Tips Aman Transaksi Jual Beli COD (Cash On Delivery)

Transaksi jual beli COD (Cash On Delivery) merupakan transaksi jual beli yang mempertemukan antara penjual dan pembeli pada waktu dan tempat tertentu. Transaksi ini mengedapankan unsur ketemuan langsung alias face to face. Jadi pembayaran atas barang yang diperjualbelikanpun pada umumnya juga langsung saat itu juga. Namun apapun bentuk jual belinya terutama seperti COD ini tetap memiliki celah untuk melakukan tindak kejahatan seperti perampokan atau penipuan. Baik sebagai pembeli maupun penjual sudah layaknya bersikap waspada. Terutama pastinya kita akan bertatap muka dengan orang tersebut pertama kalinya.

Tips Aman Transaksi Jual Beli COD (Cash On Delivery)

Nah untuk meminimalisir tindka kejahatan pada saat melakukan COD ada baiknya rekan membaca beberapa tips yang akan saya bagi. Berikut saya share 8 Tips Aman Transaksi Jual Beli COD (Cash On Delivery)

Tips 1. Berdoa. Berdoa minta perlindungan kepada Yang Maha Kuasa (Allah SWT). Bagi yang beragama muslim setidaknya membaca kalimah Bismillah sebelum melakukan transaksi.

Tips 2. Ajak Teman. Usahakan untuk mengajak teman atau saudara ketika melakukan transaksi. Jangan nekat untuk bertransaksi sendiri.Teman bisa berfungsi sebagai pengawas. Jadi kalau ada hal yang tidak beres ketika COD kehadiran teman akan sangat membantu kita.

Tips 3. Ajak Ketemuan Di rumah. Bagi penjual atau seller, anda bisa mengajak pembeli untuk melihat dan membeli barang langsung kerumah. Selain lebih aman karena ada pihak keluarga yang mengawasi, pastinya akan memberikan rasa percaya dan aman bagi pembeli. 

Tips 4. Ajak Ketemuan Di Tempat Aman. Jika rumah tidak dimungkinkan untuk terjadinya proses jual beli karena suatu hal, ajak COD ditempat yang disepakati dengan syarat harus aman dan jangan ditempat sepi. Seperti toko - toko indomaret, alfamart, restoran, tempat nongkrong dan tempat tempat lainnya yang bilaman terjadi kejadian yang tidak kita inginkan mudah untuk minta bantuan kepada siapa saja yang ada di sekitar kita.

Tips 5. Cek Kondisi, Kelengkapan dan Garansi. Ketika cek kondisi barang dan kelengkapan, periksalah dengan seksama, bertanyalah kepada seller tentang apa yang tidak anda ketahui mengenai barang tersebut, apa kelemahannya,Bagi pembeli atau buyer jangan sungkan untuk meminta garansi personal kepada si penjual. Terlebih jika anda membeli barang second. Garansi personal umumnya sekitar 1-2 Minggu.

Tips 6. Perhatikan Waktu. Usahakan untuk bertransaksi di waktu siang hari jangan terlalu larut malam. Jika si pembeli mengajak transaksi di malam hari misal lebih dari jam 9 malam saran saya ajak dia untuk transaksi saat pagi atau siang hari.

Tips 7. Tetap Fokus. Ketika bertransaksi tetap fokus dan konsentrasi terhadap barang yang diperdagangkan. Jika si seller atau si buyer sudah mencoba mengalihkan fokus pembicaraan ke arah yang ga jelas harap hati - hati. Mungkin kalau cuma tanya nama, pekerjaan, alamat mungkin masih wajar. Kalau yang ditanya isi dompet, kode pin ATM, barang yang ada di dalam tas dsb harap waspada

Tips 8. Cek Uang di Bank. Jika transaksi terjadi dalam jumlah nominal besar jangan ragu untuk mengajak si pembeli ke bank atau ditempat lain yang tersedia scanner uang. Hal ini dilakukan untuk mengecek keaslian dari uang yang digunakan sebagai alat transaksi tersebut.

Nah seperti itulah sedikit informasi yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Ya walaupun COD kita beri label sebagai salah satu model transaksi jual beli yang paling populer di Indonesia serta paling rendah tingkat resikonya. Intinya kita tetap Selalu waspada dan jangan pernah lengah, karena kejahatan bisa datang karena ada niat dan kesempatan. Selamat bertransaksi COD.

11 comments

selamat Sore Mas... bagaimana kabarnya ? mungkin ada sedikit kekeliruan penulisan postingannya mas yaitu pada bagian angkanya, Tips ke 3, 2 kali tertulis angka 3 nya...

saking seriusnya sampe angka tiga dobel hehehe...
untuk tipsnya yang paling penting emang berdoa dan ajak teman. itu menurut saya...

jadi ingat iklan tokobagus jaman dulu. klik ketemuan deal...

poin yang sangat lengkap dalam transaksi aman COD ilmu baru nih kang, belom pernah transaksi online sih

Alhamdulillah kabar baik mas hayardin. Bagaimana dengan sampean mas? Semoga kesehatan selalu ada dalam diri kita. Terima kasih atas koreksinya, maklum namanya juga manusia.

Blogger juga manusia. Tempatnya salah dan lupa :D Terima kasih atas koreksinya.

Klik Ketemuan Deal bukannya slogannya Berniaga ya gan :D

Silahkan kang di bookmark, Next time kalau mau COD bisa mampir kesini dulu :)

Setuju dengan tips-tipsnya, bahaya juga soalnya kita tidak tahu seperti apa orang yang kita temui nanti... Hati-hati ajalah...

Bersikap tenang dan Waspada adalah kunci berhasilnya proses transaksi jual beli online COD ini.

Kayanya ngajak temen penting banget tuh buat CODan, selain buat nemenin bisa juga buat minta pendapat di kondisi yang genting kayak transaksi jual beli.
makasih mas adit buat tipsnya.. :)

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.