Kelebihan, Kekurangan dan Tips Aman Transaksi Jual Beli Online Cash On Delivery (COD)

Pengertian Cash On Delivery (COD)

Cash On Delivery berasal dari kata Cash yang berarti uang tunai dan Delivery yang berarti pengiriman. Dalam arti sempit bisa diartikan Bayar Ditempat / Ketemuan Langsung. Jika kita artikan lebih dalam COD adalah merupakan salah satu bentuk transaksi jual beli dimana pihak penjual barang dan si pembeli bertemu secara langung ditempat yang telah mereka sepakati atau yang sudah mereka janjikan ketika berkomunikasi melalui pesan singkat (sms), bbm dsb. Biasanya pembayaran akan dilakukan pada saat pembeli dan penjual telah bertemu secara langsung. Saya pikir cara transaksi ini lebih banyak disukai bagi sebagian besar orang terutama yang tinggal di Indonesia.

Cash On Delivery COD
Ilustrasi Cash On Delivery COD
Seperti yang kita ketahui hampir setiap toko atau perseorangan yang menjual barang, pasti akan menerapkan metode jual beli COD ini karena mudah dan tentunya aman terhindar dari segala bentuk penipuan. Jadi bagi penjual yang menolak untuk melakukan sistem ini, silahkan saja untuk diwaspadai oleh para pembeli anda. Karena ditakutkan itu hanya bohongan alias penipuan.

Kelebihan Transaksi COD
  1. Pembeli bisa melihat bentuk dan kondisi barang secara langsung sehingga aman dari yang namanya "membeli kucing dalam karung".
  2. COD pada umumnya dilakukan apabila lokasi si penjual berada satu kota dengan si pembeli. Sehingga si pembeli tidak repot - repot untuk pergi keluar kota untuk membeli barang yang dinginkan.
  3. Bagi Pembeli bisa meihat kondisi barang secara detail yang dibelinya. Kadang sebagai pembeli juga bisa mengajukan tawarannya apabila setelah melihat kondisi barang ada yang beda sama yang dijual secara online.
  4. Bagi Penjual uang akan lebih cepat diterima setelah barang tersebut dibeli secara langsung. 
  5. Bisa menambah relasi atau hubungan persaudaraan, terlebih kalau yang diajak transaksi seorang wanita. hehe. . 
Kekurangan Transaksi COD : 
  1. Transaksi pada umumnya terjadi dalam satu wilayah atau satu kota saja. Jarang ada yang COD berasal dari luar kota atau ahkan luar provinsi. 
  2. Baik para penjual dan pembeli sebaiknya berhati - hati dan selalu bersikap waspada. Apalagi anda akan COD dengan orang yang baru pertama kali kenal. Ditakutkan orang tersebut akan bertindak jahat kepada kita (Hipnotis, Gendam atau Merampok).
  3. Bisa juga terjadi penipuan dengan memberikan uang palsu kepada pihak seller.
Tips Aman Transaksi COD :
  1. Berdoa minta perlindungan kepada Yang Maha Kuasa (Allah SWT) bagi muslim setidaknya membaca kalimah Bismillah sebelum melakukan transaksi.
  2. Usahakan untuk mengajak teman atau saudara ketika melakukan transaksi, cari tempat COD yang ramai jangan ditempat yang sepi. 
  3. Bagi penjual atau seller, anda bisa mengajak pembeli untuk melihat dan membeli barang langsung kerumah. Selain lebih aman karena ada pihak keluarga yang mengawasi, pastinya akan memberikan rasa percaya dan aman bagi pembeli. 
  4. Bagi pembeli atau buyer jangan sungkan untuk meminta garansi personal kepada si penjual. Terlebih jika anda membeli barang second. Garansi personal umumnya sekitar 1-2 Minggu.
  5. Usahakan untuk bertransaksi di waktu siang hari jangan terlalu larut malam. Jika si pembeli mengajak transaksi di malam hari misal lebih dari jam 9 malam saran saya ajak dia untuk transaksi saat pagi atau siang hari.
  6. Ketika bertransaksi tetap fokus dan konsentrasi terhadap barang yang diperdagangkan. Jika si seller atau si buyer sudah mencoba mengalihkan fokus pembicaraan ke arah yang ga jelas harap hati - hati. Mungkin kalau cuma tanya nama, pekerjaan, alamat mungkin masih wajar. Kalau yang ditanya isi dompet, kode pin ATM, barang yang ada di dalam tas dsb harap waspada
  7. Jika transaksi terjadi dalam jumlah nominal besar jangan ragu untuk mengajak si pembeli ke bank untuk mengecek keaslian dari uang yang digunakan sebagai alat transaksi tersebut.
Pengalaman saya pribadi mengenai COD ini sebetulnya banyak baik itu yang pahit maupun yang manis, namun saya akan mencoba membagikan beberapa kisah COD saya ini di lain kesempatan tentunya masih di personal blog saya ini. Mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan mengenai metode transaksi jual beli Cash On Delivery (COD). Dan semoga dapat membuka wawasan rekan - rekan semua terutama bagi yang pertama kalinya atau yang masih awam dengan transaksi jual beli online COD. Sekian dan semoga bermanfaat.

