Lakukan 5 cara ini untuk berhemat di Bulan Ramadhan

Bagi umat Islam, datangnya bulan Ramadhan adalah satu kebahagiaan dalam menjalankan ibadah yang telah ditetapkan. Berpuasa selama bualn Ramadhan juga termasuk ke dalam rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Apalagi Indonesia yang memiliki jumlah penduduk penganut Islam terbanyak.

Ilustrasi : Ketupat Identik dengan Bulan Ramadhan (jogja.tribunnews.com)
.
Nah, tapi tentu saja banyak hal-hal positif yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan selain menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Biasanya menghemat pengeluaran saat bulan Ramadhan bisa dilakukan lebih optimal lagi karena tentu banyak anggaran yang bisa dipangkas selama sebulan karena aka nada perubahan aktifitas sehari-hari seperti tidak adanya makan siang, atau kegiatan yang lebih ringan dikerjakan selain hari-hari biasanya. 

Jadi kamu bisa berhemat di bulan Ramadhan dan menabung untuk kebutuhan Lebaran nantinya. Jadi seperti apa saja tips untuk berhemat di bulan Ramadhan ini. Semuanya dimulai dari yang sederhana sehingga nantinya kamu tidak merasa keberatan menyisihkan pengeluaran dan menjadikannya tabungan yang menguntungkan di kemudian hari.

Cara sederhana untuk berhemat di Bulan Ramadhan

Sebenarnya ada hal mendasar yang harus dipahami saat menghubungkan puasa di bulan Ramadhan dan pengeluaran yang bisa ditekan. Misalnya makan siang yang tidak ada, dan juga makan malam yang diganti dengan takjil gratis di masjid-masjid. Dua hal ini tentunya bisa membuat pengeluaran untuk makan menjadi lebih hemat. Tapi tentu pengeluaran tidak selalu berkaitan dengan makan sehari-hari saja. 

Ada banyak faktor lain yang ternyata membuat pengeluaran justru membengkak di bulan Ramadhan. Ini yang menjadi masalah banyak orang ketika mencoba berhemat di sisi lain ternyata kebobolan di sisi lainnya ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Untuk itu, coba lakukan 5 hal ini untuk menghemat pengeluaran selama Bulan Ramadhan. Biasanya bocornya anggaran ditengarai dari persiapan Lebaran yang dirayakan diujung bulan Ramadhan. Mulai dari persiapan uang lebaran untuk keponakan, hingga anggaran untuk kue lebaran dan baju lebaran tak lepas dari bocornya anggaran yang telah ditetapkan atau dihemat sebelumnya. 

Untuk itu perlu diperhatikan betul bagaimana mengelola uang saat bulan Ramadhan dan juga menjelang Lebaran agar kamu bisa nyaman menjalankan ibadah puasa dan merayakan momen Lebaran.

1. Membuat Rencana Keuangan Untuk Satu Bulan

Membuat Rencana Keuangan Untuk Satu Bulan
Ilustrasi : Membuat Rencana Keuangan (pexels.com)

Perlu dirancang rencana keuangan selama satu bulan ke depan. Kamu bisa membuat rancangan anggaran ini sekitar 2 minggu sebelum bulan Ramadhan tiba sehingga jika terjadi beberapa kekurangan dan hal-hal di luar dugaan, kamu masih punya banyak waktu untuk memperbaiki dan mempersiapkannya. 

Pengeluaran selama bulan Ramadhan hingga persiapan Lebaran sebisa mungkin sudah rapi terencana sebelum bulan Ramadhan tiba. Misalnya hal-hal yang perlu diperhatikan adalah biaya untuk makan sahur yang mungkin akan berbeda dari makan pagi biasanya, biaya sedekah atau iuran masjid untuk takjil, agenda buka bersama dengan teman-teman, hingga persiapan mudik sekitar seminggu sebelum 

Lebaran tiba dan masih dalam kondisi bulan puasa. Semuanya harus diperhitungkan dengan matang di awal dan sesuaikan dengan pendapatan yang kamu miliki saat ini. Kamu bisa berbelanja bahan makanan selama sebulan penuh untuk kebutuhan sahur sehingga jadi lebih hemat dan praktis. Ini memang terkesan berat di awal, tapi ketika menjalaninya tentu akan jadi lebih ringan karena waktu sahur bisa lebih efektif dan tidak ada dana darurat ketika misalnya kondisi hujan atau telat bangun.

2. Manfaatkan Diskon Ramadhan Sale

Tak bisa dipungkiri pada saat bulan Ramadhan tiba, maka banyak supermarket dan pusat perbelanjaan yang memberikan potongan harga khusus untuk menarik perhatian masyarakat. Tentu ini bisa menghemat pengeluaranmu dalam membelanjakan bahan makanan ataupun keperluan lainnya. 

