Cara Beli Barang & Belanja Online di Website OLX.co.id (Update 2021)

Salah satu tempat jual beli online yang bisa dijadikan rekomendasi anda untuk berbelanja online adalah OLX Indonesia dengan Official Websitenya OLX.co.id.

Dengan adanya situs jual beli online di OLX, anda bisa dengan mudah mencari dan membeli barang - barang yang diiklankan secara online. Barang yang diperjualbelikan pun bervariasi, barang baru ada, barang bekas (2nd) pun juga ada.


Belanja online di OLX Indonesia tidak sesulit yang kita bayangkan. Namun jika anda membutuhkan sedikit panduannya. Berikut ulasan selengkapnya mengenai Cara Membeli Barang dan Belanja Online di Website OLX.co.id :

1. Kunjungi Website Olx.co.id

Kunjungi url link https://olx.co.id. Setelah website OLX terbuka, usahkan anda login atau daftar terlebih dahulu di OLX. Supaya anda bisa dengan mudah melakukan kontak dengan si penjual barang nantinya.

Cara Beli Barang dan Belanja Online di OLX.co.id
Tampilan Halaman depan OLX

Ada bisa login atau daftar menggunakan pilihan akses login yang tersedia di OLX.

Cara Beli Barang dan Belanja Online di OLX.co.id
Tampilan akses login di OLX

2. Pilih Lokasi Kota dan Kata Kunci Barang

Pilih lokasi kota yang anda inginkan kemudian masukkan kata kunci atau keyword barang yang akan anda cari.

Cara Beli Barang dan Belanja Online di OLX.co.id
Cari barang yang anda inginkan di OLX

Disini saya lebih menyarankan anda untuk mencari barang sesuai dengan wilayah tempat anda berada. Di akhir artikel akan saya jelaskan mengapa menyarankan hal ini.

3. Pilih Salah Satu Barang
 
OLX akan menampilkan produk barang baik baru maupun bekas dengan keyword atau kata kunci yang anda ketikkan dengan lokasi yang sudah anda tentukan tadi. Klik pilih salah satu foto produk yang anda inginkan.

Cara Beli Barang dan Belanja Online di OLX.co.id
Halaman tampilan barang yang dijual di OLX

4. Lihat Detail Foto dan Deskripsi Iklan

Setelah foto barang anda klik, akan muncul detail barang secara lengkap berupa foto yang di upload oleh penjual. Scroll ke bawah untuk informasi deskripsi barang yang dijual.
Cara Beli Barang dan Belanja Online di OLX.co.id
Tampilan detail deskripsi barang yang dijual di OLX

5. Hubungi Si Penjual Barang

Terkadang informasi deskripsi yang diberikan oleh penjual masih dirasa kurang lengkap atau kurang jelas. Namun anda sudah tertarik ingin membeli barang yang dijualnya.

Maka, sudah saatnya anda melakukan kontak komunikasi lebih lanjut dengan si penjual.

Cara Beli Barang dan Belanja Online di OLX.co.id
Tampilan Halaman Chat ke Penjual di OLX

Anda bisa menghubungi penjual dengan cara klik tombol Chat dengan Penjual. Cara lain dengan menguhubungi nomor HP atau Whatsapp ke nomor telepon yang tersedia di bagian kolom informasi kontak penjual.

Pastikan anda sudah login di OLX terlebih dahulu supaya bisa menampilkan nomor handphone si penjual.

Alasan Mengapa Belanja Online di OLX Sesuai Domisili Anda Berada

Diawal tadi saya menyarankan anda memilih barang sesuai dengan domisili tempat anda berada. Berbeda dengan marketplace seperti bukalapak, tokopedia, shopee, lazada dan maupun e-commerce lainnya, yang mana mereka memfasilitasi dengan adanya metode transaksi Rekening Bersama (Rekber).

Di OLX tidak ada fasilitas untuk transaksi  secara Rekening Bersama. Itu artinya transaksi anda dengan si penjual bersifat direct / langsung. Hal ini menyebabkan tingkat atau celah terjadinya tindak penipuan online menjadi lebih tinggi dibanding dengan situs e-commerce lainnya.

Metode transaksi jual beli yang sangat disarankan di OLX ialah metode COD (Cash On Delivery) atau ketemuan langsung dengan penjual di suatu tempat, yang masih satu kota dengan domisili anda. Dengan COD anda bisa melakukan pengecekan barang si penjual secara langsung
Namun ada juga kasus dimana ketika anda sudah mencari dan mencoba komunikasi dengan penjual yang satu wilayah dengan posisi anda berada. Namun ternyata si penjual memilih untuk tidak bisa COD alias hanya bisa transfer rekening. Bisa juga malah ketika dihubungi lokasi si penjual berbeda. Semisal penjual beriklan di Yogyakarta tapi tokonya di Surabaya.

Jika sudah begini, anda sebagai calon pembeli sudah selayaknya curiga. Bukannya kita menyalahkan management OLX nya kalau terjadi sesuatu, tapi kitanya harus dan wajib hukumnya jeli sebelum membeli. Supaya tidak menjadi korban penipuan online.

Nah itulah mungkin sedikit gambaran yang bisa saya share kali ini terkait jual beli online di OLX.co.id. Tetaplah jeli dan cermat dalam memilih barang, semoga belanja online anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.