Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan Internet Banking BCA - KlikBCA

Bagi para pengguna atau nasabah Bank BCA, pasti sudah tidak asing lagi dengan fasilitas perbankan yang bernama KlikBCA atau Internet Banking BCA. Ada salah satu menu di dalam KlikBCA dimana anda harus menambah daftar rekening tujuan agar dapat melakukan transaksi finansial.

Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA
Ilustrasi - Penggunaan Akses Internet Banking BCA / KlikBCA

Sekilas Tentang Internet Banking BCA - KlikBCA

Dikutip dari website resmi klikbca.com. KlikBCA Individu adalah layanan internet banking BCA yang mudah, praktis, aman dan nyaman digunakan. Nasabah yang belum memiliki KlikBCA dapat melakukan registrasi Internet Banking BCA di ATM atau cabang BCA terdekat dan kemudian mendapatkan KeyBCA di cabang BCA terdekat untuk pengamanan transaksi finansial. 

Nah, salah satu fitur yang bisa nasabah BCA gunakan untuk transaksi finansial ialah transfer rekening baik ke sesama rekening BCA maupun Bank Lain meliputi BRI, BNI, Mandiri, BII maupun Bank lokal Indonesia lainnya. 

Bedanya fitur transfer di KlikBCA ini dengan transfer melalui mesin ATM  adalah sebagai berikut :
  • Pengguna tidak perlu datang ke mesin ATM.
  • Pengguna diharuskan mendaftarkan rekening tujuan transfer terlebih dahulu sebagai proses verifikasi data di akun klikBCA. 
  • Pengguna tidak bisa menghapus rekening bank yang sudah didaftarkan melalui akun KlikBCA. Penghapusan bisa dilakukan melalui bagian Customer Service Bank BCA terdekat.
  • Biaya transfer ke sesama BCA gratis. Sedangkan biaya transfer ke Bank lain Rp. 5.000 (KlikBCA) dan Rp 6.500,- (Melalui mesin ATM).
Sesudah anda mengetahui apa itu KlikBCA. Maka langsung saja berikut saya jabarkan step by step cara menambah daftar rekening tujuan di KlikBCA.

Disini saya bedakan menjadi dua step yakni untuk cara menambah daftar rekening bank tujuan ke Sesama BCA maupun ke Bank Lain seperti BNI, BRI, BII, Mandiri atau bank - bank lainnya. Berikut Ulasannya :

Akses Login ke Website Internet Banking BCA (KlikBCA)

Pertama silahkan anda akses situs resmi Internet Banking BCA https://www.klikbca.com (1). Pilih dan tekan tombol Individual (2). Masukan Username (3) dan Password (4) / PIN KlikBCA anda. Kemudian klik tombol Login (5).

Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA - Halaman Utama Website KlikBCA
Foto : Halaman Utama Website KlikBCA

Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA - Halaman Akses Login KlikBCA
Photo : Halaman Akses Login (KlikBCA)

Jika sudah login masuk ke menu Transfer Dana (6). Kemudian anda klik di submenu Daftar Rekening Tujuan (7).


Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA - Halaman Menu Transfer Dana KlikBCA
Foto : Halaman Menu Transfer Dana (KlikBCA)

Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA - Halaman Menu Daftar Rekening Tujuan KlikBCA
Foto : Halaman Menu Daftar Rekening Tujuan (KlikBCA)

Daftar Rekening Tujuan Sesama BCA

Jika rekening yang akan anda daftarkan adalah rekening sesama BCA maka anda pilih opsi Rekening BCA (8). Kemudian anda Klik Tombol Kirim (9).

Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA - Halaman Menu Daftar Rekening Tujuan - Jenis Rekening Tujuan KlikBCA
Foto : Halaman Menu Daftar Rekening Tujuan - Jenis Rekening Tujuan (KlikBCA)

Kemudian anda input nomor rekening tujuan (10). Dan gunakan KeyBCA (Token atau sejenis alat verifikasi transaksi) anda untuk input kode angka di kolom Respon Key BCA Appli 2 (11).

Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA - Halaman Menu Daftar Rekening Tujuan - Jenis Rekening Tujuan KlikBCA
Foto : Halaman Menu Daftar Rekening Tujuan - Jenis Rekening Tujuan (KlikBCA)

Untuk instruksi penggunaan KeyBCA kurang lebih sebagai berikut.

Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA (Internet Banking BCA) - Instruksi Penggunaan KeyBCA
Foto : Halaman Instruksi Penggunaan KeyBCA (KlikBCA)

Jika nomor rekening tujuan BCA dan input angka KeyBCA sudah benar, maka akan muncul secara otomatis muncul nama pemilik rekening. Jika sudah klik tombol Kirim (13).

Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA - Halaman Konfirmasi Daftar Rekening Tujuan BCA KlikBCA
Foto : Halaman Konfirmasi Daftar Rekening Tujuan BCA (KlikBCA)

Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA - Halaman Rekening Tujuan BCA Berhasil Didaftarkan KlikBCA
Foto : Halaman Rekening Tujuan BCA Berhasil Didaftarkan (KlikBCA)

Daftar Rekening Tujuan Ke Bank Lain

Jika rekening yang akan anda daftarkan adalah rekening bank lain seperti (BRI, BNI, Maybank BII, Bank Mandiri, Bank Jabar (BJB), Bank Jateng, dna bank lainnya selain Bank BCA), maka untuk menambah daftar rekening tujuan anda pilih opsi Rekening Bank Lain (8). Kemudian anda Klik Tombol Kirim (9).

Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA
Foto : Halaman Menu Daftar Rekening Tujuan - Jenis Rekening Bank Lain (KlikBCA)

Kemudian anda input nama bank tujuan (9), kota asal pembuatan rekening tujuan (10), kategori penerima (11), penduduk (12), WNI (13), Nama penerima (14), No Rekening Tujuan (15).  Gunakan KeyBCA (Token atau sejenis alat verifikasi transaksi) anda untuk input kode angka di kolom (16), kemudian anda input di kolom nomor (17). Klik tombol Lanjutkan (18).

Di dalam contoh saya menambahkan akun rekening Maybank BII milik saya pribadi.

Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA - Halaman Menu Daftar Rekening Tujuan - Input Data Bank Lain (KlikBCA)
Foto : Halaman Menu Daftar Rekening Tujuan - Input Data Bank Lain (KlikBCA)

Untuk instruksi penggunaan KeyBCA pada nomor 16 dan 17 diatas kurang lebih sebagai berikut. 

Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA - Halaman Instruksi Penggunaan KeyBCA (KlikBCA)
Foto : Halaman Instruksi Penggunaan KeyBCA (KlikBCA)

Kemudian akan muncul preview data rekening bank tujuan yang sudah anda input sebelumnya. Klik Kirim (19) jika semua inputan sesuai.

Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA - Halaman Menu Daftar Rekening Tujuan - Preview Input Data Bank Lain (KlikBCA)
Foto : Halaman Menu Daftar Rekening Tujuan - Preview Input Data Bank Lain (KlikBCA)

Jika sudah maka anda akan muncul halaman jika rekening berhasil didaftarkan sebagai berikut.

Cara Menambah Daftar Rekening Tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA - Halaman Rekening Tujuan Bank Lain Berhasil Didaftarkan (KlikBCA)
Foto : Halaman Rekening Tujuan Bank Lain Berhasil Didaftarkan (KlikBCA)

Itu dia beberapa langkah demi langkah yang harus anda perhatikan mengenai cara menambah daftar rekening tujuan di KlikBCA / Internet Banking BCA baik itu rekening tujuan sesama BCA maupun rekening bank lain. Langkah ini perlu anda lakukan sebelum melakukan transaksi transfer rekening. 

Semoga apa yang saya share ini bisa dipahami dan jika ada yang belum jelas silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar yang tersedia. Semoga bermanfaat :)
Diberdayakan oleh Blogger.