Tips Memilih Nama Domain Yang Baik dan Tepat

Memiliki nama domain sendiri adalah hak bagi setiap warga negara. Asalkan sesorang mempunyai dana yang cukup untuk menyewa domain dari jasa web hosting maka domain tersebut akan paten menjadi miliknya selama domain tersebut masih aktif dan diperpanjang setiap tahunnya. Namun untuk memilih nama yang tepat untuk pemberian nama domain tersebut kadang kita merasa kesulitan. 

Walaupun pemberian nama domain tidak terlalu berdampak signifikan di Search Engine Page Result (SERP) maupun Search Engine Optimation (SEO), namun pemilihan nama domain yang sesuai akan berpengaruh membantu kita dalam mengoptimasi blog atau website pribadi kita. Tentunya sebuah Personal Branding akan tercermin dari nama domain yang kita gunakan nantinya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips mengenai Pemilihan Nama Domain Yang Baik dan Menarik menurut pendapat saya pribadi dan sedikit rewrite dari blog pribadi saya yang terdahulu. Berikut ulasannya :

1. Singkat Dan Mudah Diingat.
 
Sebagian dari pengguna internet akan mengetikkan langsung alamat website pada address bar web browser. Jika nama domain terlalu panjang maka akan berdampak pengunjung terlalu susah mengingatnya sehingga resiko salah ketik amatlah besar. Usahakan memberi nama domain yang singkat akan sangat membantu pengunjung dalam mengingat dan mengetikkan nama domain blog kita. Contoh : BelajarSeo.com, DapurKuliner.com.

2. Mudah Dieja dan Diucapkan.
 
Nama domain setidaknya mudah dilafalkan oleh siapapun. Sehingga apabila dalam suatu moment media promosi blog atau web kita adalah secara lisan dari mulut ke mulut, nama domain kita akan mudah ditangkap dan diterima. Sehingga tidak bikin bingung orang yang mendengarnya. Contoh: MasBagus.com, AdityaBlog.com.

3. Hindari Penggunaan Angka.
 
Penggunaan angka dalam memilih nama domain akan meningkatkan resiko salah ketik ketika mengetikkannya di address bar web browser kita. Misal saya ambil contoh C0b4C0b4.com. Walaupun terlihat unik mengganti huruf o dengan angka 0 dan huruf a dengan 4 tapi seperti yang saya katakan di awal kalimat, resiko salah ketik atau istilahnya mistype akan sangat tinggi.

4. Perhatikan Ekstensi. 
 
Ekstensi dari sebuah file adalah karakter yang terletak setelah titik terakhir dalam sebuah nama file. Dalam hal pemilihan domain, Pilih nama domain yang utama yang termasuk dalam Top Level Domain (TLD). Di Urutan pertama ialah ekstensi .com diurutan selanjutnya ialah .net dan .org.

5. Sesuai Dengan Tema Blog.
 
Terutama untuk blog yang bukan gado - gado alias mempunyai tema tersendiri atau niche. Kesesuaian tema tulisan yang diangkat di dalam blog dengan nama domain tentunya akan mempermudah pengunjung dalam mengingat nama domain blog kita. Selain itu juga bisa mempermudah proses crawl yang dilakukan oleh mesin pencari. Misal bila rekan berjualan beli online jam kebetulan berdomisisli di Semarang maka suggest dari saya untuk nama domainnya ialah JualJamSemarang.com. Atau anda memiliki hobi sharing dunia perbengkelan atau otomotif, maka KiosOtomotif.com bisa dijadikan referensi untuk tema tersebut.

6. Gunakan Tanda Hubung Strip (-) Sebagai Altenatif Pilihan Kedua.

Dan tips yang terakhir ialah Gunakan tanda hubung tersebut sebagai nama domain alternatif apabila nama domain yang dinginkan sudah dipakai orang lain. Sepertinya halnya personal blog saya ini Aditya-Web.com. Kebetulan waktu dulu pesen domain di Idwebhost.com, saya menginginkan AdityaWeb.com. Tapi berhubung nama domain tersebut sudah ada yang menggunakannya maka saya menggunakan alternatif penghubung strip (-).