22 comments

memang harus selalu waspada kalau melakukan transaksi dengan orang yang baru kita kenal. mengajak teman saat transaksi merupakan tindakan yang tepat ya mas. apalagi transaksi dilakukan pada tempat yang agak sedikit ramai

Setau saya cod tuh cm ketemuan saja mas,gag taux bnyak penjabaran nya..maklum jarang transaksi jual beli online mas.hehehe

terima kasih mas sudah share Tips Aman Transaksi COD, bisa di jadikan panduan nantinya agar lebih aman...

selamat malam mas aditya, salam blogger,,,, saya pindah tab bentar ya mas, nanti insyallah kembali lagi y.

wah saya belum pernah melakukan transaksi jual beli online mas. kebetulan sekali, ini bisa saya jadikan tambahan pengetahuan mengenai transaksi online. terima kasih..

Memang wajib mas, jika transaksi mengajak teman. Setidaknya ada yang mengawasi pergerakan penjual atau pembelinya. Bukannya curiga atau gimana, dikarenakan kita baru kenal dengan seseorang tersebut pertama kali yang mana kita belum tau sifat dan karakter orang tersebut sebelumnya :).

Penjabaran sudah saya jelaskan diatas mas. COD itu memang ketemuan namun disini diartikan ketemuan dan transaksi antara penjual dan pembeli ditempat. Mungkin kalau sobat ingin membeli barang dari salah satu penjual di kakus fjb, berniaga atau tokobagus yang kebetulan satu wilayah kota, bisa menggunakan Cara transaksi COD ini.

Ok mas, silahkan semoga bisa diimplementasikan suatu saat apabila rekan melakukan transaksi COD ini. :)

Iya mas, semoga bisa menjadi salah satu referensi anda ketika melakukan proses transaksi jual beli online kedepannya.

Transaksi seperti ini memang ada kelebihan dan kekurangannya dizaman serba teknologi sekarang ini transaksi seperti ini sangat dibutuhkan selain via atm untuk transfer

baru tahu mas saya tentang transaksi jual beli online dgn cara COD :D makasih penjelasannya sangat menambah pengetahuan saya :)

Ya mas dengan COD orang jadi kepercayaan sesorang untuk bertransaksi memang lebih tinggi dibanding transaksi jual beli online lainnya seperti Transfer rekening salah satunya. Walaupun kelebihan dan kekurangan dari sistem juga sudah saya jabarkan diatas, yang penting dalam transaksi jual beli online selalu bersikap waspada terlebih kepada orang yang baru pertama kita kenal itu yang utama.

Transaksi COD itu ibarat Mbak Indri beli Sayur di Warung. Ada uang ada barang. Seperti itu cara gampangnya untuk memahami apa itu COD. :)

jadi lebih aman dan bisa terhindar dari modus penipuan ya mas kalau transaksi nya ketemuan getu. Tapi kalau kebanyakan toko online jarang yang pakai sistem seperti itu, kecuali yang jualan di toko bagus dan berniaga, dll :)

Ya dengan bertemu langsung dengan penjual maka kita bisa mengetahui detail kondisi barang yang diperjualbelikan. Jadi tidak ada istilahnya membeli kucing dalam karung. Tokobagus dan Berniaga mayoritas personal alias perseorangan yang menjual barangnya jadi wajar saja kalau rata-rata mereka lebih memilih COD sebagai metode transaksinya. Kalau tidak bisa COD maunya hanya transfer rekening itu yang patut diwaspadai.

saya kalau berbelanja online melalui situs yang bayar di tempat, saran dan masukkanya sangat bermanfaat sekali mas. thanks mas Aditya sekarang saya harus lebih berhati - hati nih :)

Sama - sama mas, selalu waspada dan Utamakan COD dalam berjual beli online agar terhindar dari penipuan jual beli online.

saya sih gak pernah beli online gini sih bang...
tapi infonya berguna juga bang.. dengan adanya sperti ini kita bisa terhindara penipuan

tapi ya syukurlah bila ada ada COD yaa semoga COD ini tidak ada modus lain atau di manfaatkan sebagai merampok.

COD memang sering digunakan untuk transaksi personal mas terlebih apabila seller dan buyer berada dalam 1 wilayah kota. Dengan COD kita bisa terhindar dari penipuan jual beli online seperti barang yang tidak dikirim atau "membeli kucing dalam karung". Agar sampai menjadi korban kejahatan COD, Kewaspadaan kita sebagai pelaku transaksilah yang harus lebih ditingkatkan. :)

semakin berkembang sekarang ini ya mas, transaksi bisa dilakukan dimana saja, tapi tetap yang paling aman adalah transaksi offline karena bisa lihat barang nya langsung dan uang nya juga bisa cash ;)

iya bener mas, soalnya beli produk di toko online hanya bisa lihat gambar dan keterangan nya saja, alias tidak bisa lihat barang nya langsung, sehingga mudah sekali untuk penipu bagi aknum toko online ;)

Banyak toko online yang terpercaya namun yang penipu pun juga tak kalah banyak mbak. Dibutuhkan ekstra waspada dan berhati - hati sebelum melakukan transaksi jual beli agar kita tidak menjadi korbannya. :)

Belum berpengalaman mas soal ini, terima kasih atas informasinya :)

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.