Mengenal Penyakit Flu Singapura Penyebab, Gejala, Pengobatan & Cara Pencegahan

Bagi sebagian besar diantara kita mungkin masih terasa asing dengan istilah Penyakit Flu Singapura. Penyakit ini merupakan salah satu kategori jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Flu Singapura atau juga dikenal dengan Penyakit Kaki, Tangan dan Mulut / HFMD (Hand, Foot, and Mouth Disease) dalam dunia Kedokteran merupakan salah stau infeksi yang pernah merebak di Negara Singapura pada tahun 2000 an.

Mengenal Penyakit Flu Singapura Penyebab, Gejala, Pengobatan & Cara Pencegahan
Photo : Penyakit Flue Singapura




.
Kecenderungan Penyakit Flu Singapura menyerang tubuh anak - anak daripada orang dewasa karena kekebalan tubuh / sistem imunitas mereka jauh lebih lemah dibanding orang dewasa. Umumnya menginfeksi pada anak-anak dan balita dengan usia 2 hingga 5 tahun. Sementara itu, orang dewasa pada umumnya lebih kebal akan serangan virus enterovirus ini. Namun demikian tidak menutup kemungkinan apabila ada beberapa orang dewasa yang terserang dan menderita penyakit Flu Singapura ini.

Penyebab Munculnya Flu Singapura

Flu Singapura disebarkan oleh virus yang berasal dari kelompok enterovirus (bukan polio) yang masuk ke dalam tubuh penderita. Yang mana di dalamnya meliputi Grup Coxsackie tipe A (A1-A24), Coxsackie tipe B (B1-B26), Echovirus (grup 1-33), dan Enterovirus (68-71). Dimana Penyebab terbanyak pada kasus rawat jalan adalah disebabkan oleh virus Coxsackie A16.

Media penyebaran maupun penularan virus ini sangatlah beragam. Diantaranya sebagai berikut :
  1. Melalui sekresi hidung tenggorakan (air liur, ingus / dahak) ketika seseorang bersin maupun batuk.
  2. Melalui Cairan vesikel dalam sel penderita
  3. Melalui feses atau tinja.
  4. Melalui Kontak tubuh dengan penderita secara langsung.
  5. Melalui kontak tidak langsung seperti kebersihan tangan tidak dijaga sesudah merawat penderita maupun menyentuh benda yang mana permukaannya sudah terkontaminasi oleh virus tersebut seperti gelas minuman secara bersamaan
Gejala Tanda - Tanda Flu Singapura

Photo : Gejala Flu Singapura - Muncul Bintil pada Pergelangan tangan penderita
.
Gejala atau tanda - tanda seseorang (anak - anak) terserang penyakit adalah sebagai berikut :
  1. Terjadi demam yang cuku tingga hingga lebih dari 39 derajat celcius selama 2 - 3 hari. Demam tidak turun - turun suhunya.
  2. Muncul rasa nyeri di bagian leher penderita (faringitis).
  3. Mengalami susah makan karena di dalam mulut penderita akan muncul semacam sariawan atau bentol yang berisi cairan pada lidah, gusi, pipi bagian dalam sehingga akan susah digunakan untuk menelan makanan.
  4. Lemas dan dehidrasi akibat dari susah makan karena si penderita akan mengalami kekurangan suplya cairan yang masuk ke dalam tubuh.
  5. Timbul ruam atau peradangan dan perubahan warna yang terjadi pada kulit telapak / pergelangan tangan maupun kaki walaupun tidak mengakibatkan rasa gatal. Umumnya ruam ini akan membaik dengan sendirinya dan tidak perlu perawatan di rumah sakit.

Pengobatan dan Penanganan Flu Singapura

Flu Singapura dikateorikan tidak memerlukan pengobatan atau perawatan medis secara lebih mendalam. Dikarenakan anak yang terserang oleh virus dari penyakit ini akan sembuh atau pulih dengan sendirinya setelah kurang lebih dari 1 Minggu setelah melewati masa inkubasi. Maka dari itu perawatan bisa dilakukan dari rumah saja. Namun jika dalam rentang waktu tersebut tidak mengalami tanda - tanda untuk sembuh ada baiknya dilakukan penganan seperti berikut ini :
  1. Memberikan obat penurun panas (bisa parasetamol atau ibuprofen) sebagai obat penurun demam suhu panas tubuh penderita.
  2. Untuk rasa nyeri leher atau bagian tubuh tertentu. Bisa mengkonsumsi asetaminofen atau ibuprofen. Obat tersebut merupat obat kategori analgesik yang digunakan dan berfungsi untuk meringankan nyeri dan bisa juga meringankan demam.
  3. Memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini dimaksudkan agar tubuh penderita tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan selama terinfeksi oleh virus flu Singapura ini dan juga membantu mengurangi rasa nyeri dibagian tenggorokan. 
  4. Tidak mengkonsumsi makanan pedas maupun asam berlebihan. Karena hal ini malah akan membuat si penderita kesulitan untuk mencerna makanan (menambah peradangan yang terjadi) . Sebaiknya berikan konsumsi makanan yang mudah untuk dicerna seperti misalnya bubur, soup maupun makanan lunak lainnya.
  5. Berisitirahat yang cukup. Berikan tempat yang nyaman bagi penderita supaya bisa beristirahat senyaman mungkin. 
Akan tetapi bilamana hingga lebih dari 2 Minggu penderita Flu Singapura masih merasa belum ada gejala membaik sebaiknya segera mengkonsultasikan dengan dokter, ahli medis maupun klinik terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Pencegahan Penyakit Flu Singapura

Istilah mencegah lebih baik daripada mengobati memang benar adanya. Ada beberapa untuk menghentikan penyebaran virus Penyakit Flu Singapura ini supaya tidak menular dan menjangkiti orang lain. Diantaranya sebagai berikut :
  1. Cara yang pertama ialah menjaga selalu membiasakan untuk kebersihan tangan kita. Terkhusus apabila kita sedang berdekatan dengan si penderita. Gunakan sabun atau cairan antiseptik pencuci tangan.
  2. Selain kebersihan badan, diperhatikan selalu kebersihan lingkungan atau sanitasi tempat tinggal kita. Supaya tidak ada media virus - virus ini untuk tinggal. Dilakukan juga pembersihan area - area maupun benda yang dimungkinkan sudah terkontaminasi
  3. Sebaiknya dilakukan desinfeksi terhadap pakaian maupun peralatan makanan si penderita seperti misalnya sendok, piring, mainan, handuk, kacu / sarung tangan maupun alat tidur penderita seperti selimut, sarung bantal dsb.
  4. Penderita juga diupayakan untuk mengurangi aktivitas di luar seperti disitirahatkan dari sekolah maupun tempat kerja untuk mencega virus tersebut menular ke orang lain.
  5. Hindari kontak langsung dengan penderita. Gunakan media seperti sarung tangan yang steril apabila sedang melakukan perawatan dengan penderita Flu Singapura.
Seperti yang kita tahu. Apabila seorang penderita telah terinfeksi virus Flu Singapura ini dan sembuh maka tidak akan mudah terserang virus serupa untuk kedua kalinya. Karena sistem imunitas ornag tersebut menjadi cenderung lebih kebal seperti contohnya penyakit Cacat air. 

Nah itu dia beberapa hal - hal penting yang perlu anda ketahui mengenai apa itu Penyakit Flu Singapura ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih :)

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.