Memilih nama domain memang tidak boleh asal - asalan. Kadang kita butuh waktu dalam hitungan hari dalam berpikir dan menentukannya. Karena ini yang akan menentukan kelangsungan blog atau web kita untuk kedepannya. Mungkin itu beberapa sedikit Tips Mengenai Pemilihan Nama Domain Yang Baik dan Tepat. Semoga apa yang saya share pada kesempatan kali ini dapat membantu rekan - rekan dalam memilih dan menentukan nama domain yang diiginkan. Apakah rekan punya tips yang lain? Jangan sungkan - sungkan untuk mencorat - coret pada kolom komentar di bawah. Selamat bereksplorasi. . .

23 comments

buat yang sedang berencana mambangun sebuah web harus ikuti dulu tips di atas :)

belum kepikiran untuk buat domain yang bayar mas

memang benar bahwa memilih domain itu harus bagus ya mas. karena terkait dengan personal branding itu sendiri. kalau untuk memilih nama domain untuk blogspot, kira-kira sama nggak mas caranya? soalnya kan gratisan hehe ^^

Tips yang bermanfaat, saya juga ada rencana ingin beli domain nih, cuman bingung belinya dimana hehe

Bisa di coba ni mas semoga suatu saat nanti saya bisa beli domain :)

q pengen punya domain yang caem plus layaknya seperti nomor cantik sebuah simcard mas...ntar tak kumpulin uang dari adsense biar bisa beli domain..hehe

Kebetulan saya masih pake blogspot, dan ada rencana buat beli domain. tips ini sangat bermanfaat untuk referensi. Trims

Iyo mas, semoga saja tidak keliru dalam memilih nama domain yang tepat. :)

Gapapa ga usah buru - buru, sesuaikan saja dengan kebutuhan yang ada :)

Kalau dari sumber yang saya dapatkan diluar memang banyak penilaian kalau blog berdomain TLD (Top Level Domain) mempunyai poin plus tersendiri terutama bagi pemiliknya, tapi penilaian tersebut bisa dibilang relatif karena tiap orang mempunyai kriteria yang berbeda - beda mengenai apa itu personal branding. Untuk caranya blog diatas juga bisa diterapkan kok walau blog gratisan :)

Untuk menyewa domain pastinya di jasa Web Hosting. Kalau saya sudah saya percayakan pada Idwebhost mbak. Salah satu penyedia jasa jual beli domain terbaik di Indonesia. Barangkali suatu saat rekan ingin meng custom domain blogspot nanti bisa saya bantu :)

Monggo mas rahmat saya tunggu domain barunya :D

Monggo mas, ga usah buru - buru, sembari ngumpulin Rp nya juga sembari memikirkan ide untuk nama domain yang pas. :)

Sami - sami mas, kalau butuh bantuan jangan sungkan - sungkan untuk kontak saya, hehehe :D

menggunakan tanda strip menurut pakar SEO bisa menurunkan nilai SEO nya, jika menggunakan strip disarankan membeli kedua domain ( dengan dan tidak ), yang tidak memakai strip bisa dialihkan yang memakai, itu menurut saya lebih baik

nama domain yang baik sebenarnya berapa karakter gan ?

mas mo nanya lagi gimana caranya buat tau berapa yg udah pernah mengunjungi blog kita? maklum masih newbie

Untuk yang nomor 6 ane agak kurang setuju..
Kenapa? karena menurut ane tanda strip itu bisa membuat pengunjung lupa dengan url blog kita..

Menurut saya penggunaan strip dalam sebuah domain hanya boleh diterapkan dalam sebuah website yang tidak terlalu mementingkan branding, tipe website yang hanya mengandalkan one time visitor tapi kalau kita ingin website yang memiliki returing visitor ya kudu buat nama domain yang mudah diingat

haha kalo ada yg pake domain C0b4C0b4 mungkin cuma buat diakses sendiri kali gan
susah nulisnya soalnya

memilih domain tentu perlu ketelitian dan kewaspadaan, salah satunya adalah dengan mengikuti langkah-langkah dari artikel ini. Oya terima kasih atas tipsnya ya sob, salam kenal ya

Ijin share ya mas. dan terima kasih artikel ini sangat membantu blogger mania dalam menentukan nama domain yang tepat

lagi galau jg nih. mau milih domain yg mana

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.