Coba cari supermarket dan swalayan mana yang telah menyiapkan promo dan potongan harga untuk berbagai produknya. Diskon ini akan membuat kamu lebih hemat dalam berbelanja mulai dari belanja bahan makana, keperluan rumah tangga, dan juga gaya hidup. 

Seperti Ramadhan Sale yang telah disiapkan oleh iLotte. Kamu bisa mendapatkan berbagai produk unggulan dengan harga yang miring karena promo Ramdhan Sale ini. Jadi tunggu apa lagi jangan lewatkan kesempatan ini untuk berhemat namun kebutuhan hidup bisa didapatkan dengan sangat optimal.

3. Anggaran Khusus Untuk Buka Bersama


Anggaran Khusus Untuk Buka Bersama
Ilustrasi : Buka Bersama dan Reuni Angkatan (Dokumen Penulis)

meski kamu merasa tak terlalu banyak memiliki rekan dan sahabat dekat, tapi bisa dipastikan saat bulan Ramadhan aka nada banyak undangan dan ajakan untuk buka bersama. Mulai dari teman dekat, teman kerja, hingga keluarga besar. 

Ini sudah pasti membutuhkan anggaran tersendiri yang jika tidak dikontrol dengan baik justru akan membuat pengeluaran di bulan Ramadhan semakin tak terkendali. Cobalah selektif dalam memilih dan memenuhi undangan buka bersama. Usahakan menghadiri buka bersama yang memang benar-benar penting dan tentu saja sesuai dengan anggaran yang telah kamu tetapkan. 

Ini perlunya perencanaan keuangan sebelum Ramadhan tiba karena anggaran untuk buka bersama ini sudah pasti akan kamu pikirkan sebelumnya. Ketika kamu sudah memilih dan memperhitungkan berapa biaya yang akan kamu keluarkan untuk sekali buka bersama rekan-rekan, tentu kamu punya batasan yang cukup rasional. 

Jangan sungkan untuk menolak ajakan buka bersama jika memang tidak ada anggaran untuk itu dan momen yang tidak terlalu penting. Atau bisa juga kamu menggabungkan acara beberapa buka bersam sekaligus karena undangan yang hadir juga hampir sama.

4. Bekal Buka Puasa Untuk Mengantisipasi Jajan Dadakan

Tak seperti makan malam yang bisa kamu tunda beberapa jam atau saat kondisi memungkinkan, biasanya buka puasa harus segera dilakukan begitu adzan Maghrib berkumandang. Bisa jadi saat adzan maghrib terdengar, kamu sedang berada di jalan, di kantor, atau di tempat-tempat tertentu yang tidak memungkinkan untuk berbuka puasa. 

Hingga akhirnya kamu memutuskan untuk mencari warung dan membatalkan puasa sesegera mungkin. Ini akan membuat anggaran tak terduga menjadi membengkak dan jika terjadi beberapa kali, tentu akan mengganggu anggaran yang telah kamu tetapkan sebelumnya. Ada baiknya kamu sudah mempersiapkan bekal untuk berbuka puasa. 

Meski seadanya, tapi ibadah akan menjadi lebih baik karena tidak menunda buka puasa, tapi juga tak mengeluarkan anggaran untuk jajan dadakan di luar. Apalagi jika memang tidak merencanakan untuk buka puasa di luar dan kamu memang sudah memiliki menu sendiri di rumah untuk berbuka puasa.

5. Belanja Mingguan

Belanja mingguan bulanan di supermarket
Ilustrasi : Belanja Mingguan (pexels.com)

Anggaran yang sudah kamu tetapkan bisa berjalan dengan baik jika kamu berbelanja sekaligus untuk satu minggu. Ini akan memungkinkan kamu untuk menakar berapa banyak bahan makanan yang diperlukan dalam kurun satu minggu. 

Apalagi biasanya di minggu terakhir Ramadhan, akan ada banyak rencana tak terduga seperti kegiatan mudik, persiapan kue lebaran, kiriman bingkisan dari tetangga dan kolega, dan lainnya. Jadi anggaran untuk minggu terakhir bisa dialokasikan untuk yang lain seperti berbelanja baju lebaran. 

Ramadhan Sale yang sudah disiapkan oleh iLotte bisa membantu kamu untuk merancang anggaran lebih baik lagi dan mempersiapkan momen lebaran dengan penuh keberkahan dan tentunya perencanaan keuangan yang optimal.

Nah, dengan 5 cara di atas, tentu kamu bisa berhemat di bulan Ramadhan dan menggunakan uang kamu untuk keperluan yang lebih baik. Tentu jika ada uang lebih, kamu bisa berbagi dan bersedekah lebih banyak lagi agar ibadah puasamu semakin berkah.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.