6 Macam Teknik Printing Kain, Teknik Pencetakan Gambar atau Desain Pada Kain

Dalam industri tekstil keberadaan teknologi printing kain tentu sangat berperan, terlebih semakin berkembangnya zaman kini produk-produk tekstil mulai bervariasi baik dari segi model maupun motif atau desain yang diberikan.

Macam Macam Teknik Printing Kain
Macam Macam Teknik Printing Kain

Proses pemberiaan desain atau motif pada kain yang digunakan untuk bahan mentah produk tekstil seperti baju, tas, celana dan yang lainnya merupakan berkat dari teknologi printing kain yang populer di industri tekstil.

Keberadaan Jasa Print kain menjadi sangat dibutuhkan bagi para pelaku usaha di Industri tekstil agar membuat produk-produk tekstil yang mereka buat memiliki nilai jual yang lebih tinggi dan meningkatkan daya tarik konsumen

Ada beberapa macam teknik yang digunakan dalam proses pencetakan gambar atau desain pada kain atau dikenal dengan printing kain, antara lain yakni:

1. Teknik Screen Printing

Teknik screen printing ini merupakan teknik yang lumayan populer dalam industri tekstil, screen printing atau lebih dikenal dengan teknik sablon merupakan teknik printing menggnakan screen dimana screen akan diberikan pattern sesuai dengan desain atau motif yang ingin di cetak dan kemudian diberi cat khusus untuk melakukan proses pewarnaan dan pembentukan desain.

2. Teknik Resist Printing

Teknik printing yang berikutnya dikenal dalam dunia industri yakni Resist Printing. Teknik ini menggunakan suatu pasta khusus yang digunakan pada kain dalam bentuk pattern sesuai dengan desain yang diberikan. 

Dan selanjutnya masuk ke proses pewarnaan yang dimana pasta tersebut dapat menahan proses pewarnaan sehingga terbentuklah warna dasar. Penggunaan teknik ini biasanya digunakan dalam proses pembuatan batik.

3. Teknik Spray Printing

Teknik printing kain berikutnya dikenal dengan nama Spray Printing yang mana dalam prosesnya pembentukan motif atau desain yang diinginkan dilakukan dengan proses penyemprotan khusus yang tujuannya untuk mentransfer pewarna pada kain.

4. Teknik Discharge Printing

Teknik berikutnya yakni Discharge printing, teknik ini bekerja dengan cara menghilangkan warna dari area tertentu yang ada pada kain dengan cara mencelupkannya pada cairan khusus yang mengandung bahan-bahan kimia khusus yang dipakai dalam proses printing kain.

5. Teknik Sublime Printing

Teknik printing berikutnya yang juga dikenal dalam industri tekstil yakni teknik sublime printing dimana proses dilakukan dengan menggunakan transfer papper. 

Nantinya akan diberi motif atau model yang di inginkan dan dilakukan proses press untuk membuat gambar atau desain yang terdapat pada kertas transfer tersebut tersublimasi pada kain, sehingga gambar atau motif yang diinginkan dapat tercetak rapi pada kain.

6. Teknik Digital Printing

Teknik printing kain berikutnya yakni digital printing yang mana teknik ini merupakan teknik printing yang terbilang modern. Proses pencetakan gambar atau desain dilakukan dengan teknologi canggih layaknya mesin print yang digunakan dalam mencetak kertas. Dengan teknologi digital printing ini proses printing kain dapat semakin detail dan rapi.

Dengan bermacam-macam metode atau teknik printing kain diatas, proses pemberiaan gambar atau desain pada kain menjadi semakin berkembang. Dengan begitu banyak produk-produk yang bermunculan dengan motif dan desain-desain kreatif yang tentunya membuat produk memiliki nilai estetika lebih yang tentunya menjadi daya tarik dari produk sehingga banyak pembeli yang tertarik dengan produk-produk tersebut.

Terlebih lagi layanan yang diberikan jasa print kain seperti minimal order yang kecil tentunya akan sangat membantu bagi para pelaku usaha yang baru memulai terjun dalam industri tekstil. Dengan begitu mereka bisa memulai untuk membuat dan menjual produk mereka bahkan dengan skala kecil.

Diberdayakan oleh Blogger.