu temukan di kehidupan sehari-hari. Kalau kamu bekerja di bidang industri, kamu pasti akan gampang menemukannya di mesin tekstil, mesin yang dipakai untuk mengemas baju-baju, dan mesin cetak. Berbicara tentang mesin cetak, sebenarnya kamu akan menemukan bearing ini di printer-printer rumahan atau di toko foto kopi.

Fungsi Linear Bearing

Fungsinya nggak jauh berbeda dari jenis bearing yang lain. Memakai linear bearing akan memberikan kelebihan sendiri dari jenis lainnya.

1. Mengurangi Gesekan

Sama seperti jenis bearing lainnya, fungsi linear membuat alat atau mesin mampu mengurangi gaya gesekan yang terlalu berlebihan. Jadinya, hasilnya akan tetap sesuai yang diharapkan dan nggak ada yang bocor.

2. Stabil

Karena gaya gesekannya sudah diatur secara konstan, membuat kecepatannya akan tetap stabil. Nggak terlalu cepat dan juga nggak terlalu lambat. Kalau terlalu cepat atau lambat, artinya ada komponen yang sedang rusak atau bermasalah.

3. Mengurangi cacat produk

Saat mau memproduksi sesuatu, kualitas dan bentuknya harus diperhatikan agar konsumen puas dengan hasilnya dan memakainya dengan senang. Tapi kalau hasilnya cacat, pasti konsumen akan komplain dan nggak mau memakai produknya lagi. Karena itu, ada bearing linear membantu proses produksi menjadi lebih baik dan mengurangi risiko kerusakan cacat produk.

4. Sesuai dengan kondisi mesin produk

Fungsi yang terakhir adalah linear bearing bisa disesuaikan dengan kondisi mesin produknya. Jenis bearing ini punya banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Toko yang menjual produk-produk bantalan linear yang berkualitas di Logam Makmur. Macam-macam bearing di jual di sini, jadi kamu nggak usah capek-capek keliling toko mencarinya. Kamu bisa langsung melihatnya di logam-makmur.com.

Cara Merawat Bearing Jenis Linear Supaya Awet

Pengertian, Fungsi Manfaat dan Cara Merawat Linear Bearing Supaya Awet Tahan Lama
Photo : Linear Bearing (bearingscanada.com)

1. Jangan Mengelap Minyak Alaminya

Saat kamu baru pertama kali membelinya, ada minyak yang menempel pada permukaan linear bearing. Jangan bersihkan atau mengelap minyaknya karena merupakan minyak alami. Minyak itu membuat gaya gesek bisa dikontrol dengan pas sehingga nggak terjadi kendala pada pergerakannya.

2. Jangan Menambah Minyak Berlebihan

Kesalahan yang sangat umum yaitu menambah minyak yang banyak saat pelumasnya sudah habis. Memberikan minyak berlebihan pada bearing akan membuat debu cepat menempel dan akhirnya rusak dengan cepat.

3. Jangan Asal Ganti

Saat kinerja bearing mulai rusak, orang akan langsung menggantinya yang baru. Padahal menggantinya yang baru nggak harus dilakukan. Kamu bisa cek dulu ke orang yang lebih tahu masalah bearing. Kalau mereka bilang harus diganti, ganti saja. Tapi kalau masih bisa diperbaiki, sebaiknya jangan langsung diganti.

Penjelasan tentang linear bearing memang singkat, tapi setidaknya bisa mengurangi rasa penasaranmu yang masih sangat awam dengan komponen itu. Pastikan kamu beli bearing di toko yang aman seperti Logam Makmur agar kualitasnya bagus dan tahan lama.
Diberdayakan oleh Blogger.