Ciri - Ciri Penipuan Jual Beli Online di Kaskus FJB

Mengulas perihal Forum Online Terbesar di Indonesia ini seperti ga ada habisnya. Dan tulisan ini merupakan tulisan keempat yang saya angkat di dalam personal blog saya ini. Yup, seperti yang kita ketahui forum online Kaskus ialah merupakan forum online terbesar di Indonesia sampai saat ini. Tercatat lebih dari 4 juta member sudah menjadi anggota di forum ini. Selain terdapat banyak subforum di dalamnya sebagai ajang diskusi dan bertukar pikiran.

Kaskus juga memiliki wadah yang digunakan untuk menjembatani para penjual dan pembeli untuk bisa bertransaksi jual beli. Dan lebih sering kita kenal dengan Forum Jual Beli Kaskus atau Kaskus FJB. Baca : Cara Pasang Iklan dan Jual Barang di Kaskus FJB

Dengan begitu banyaknya jumlah member yang bergabung di kaskus tak dipungkiri sangat banyak pula watak, sifat maupun perilaku member disana. Hal tersebut terkadang dimanfaatkan oleh segelintir orang unntuk memperoleh rejeki secara tidak halal alias menipu secara online (berbuat jahat). Sebagai seorang pembeli kita harus selalu berikap waspada sebelum membeli sesuatu barang atau jasa terutama di Kaskus FJb. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya igin berbagi informasi mengenai Ciri - Ciri Penipuan Jual Beli Online Di Kaskus FJB. Berikut ulasan selengkapnya :

1. Judul Thread. Dari judul threadpun kita sudah bisa menduga - duga kalau itu ialah penipuan. Entah ini penipunya yang bego atau memang sudah dijadikan acuan para jaringan penipuan ini biasanya mereka memberikan definisi : Nama Barang, Harga, Diskon, Jenis (BM/Original) disertai Nomor HP/Pin BB pada judul thread yang mereka buat.

2. Id Kaskus Baru. Biasanya id kaskus yang mereka pakai tergolong id yang baru dibuat dan tanggalnya tidak beda jauh dengan tanggal ketika anda mengakses lapak jual beli tersebut . Itu dilakukan karena mereka punya prinsip kalau sudah dapat korban langsung kabur. Jarang ada kalau id kaskus yang mereka gunakan ialah id kaskus prime atau original dalam arti yang sudah digunakan berbulan - bulan atau bertahun - tahun. Lha wong niatnya aja udah nipu.

3. Alamat toko tidak jelas. Mana mungkin para penipu memberikan alamat asli mereka. Kalau ada mah polisi pastinya sudah bertindak cepat untuk menangkap para penipu itu. Namun misalkan ada yang memberikan alamatnya saya yakin itu semua fiktif alias palsu. Biasanya mereka mengaku berdomisili di Batam, Pekanbaru Riau maupun tempat - tempat daerah perbatasan yang buat kita bakaln sulit dijangkau.

4. Tidak Bisa COD (Cash On Delivery) tidak ada toko fisik. Pada umumnya mereka berdalih tidak bisa COD  atau bayar ditempat karena tidak memiliki toko fisik. Ini sangat tidak masuk akal. Dimana - mana logikanya orang dagang jualan online itu untuk menaikan omset dagangan offlinenya kalau penipu ini sebaliknya. Misalkan bisa COD pasti merek minta DP terlebih dahulu 50%, harus jadi member dahulu atau transaksi lebih dari 15 juta baru bisa COD. Disini saya hanya bisa mengingatkan, Be A Smart Buyer.

5. Tidak bisa Rekber (Rekening Bersama). Ya pastilah, niat dari awal mau nipu. Rekberpun pastinya mereka tolak walaupun ini merupakan salah satu cara aman untuk bertransaksi online. Karena mereka tidak memiliki barang yang diperjualbelikan.

6. Barang Elektronik dan Gadged Harga Tidak Wajar. Pada umumnya barang yang mereka jual ialah berupa barang - barang seperti HP terbaru, Gadged, Komputer, Laptop. Mereka pastinya akan menjual barang setengah harga dari harga pasaran alias tidak masuk akal sehingga banyak dari kita yang tergoda sehingga tanpa berpikir panjang kita menstrasfer sejumlah uang ke mereka.

