6 Tips Atasi Masalah pada Wireless Mouse

Wireless Mouse atau mouse tanpa kabel kini menjadi pilihan banyak orang karena dianggap lebih praktis. Teknologi wireless sendiri merupakan teknologi yang menghubungkan beberapa perangkat tanpa menggunakan kabel, atau dikenal dengan istilah teknologi nirkabel.

6 Tips Atasi Masalah pada Wireless Mouse
Mouse Wireless

Dibandingkan dengan wired mouse (mouse dengan kabel), tentunya bekerja dengan wireless mouse membuat penggunanya lebih leluasa karena tidak lagi terbatasi oleh kabel.

Karena jangkauannya yang cukup luas, maka pengguna tidak perlu lagi mengkhawatirkan ruang gerak ketika bekerja dengan mouse jenis ini. Mouse tanpa kabel juga lebih ringkas dibawa-bawa, khususnya bagi pengguna yang harus berpindah-pindah tempat saat bekerja.

Meski demikian, ada kalanya terjadi kendala atau masalah pada wireless mouse. Misalnya, mouse tidak terdeteksi oleh komputer atau laptop, tidak merespon gerakan, tiba-tiba berhenti bekerja, atau pointer yang bergerak tidak menentu. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitas kita, apalagi saat sedang dipakai untuk browsing atau main game di fun88.

Jika terjadi masalah tersebut, berikut adalah beberapa tips dan cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah pada wireless mouse :

1. Perhatikan Petunjuk Instalasi

Wireless mouse Anda mungkin saja memerlukan instalasi khusus agar bisa digunakan dengan baik. Jadi sebaiknya pahami terlebih dahulu dan ikuti instruksi yang ada dalam kotak pembelian mouse Anda sebelum menggunakannya.

2. Mengecek Tombol on/off Pada Mouse

Beberapa tipe wireless mouse memiliki tombol on/off pada bodinya. Tombol ini berfungsi untuk menghemat baterai. Jadi ketika tidak sedang digunakan, tombol mouse sebaiknya dalam posisi off.

Namun ketika akan digunakan, Anda dapat mengecek tombol on/off dan pastikan apakah tombol tersebut sudah di posisi on. Pastikan pula lampu indikator mouse telah menyala. Jika sudah namun mouse masih belum bereaksi, cobalah untuk mengubah tombol ke posisi off kemudian kembali on lagi.

Namun langkah ini tidak dapat diaplikasikan untuk mouse yang tidak memiliki tombol on/off atau menggunakan sistem standby otomatis.

3. Lepas Dan Pasang Kembali USB Dongle

Umumnya wireless mouse dilengkapi dengan USB dongle yang harus dipasang ke port USB laptop atau komputer ketika akan digunakan.

Jika dongle ini sudah terpasang tetapi mouse tidak berfungsi, cobalah melepaskan dongle dari port kemudian pasang kembali di port yang lain. Mouse Anda tidak bisa digunakan jika dongle dipasang pada port yang rusak.

4. Ganti Baterai Mouse atau Isi Daya Mouse

Wireless mouse menggunakan baterai untuk dayanya. Ada yang menggunakan baterai terpisah, dan ada pula yang dapat diisi dayanya.

Jika wireless mouse Anda menggunakan baterai yang terpisah, sebaiknya segera ganti baterai yang sudah hampir habis dengan yang baru agar mouse dapat berfungsi dengan baik. Sedangkan jika mouse bisa diisi daya, cobalah untuk mengisi daya terlebih dahulu sebelum digunakan.

5. Mengecek Jika Ada Masalah Dengan Laptop

Mouse yang tidak bisa digunakan bisa jadi karena laptop atau komputer Anda yang bermasalah. Untuk memastikannya, cobalah restart laptop atau komputer ketika mouse Anda tidak berfungsi dengan baik.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah mencoba menggunakan wireless mouse pada laptop atau komputer lain. Jika berfungsi, ada kemungkinan laptop Anda yang bermasalah. Namun jika tetap tidak berfungsi, mungkin mouse memang sudah rusak.

6. Gunakan Alas Mouse Yang Tepat

Mouse mungkin tidak dapat berfungsi dengan baik jika diletakkan pada permukaan yang tidak mendukung, misalnya kaca.

Hal ini dikarenakan sensor pada mouse sering tidak merespon saat digunakan di atas permukaan transparan. Agar dapat bekerja dengan leluasa, gunakan alas mouse sehingga mouse Anda dapat digunakan di setiap jenis permukaan apapun termasuk meja kaca.

Demikian tadi 6 tips mengatasi masalah yang sering terjadi pada wireless mouse. Semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.