Cara Perpanjang Kontrak Domain di Idwebhost (Renewal Domain)

Mempunyai domain pribadi memang menjadi suatu keistimewaan tersendiri bagi si pemiliknya. Kalau kata orang di luar sana katanya mampu memberikan semacam personal branding yakni citra atau ciri khas positif  terhadap si pemilik domain pribadi tersebut. Namun ada suatu hal yang tidak boleh dilupakan ketika kita sudah mempunyai TLD (Top Level Domain) yakni memperpanjang masa aktif domain itu sendiri atau istilahnya Renewal domain.

Perpanjangan domain sebaiknya dilakukan minimal satu bulan sebelum masa aktif domain habis. Tapi jika anda pas kebetulan ada rejeki lebih pembayaran dilakukan kurang dari itu misal 2 atau 3 bulan sebelumnya ya tidak masalah. Dikarenakan jika domain kita lupa perpanjang maka salah satu bukti nyatanya ialah domain yang dahulu pernah saya kelola yakni kiosbisnis.com yang tadinya biaya perpanjang domain .com sebesar Rp. 95.000,- di Web Hosting Idwebhost karena sengaja memang tidak saya urus lagi dan sekarang domain tersebut dilelang atau misal mau dibeli lagi maka harus mengeluarkan uang sejumlah USD 925,- atau jika dirupiahkan menjadi lebih dari Rp. 10 juta rupiah cek buktinya disini

Untuk menghindari hal tersebut terjadi pada domain kita maka saya coba berbagi pengalaman saya ketika saya mencoba memperpanjang domain .com di Idwebhost. Selain itu artikel ini juga saya buat karena ada beberapa rekan blogger seperti mas Muhammad Angki Prasetyo Nugroho yang pernah menanyakan bagaiamana cara perpanjang domain. Untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan berikut ini :

A. Registrasi Perpanjangan Masa Aktif Domain 

1. Langkah pertama ialah dengan mengunjungi cpanel domain di Idwebhost dengan alamat http://idwebhost.com/Hosting_Login. Masukkan alamat email anda dan password nya. Klik Login


2. Setelah masuk di dalam Cpanel Domain klik menu Perpanjangan. Kemudian Checklist pada nama domain yang akan kita perpanjang masa aktif domainnya. Kemdian klik tombol berikutnya.


3. Tentukan berapa lama masa aktif domainnya. kebetulan saya memilih untuk memperpanjang selama satu tahun untuk domain Aditya-web.com ini. Jika suda klik berikutnya.


4. Di halaman ini anda akan diperlihatkan berapa besaran biaya untuk memperpanjang domain. Jumlah tersebut yang akan kita gunakan ketika transfer uang melalui rekening nantinya. Jika sudah Klik Checkout.


5. Setelah kita checkout maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Silahkan cek email anda masing - masing. 


B. Cek Email Detail Transaksi dan Informasi Pembayaran Domain

6. Langkah berikutnya ialah anda cek email yang diirimkan oleh pihak web hosting idwebhost. Di dalam email tersebut tertera keterangan singkat cara pengatifan account, rincian biaya yang harus dibayarkan beserta nomor rekening tujuan transfer. Yang perlu dicatat ialah nama beserta nomor rekening tujuan transfer. 


7. Silahkan anda pergi ke ATM terdekat atau jika anda menggunakan internet banking, silahkan bayar biaya perpanjang domain sesuai dengan yang tertera di dalam email.

C. Konfirmasi Pembayaran 

8.  Masuk kembali ke dalam Cpanel Domain Idwebhost. Di bagian menu dasbor di bagian domain yang kita perpanjang kita klik konfirmasi.


9. Kemudian isikan keterangan sesuai yang diminta di dalam kolom.Seperti tanggal pembayaran, besar pembayaran, Nama bank kita, nomor rekening, bank tujuan transfer dan juga catatan jika ada. Kemudian kita klik Submit.


10. Sesudah klik submit maka akan muncul halaman seperti berikut.


Setelah kita submit maka sekitar beberapa menit berikutnya kita akan mendapatkan beberapa email dari idwebhost yang intinya menginformasikan mengenai pembayaran perpanjangan domain kita. Dan email pamungkas yang kita tunggu - tunggu seperti ini.


D. Cek Masa Aktif Domain

Untuk lebih meyakinkan jika domain kita sudah selesai diperpanjang saya coba cek melalui who.is dan hasilnya. Alhamdulillah masa aktif domainnya sudah bertambah alias terupdate satu tahun dari 3 Oktober 2014 menjadi 3 Oktober 2015. Misal data domain punya anda belum terupdate ga lama lagi who.is akan mengupdate informasi domain blog anda.


Dan seperti itulah sedikit tutorial mengenai Cara Perpanjang Kontrak Domain di Idwebhost atau lebih sering dikenal dengan istilah Renewal Domain. Semoga sedikit pengalaman saya ini mampu membantu rekan - rekan yang kebingungan buat nyari tutorial perpanjang domain di Idwebhost. Lalu bagaimana dengan cara perpanjangan di web hosting selain di Idwebhost? Saya rasa secara teknis hampir sama, perbedaan mungkin hanya terletak dalam UI (User Interface) dari masing - masing cpanel domain web hosting tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. . .
Diberdayakan oleh Blogger.