Modem Murah : Solusi di Era Globalisasi

Di zaman yang sudah maju seperti saat ini, banyak orang sudah menggunakan modem. Modem merupakan salah satu sarana telekomunikasi dan informatika yang digunakan untuk komunikasi 2 arah. Dengan hadirnya modem juga tidak mengurangi perkembangan dan kemajuan di bidang telekomunikasi. Mulai dari handphone dan PC/laptop dengan teknologi yang beraneka ragam, WiFi hingga modem. Itu semua bergabung menjadi satu untuk menciptakan jaringan yang nantinya akan digunakan untuk mengakses seluruh informasi yang ada di dunia bahkan seluruh alam semesta dapat dijelajahi informasinya melalui internet.

Modem USB Vodafone
Modem USB

Selain itu, pada era saat ini terpenuhinya sebuah barang merupakan salah satu kegiatan yang mendukung seseorang memperoleh tujuan. Baik itu kebutuhan pokok maupun kebutuhan sekunder dan tersier. Kebutuhan tersier yang saat ini juga sangat diperlukan manusia untuk mendukung terpenuhinya sebuah tujuan yakni modem.

Pengertian Modem

Modem merupakan suatu alat atau perangkat keras yang terdiri dari dua kata, yakni Modulator dan Demodulator. Modulator yakni bagian yang bertugas untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa atau carrier yang siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator merupakan suatu bagian yang berfungsi untuk memisahkan antara sinyal informasi dan sinyal pembawa sehingga informasi yang didapatkan oleh Demodulator bisa diterima dengan sempurna.

Secara singkat, modem merupakan perangkat keras atau hardware yang berfungsi dalam hubungan dua arah atau bolak-balik. Pada umumnya, semua peralatan komunikasi jarak jauh memakai teknologi yang disebut dengan modem. Namun sebagai masyarakat awam, kita menganggap modem merupakan hardware yang biasa digunakan untuk berselancar informasi pada internet malalui komputer atau laptop. Informasi-informasi tersebut mulai dari informasi kesehatan, pekerjaan, hiburan, pelayanan pemerintah, dan lain sebagainya. Baca juga Daftar Mifi 4G Murah

Fungsi Modem

Beberapa fungsi modem akan dijelaskan secara ringkas yakni sebagai berikut.
  1. Mengubah teknologi sinyal analog menjadi teknologi sinyal digital maupun sebaliknya;
  2. Bertugas untuk menghubungkan perangkat dalam suatu jaringan
  3. Melakukan modulasi serta demodulasi
  4. Melakukan komunikasi maupun paket data
  5. Mengkompresi data yang akan dikirim melalui sinyal
Jenis - Jenis Modem

Sebagai masyarakat awam, mungkin kita jarang atau bahkan tidak mengetahui tentang jenis-jenis modem. Padahal setiap jenis modem yang berbeda, secara khusus memiliki fungsi yang berbeda pula. Berikut akan dijelaskan jenis-jenis modem :
  1. Modem ISDN. ISDN atau Integrated Services Digital Network merupakan salah satu sistem informasi dan telekomunikasi yang mana terdapat sebuah layanan misalnya suara, gambar, data dan lain sebagainya yang dikumpulkan atau diintegrasikan ke dalam suatu jaringan dengan sistem konektivitas antara ujung dengan ujung lainnya yang berfungsi untuk memperluas konektivitas. Modem jenis ini memiliki beberapa keunggulan yakni fleksibilitas dan hemat biaya.
  2. Modem GSM. Modem jenis ini juga merupakan modem yang sering digunakan oleh khalayak umum. Salah satu keuntungan apabila menggunakan modem jenis ini yakni dapat digunakan untuk berbagai jenis kartu perdana asalkan jenis kartu perdana tersebut adalah GSM.
  3. Modem CDMA. Pun tak kalah dengan eksistensi modem GSM, modem CDMA ini juga sering dipakai oleh khalayak umum dengan berbagai alasan. Misalnya tarif yang murah. Modem jenis ini memiliki frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. namun seiring berkembangnya zaman, juga telah muncul modem CDMA dengan teknologi EVDO Rev-A yang setara dengan jaringan 3G serta yang paling terbaru yakni EVDO Rev-B.
  4. Modem Kabel. Modem jenis ini juga sering dipakai dalam jaringan-jaringan yang cukup banyak membutuhkan provider, misalnya perusahaan, warung internet, bahkan warung kopi pun sekarang juga dilengkapi dengan modem ini. Modem kabel ini dapat menerima data langsung dari suatu penyedia layanan lewat TV kabel.
  5. Modem Analog. Modem analog ini berfungsi sebagai pengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.
  6. Modem ADSL. ADSL merupakan singkatan dari Asymetric Digital Subscribe Line dimana salah satu keuntungan menggunakan modem jenis ini yakni memungkinkan penggunanya untuk mengakses internet berbarengan dengan menggunakan telepon analog secara bersama-sama.
Penjelasan di atas merupakan penjelasan yang berfungsi untuk memudahkan anda dalam memilih jenis modem yang akan anda gunakan. Namun kenyataan yang sering terjadi di masyarakat yakni tidak mempermasalahkan menggunakan modem apapun, asalkan harganya murah. Karena memang pada dasarnya, semua jenis modem yang telah disebutkan memiliki beberapa keuntungan dan kerugian masing-masing. Selain itu, ketika anda membeli modem, juga harus memperhitungkan beberapa hal seperti seberapa seringkah anda menggunakan modem tersebut? Sebanyak apakah PC atau laptop yang akan dikoneksikan ke modem tersebut? Hingga pertimbangan harga modem itu.

