Cara Backup Artikel Postingan Di Blog Blogger dan Cara Upload Kembali

Sedia Payung sebelum hujan mungkin merupakan sebuah pepatah yang tepat untuk keseluruhan dari artikel yang buat ini. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan tutorial mengenai cara melakukan Back Up data artikel di blog kita tercinta. Mengapa saya susah-susah membuat artikel yang sederhana ini? Sesuai dengan definisinya, Back Up merupakan suatu cara yang dilakukan untuk membuat file atau data cadangan, sehingga jika data tersebut hilang, rusak atau error, maka dapat dikembalikan kembali seperti semula.

Pengalaman personal blog saya yang pertama yang beralamatkan di kiosbisnis.com yang musnah di banned pihak Blogger (Google) menunjukkan betapa pentingnya hal ini untuk dilakukan. Walaupun sudah diupayakan untuk dikembalikan (restore / banding) tapi hasilnya juga tetap nihil.

Backup disini tidak hanya konten atau artikel saja melainkan juga termasuk isi dari komentar dari masing - masing artikel. Kalau begitu langsung berikut sedikit tutorialny. Sebagai catatan apabila sobat Blogger menggunakan Bahasa Indonesia dalam akun Blogger, silahkan menyesuaikan.

Cara BackUp 

1. Langkah Pertama. Login ke dalam akun Blogger => Masuk ke Dashboard =>Pilih Setting.

2. Langkah Kedua. Pada Panel Setting => Pilih Other => Kemudian pada bagian Blog Tools klik Export Blog


2. Langkah Kedua. Pada Windows Pop Up akan muncul tulisan yang isinya kurang lebih data yang di download berbentuk Blogger Atom dan bisa di pindah ke media blogging lainnya maupun local drive (harddisk). Klik Download Blog.


3. Langkah Ketiga. Klik Save File kemudian klik Ok.



Data yang disimpan akan berekstensi .xml. Dimana format dari file tersebut akan berbentuk seperti contoh : blog-10-14-2013.xml. Yang jika kita lihat akan menunjukkan tanggal ketika kita mendownload atau menbackup file tersebut. Silahkan disimpan ditempan yang aman.

Cara Upload

Apabila kita ingin mengembalikan atau meng upload nya kembali silahkan ikuti cara berikut ini :

1. Langkah Pertama. Pada Panel Setting => Pilih Other => Kemudian pada bagian Blog Tools klik Import Blog.



2. Langkah Kedua. Pada jendela upload silahkan upload file berekstensi .xml tadi, kemudian masukkan kode Captcha nya. Jika kita ingin langsung mempublish semua artikel yang sudah ada di dalam file back up centang pada tulisan Automatically Publish all imported posts. Jika kita ingin mem publish artikel satu persatu, maka tulisan tersebut tidak usah di centang kemudian klik Import Blog.


Memang yang dinamakan back up data ini kelihatannya mudah namun sebagai manusia kadang kita sering melupakannya. Jika tidak ita lakukan sekarang juga, hati - hati saja jika kejadian pada awal paragraf diatas menimpa pada diri rekan - rekan semua. Bukannya menakut - nakuti tapi sebagai sesama rekan, sudah sepantasnya untuk saling mengingatkan. Sekian dan Semoga bermanfaat.

16 comments

terimakasih tutorialnya mas hehe salam kenal :)

backup tersebut juga bisa dipake kalau mau pindahan platform misal ke wp
tutorialnya sangat bermanfaat

Alhamdulillah saya sudah backup data blog saya. Biasanya saya lakukan setiap sebulan sekali sebagai upaya antisipasi apabila dikemudian hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau upload ke blog baru, ini yang belum pernah saya lakukan, tapi kapan-kapan boleh dicoba :) Thanks informasinya :)

Menarik nih mas tutorialnya..izin simpen ya buat jaga jaga :)

Sama - sama mas, semoga bermanfaat. :)

Terima kasih infonya mas adit, artikel ini cukup penting juga bagi seorang Blogger. Apalagi blog tersebut sudah memiliki banyak artikel, waduh... Bisa frustasi jika blog nya tiba2 dihapus/di banned.
Saya dulu juga pernah berpengalaman sama, akhirnya saya putuskan memakai domain TLD dan menulisa artikel ulang. Sebab nggak kepikiran untuk mem-back up artikel di blog lama.
Ditunggu kunjungan baliknya mas :D

terimakasih bos, tapi belum berhasil

Saya selalu back up data mas, namun untuk domain sendiri tidak gratis di blogger saya belum pernah melakukannya, mohon konfirmasinya ya atau dibuat artikel selanjutnya tentang itu, terima kasih

Baik blogger yang sudah berTLD maupun belum cara diatas tetap bisa digunakan dengan gratis alias tidak berpengaruh dengan domain.

mas saya mau nanya yang lain bos kalau boleh ,,tampilan posting jika di buka di browsernya tertulis judul posting nya buka judul blog nya , itu gimana mas,,, makasih

mas... klo blogspot jadi .com otomastis postinagn blogspot bs di buka langsung di .com pertanyaan nya jika misalnya tidak di perpanjang .com nya lalu postingan yang url .com bisa di buka ke blogspot ga mas..

ternyata mudah ya Sob caranya, oya kalau mau backup data pakai domain sendiri bisa ngak ya! di blogger. mohon konfirmasinya ya!

Wah mantap mas Adit saya belajar banyak nih dari mas Adit mantap euy ^-^.9

teima kasih juragan
saya sudah lakukan backup pada blog saya itu berkat juragan

sip...makasih om...selalu waspada demi keamanan

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.