7. Barang BM kualitas Original. Seringkali saya menemukan mereka mengaku barang yang mereka jual ialah BM (Black Market) dan bergaransi original. Disini Yang namanya BM itu barang ilegal tanpa masuk cukai alias tidak diakui oleh badan yang berwenang itu barang atau gadged. Jadi tidak mungkin ada barang Barang BM kok bisa ada garansinya. Kalau Kata Cak Lontong, "Mikir, sambil nunjuk kepala"

Sebagai gambaran berikut ini, beberapa contoh thread penipu jual beli online yang sempat saya capture atau screenshot :

Ciri - Ciri Penipu Jual Beli Online di Kaskus FJB
Lapak Jual Beli para Penipu

Ciri - Ciri Penipu Jual Beli Online di Kaskus FJB
Salah satu iklan para penipu

Ciri - Ciri Penipu Jual Beli Online di Kaskus FJB
Janji - janji manis para penipu

Ciri - Ciri Penipu Jual Beli Online di Kaskus FJB
Produk gadged Palsu yang dijual para penipu

Ciri - Ciri Penipu Jual Beli Online di Kaskus FJB
Foto dan Testimoni palsu

Itulah sedikit gambaran dan beberapa para penipu jual beli online yang sering berkeliaran di forum Kaskus. Dan barangkali cukup sekian apa yang bisa saya sampaikan mengenai Ciri - Ciri Penipuan Jual Beli Online Di Kaskus FJB. Harapan saya, semoga dengan tulisan saya ini, anda dapat memilih - milih secara bijak sebelum membeli, penjual mana yang benar - benar menjual terpercaya bukan penjual penipu. Dan tentunya juga setelah membaca tulisan ini, saya tidak ingin anda menjadi korban berikutnya dari oknum - oknum pelaku penipuan jual beli online ini. Semoga bermanfaat. 

32 comments

makin canggih aja ya mas para oknum yang suka menipu orang. Para calon konsumen hendak nya lebih hati-hati karena kalau belanja di internet agak rawan penipuan. Kasihan kaskus kalau ada para penjual yang penipu getu, sehingga bisa merugikan reputasi situs kaskus dimata publik :)

Maka dari itu kewaspadaan dan kejelian dalam membeli sesuatu dalam bentuk online harus ditingkatkan mbak. Jika dikaskus jangan lupa cek history si pedagang online tersebut melalui id nya. Jika kurang meyakinkan atau ternyata bermunculan komentar negatif terhadap id tersebut. Siap - siap saja kita untuk cari barang ke lapak yang lain.

penipuan semakin marak dan canggih. tawarannya sungguh menggiurkan, bahkan bikin ngiler. Harga miring. kita sebagai konsumen harus hati-hati

Bener mas selain hati - hati juga jangan pernah iman kita tergiur dengan harga - harga fantastis atau miring hingga 50% harga di pasaran. Telusuri jejak history itu seller. Search nomor HP nya di google. kalau ternyata lebih banyak ke arah negatif daripada positifnya. Sudah bisa dipastikan itu seller adalah penipu.

Kalau teman teman banyak yang ketipu gara gara toko online justru saya di repotkan beberapa teman teman saya untuk mencari alamat toko yang tertera di web, kebetulan saja teman teman di Jawa (misalnya) ketipunya dari toko online yang beralamat di Batam tempat tinggal saya. HOHOHO....ternyata belum satupun saya berhasil. saya sarankan untuk jangan percaya dulu dengan tawaran tersebut pastikan keberadaan toko fisiknya dengan meminta bantuan teman yang dekat dengan alamat tersebut. Kalau untuk Batam, bolehlah saya di minta tolong hihihi

Mungkin karena batam merupakan gudangnya barang - barang gadged yang harganya terjangkau apalagi dekat dengan perbatasan, maka dari itu banyak dari oknum - oknum penipu tersebut mengaku kalau alamatnya di Batam. Biasanya kalau kita lebih jeli sedikit antara orang jual beneran dengan si penipu sudah bisa dibedakan kok.

Makasih atas tambahan tipsnya dan bantuannya mas. :)

sekarang ini banyak sekali orang pada jualan online ya mas, bisa juga buka lapak di kaskus, tapi sebaiknya kalau mau berdagang sebaik nya yang jujur, sehingga hasil nya pun bisa berkah :)

bahaya banget ya mas, kalau kita ingin membeli sesuatu secara online jadi hrs ekstra hati2 agar tdk tertipu :( saya juga sealu curiga jika ada barang bagus namun dijual dgn harga murah alias tdk wajar, krn trik seperti itu mudah banget digunakan oleh penipu utk menjerat mangsa yg blm berpengalaman :(

makasih sharingnya yg sangat bermanfaat dan mengingatkan, salam sukses :)

Wah saya aman dari penipuan di kaskus mas. Lha wong saya nggak punya akun kaskus. Jadi nggak pernah buka kaskus hehehe.

Memang kita tidak boleh langsung percaya dengan promosi bisnis di internet ya mas. Haru kita teliti dulu siapa yang membuat promosi tersebut..