Modem Wifi MIFI Huawei
Modem Wifi - MiFi
Memang, modem murah kini telah menjadi trend di masyarakat. Mengapa? Karena kebutuhan akan informasi juga semakin meningkat. Dahulu, modem hanyak digunakan oleh beberapa kalangan saja. Namun saat ini, modem telah menjangkau seluruh lapisan masyarakat, mulai dari anak sekolah, pekerja (perusahaan) hingga ibu-ibu rumah tangga pun juga memerlukan modem untuk mengkases internet. Dan juga aplikasi-aplikasi atau software untuk berkomunikasi sekarang juga sudah cukup banyak dan maju, misalkan kita mengirim pesan kepada rekan tidak perlu lagi dengan pesan manual karena sudah ada aplikasi Whatsapp, BBM, Line, Messanger, IMO, dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk menelpon tanpa menggunakan pulsa. Serta dapat pula digunakan untuk mengakses video call.

Bukan hanya modem murah yang sedang menjadi trend di masyarakat, namun paket data atau pulsa saat ini juga semakin banyak variasi. Penyedia layanan kartu perdana juga berlomba-lomba untuk menghadirkan kartu yang murah, dengan jumlah paket data yang besar, namun dengan harga yang murah.

Dengan melihat peluang pasar seperti itu, maka perusahaan penghasil modem pun berlomba-lomba untuk menciptakan berbagai jenis modem murah namun berkualitas. Apalagi teknologi jaringan atau sinyal saat ini juga sudah beralih. Yang dahulunya masih 3G, namun sekarang berubah menjadi 4G dengan tingkat kecepatan akses internet yang sangat bagus. Dengan teknologi jaringan seperti itu, maka perusahaan penghasil modem juga dituntut untuk menciptakan modem yang berkualitas tinggi namun harganya masih bersahabat di kantong masyarakat.

Dengan semakin gencarnya perluasan jaringan 4G di seluruh Indonesia, maka sekarang sudah dengan mudah kita menjumpai model modem yang juga menggunakan jaringan 4G. Dengan menggunakan modem 4G maka kita akan dapat mengakses seluruh informasi yang kita inginkan dengan sangat cepat dan koneksi yang cukup stabil dimanapun dan kapanpun. Bukan hanya koneksi yang stabil dan akses internet yang sangat cepat, modem berteknologi 4G juga menawarkan banyak fitu-fitur yang menarik, misalkan dapat memancarkan sinyal WiFi sehingga 1 modem dapat digunakan oleh beberapa orang atau beberapa PC/laptop sehingga harga untuk membeli pulsa juga tidak terlalu mahal. Selain itu, para pengguna smartphone juga dapat menggunakan modem berteknologi 4G ini karena terdapat kemampuan untuk memancarkan WiFi tersebut.

Modem murah merupakan dambaan seluruh masyarakat. Karena dengan modem murah namun tetap dengan kualitas yang bagus, maka masyarakat akan semakin mudah untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.