Karena jual beli online dinilai lebih ekonomis, mudah dan hemat biaya mbak maka banyak diantara kita yang menjual barang secara online. Tapi kalau emang niatnya nipu mah, berkah ga berkah yang penting dapat duid dan kabur. Yap, waspada sebelum membeli barang secara online itu yang utama. :)

Yap kunci utama jual beli online ialah waspada entah itu di kaskus maupun tempat jual beli online lainnya. Apalagi dengan harga miring yang jauh dari harga pasaran, sangat patut dicurigai. Intinya sebelum membeli barang secara online selalu pastikan kalau mereka para penjual bisa melakukan jenis transaksi baik cod (cash on delivery) maupun rekber. :)

wah ane sendiri punya toko online nih.. berarti pembeli harus berfikir cerdas ya mencari penjual yang benar2 terpercaya, klo kagak ada web resminya, ataupun alamat toko offline nya patut dicurigai :D

Aslinya tips ini juga berlaku tidak hanya di kaskus saja, namun bisa diterapkan untuk semua tempat jual beli online lainnya. Apapun bentuk penawaran bersifat online baik jual beli maupun bisnis online. Setidaknya kita harus korek lebih detail mengani si yang menawarkan barang/jasa tersebut. Lebih baik mencegah daripada mengobati :)

Ya seperti itu lah sistem jual beli online di Indonesia. Banyak pedagang yang jujur namun yang abal - abalpun juga banyak. Dan misalkan kita diposisi sebagai si penjual, usahakan selalu terbuka terhadap calon pembeli baik kondisi barang maupun alamat tempat kita berada. Permudah alat bantu komunikasi sms, bbm, line, chat online dsb. Permudah berjalannya transaksi dengan sistem COD (Cash On Delevery) atau Rekber selain Transfer langsung antar rekening. Insya Allah rejeki yang kita dapatkan akan selalu barokah :)

Ane lumayan sering sih beli online, tapi gak pernah nyoba di kaskus, lebih suka beli di website besar. Alasannya ya itu, takut ketipu, mungkin setelah membaca tips dari agan ini ane bisa lebih waspada ya gan.

Kalau dikaskus memang sebagian besar penjualnya ialah penjual personal dalam arti antar orang ke orang. Yang penting selalu utamakan COD mas, Misal alternatif lainnya yakni Transfer Rekening Langsung, ya coba ditanyakan bisa menggunakan rekber (Rekening Bersama) pa ga. Tapi kalau memang website atau toko online tersebut sudah punya track record yg bagus dan terpercaya ya transfer langsung tidak akan jadi masalah (Insya Allah).

Nah kalau yang transfer rekening itu yang menurut ane enak, ga ribet soalnya. Tergantung sama yang jual juga ya berarti.

Kalau mau beli online di website memang sudah suatu keharusan ya untuk mengecek apakah toko yang ingin kita beli itu memiliki nama yang bagus atau tidak.

Terima kasih informasinya gan.

jadi kita harus selalu hati-hati kalau mau ikutan atau belanja online ya Mas. Sebaiknya cari yang udah terpercaya saja deh. Yang baru buka lapak itu jangan dulu deh dipilih, apalagi kalau banyak kejanggalannya.

Terima kasih

Iya mas, kalau dilihat memang ga ribet tapi pada umumnya orang si penjual mengambil celah untuk menipu sangat tinggi. Yang penting selalu bersikap waspada sebelum menjual dan membeli barang, itu yang utama :)

Intinya sebelum transaksi kita harus selalu bersikap waspada. Coba ajak COD ketemuan suatu tempat, kalau menolak COD dan maunya hanya transfer rekening ajaklah untuk Rekber. Kalau masih ga mau, bagi saya transaksi batal. :) Apalagi ada 1 saja komentar negatif terhadap itu seller, ya udah langsung cari lapak lain yang lebih terpercaya. :)

iya,sekarang rawan banget kalau mau beli online,jadi was-was duluan..

Waspada sebelum bertransaksi jual beli itu penting, Agar terhindar dari perbuatan jahat dari oknum - oknum yang tidak bertanggung jawab. :)

harus lebih jeli ya mas kalau mau beli online, jangan sampai uang yang dibuat untuk beli malah raib di ambil penipu :D

Ya seperti itulah yang namanya jual beli online, harus jeli, teliti dan waspada :)

Tentunya harus lebih cermat lagi kalau ingin belanja secara online, namun saya sendiri belum pengalaman online shopping mas :D hehe

Yap harus cermat, teliti dan waspada agar kita tidak menjadi korban dari penipuan jual beli online.

alhamdulillah selama ini saya aman gan. pelajaran yang sangat berharga sehingga lebih berhati hati lagi. untung ada polisi online

Masih takut untuk mencoba pembelian online, hehehe

memang kalau berbelanja online itu resikonya besar, lebih baik berbelanja langsung :D

Saya mau belanja online di solo. Ada webnya ada alamat rumah lengkap, no hp email address dan pin bb. Tp ga bisa COD. Uang hrs di transfer 100% ke bca, mandiri atau bri dg nama yg sama. Setelah ditransfer baru pesanan di produksi. Lead time 10 hari. Berhubung saya mau order lumayan banyak, saya khawatir kalo penipuan. Kira2 ini jujur atau penipuan ya gan?

Kalau menurut saya, tidak semua yang jualan online itu menipu, jadi dari kita aja yang harus
hati2 dalam membeli barang, informasi yang disediakan benar atau ngga? seperti ada
websitenya www.?.com, bukan yang grtisan...

Hadeuuh, baru pertama pakai aplikasi kaskus mw beli hp malah krna tipu di kaskus.. Tobat deh.. Skrng mesti hati2

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.