Pengertian Rekber (Rekening Bersama), Cara Kerja dan Manfaatnya

Salah satu bentuk upaya dalam mengatasi dan meminimalisir tindak pidana penipuan dalam transaksi jual beli online adalah dengan menggunakan Jasa Rekber (Rekening Bersama). Mungkin bagi para pelaku bisnis online atau jual beli online sudah tak asing lagi dengan istilah Rekber ini. Sedangkan yang masih awam dengan istilah ini sekilas akan mendefinisikan Rekber adalah rekening (tabungan) bank yang digunakan secara bersama - sama. Tapi bukan itu maksudnya.

Rekber (Rekening Bersama) adalah suatu sistem pembayaran menggunakan transfer antar rekening,  untuk menjembatani pembeli dan penjual apabila dalam mereka melakukan transaksi jual beli. Disini dibutuhkan peran dari pihak ketiga untuk mengatasi permasalahan seperti apabila si pembeli tidak menyepakati transfer uang langsung ke rekening penjual. Nah pihak ketiga ini yang sering kita sebut dengan Jasa Rekber. Biasanya mereka akan meminta komisi dari masing - masing transaksi penjualan atau bahkan jika anda beruntung bisa mendapatkan jasa tersebut dengan gratis.

Apa Keuntungan Menggunakan Rekening Bersama?

1. Seperti yang saya ceritakan di awal paragraf tadi ialah guna meminimalisisir tindak kejahatan penipuan jual beli online. Karena kadang yang terjadi di lapangan ialah ketika uang sudah dikirim ke rekening penjual barang tak kunjung datang.

2. Untuk keamanan. Apabila penjual menyepakati penggunaan rekber maka dia merupakan salah satu penjual yang jujur. Dan bersungguh - sungguh dalam berdagang dan bisa dipastikan tidak ada unsur penipuan di dalamnya.

3. Jika memang masih terjadi penipuan maka akan lebih mudah untuk melacak dimana keberadaan si penipu tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Rekber?

Jik digambarkan cara kerja rekening bersama sebagai berikut :


Dan apabila dijelaskan dalam bentuk kata - kata :

1. Pembeli dan Penjual menyepakati deskripsi barang, harga, garansi, asuransi, ongkos kirim dan sebagainya, serta setuju untuk menggunakan jasa fasilitas Rekber dalam melakukan pembayaran barang / jasa tersebut.

2. Kemudian Pembeli mentransfer dana serta fee rekber (jika ada) yang sudah disepakati ke Rekber. Pembeli mengkonfirmasi ke penyedia jasa rekber dengan format sesuai aturan dari rekber tersebut.

3. Penyedia jasa rekber akan memverifikasi bahwa dana pembeli sudah masuk di rekeningnya. Penyedia jasa rekber akan mengkonfirmasi kepada penjual untuk segera memproses / mengirim barangya kepada pembeli. Dan untuk penjual jangan lupa mengirimkan data banknya (sesuai aturan rekber) kepada pemegang rekber yang bersangkutan untuk memudahkan pencairan dana nantinya. 

4. Pembeli wajib mengkonfirmasikan kepada rekber jika barang sudah sampai. 

5. Setelah ada konfirmasi penerimaan barang dari pembeli kepada peneyedia rekber, maka rekber akan mencairkan dana ke penjual setelah di potong fee rekber. Transaksi selesai. 

Aturan Main (TOS) dan Keberadaan Rekber

Ada beberapa jasa rekber yang sampai saat ini masih terpercaya diantaranya dan banyak dijadikan rekemondasi diantaranya Rekber Inapay (Umum), Rekber Piggybank (Kaskus), dan Rekber Blackpanda (Kaskus).

Memang di balik faktor keamanan dalam pertimbangan menggunakan rekber, kadang terbesit pikiran kok sepertinya ribet ya, kok harus ngeluarin duid buat jasa rekber, kok masuk ke rekening pembeli lama ya uangnya. Bagi saya pribadi ribet sedikit tidak menjadi masalah asalkan barang yang diperjualbelikan sesuai dengan yang diperdagangkan di iklan dan si penjual tidak melakukan tindak penipuan itu yang terpenting.

Yang harus digaris bawahi ialah setiap jasa rekber memiliki aturan mainnya yang harus ditaati oleh pengguna jasanya. Sehingga sebelum menggunakan jasa mereka si penjual dan pembeli harus paham supaya menghindari miss komunikasi. Semoga apa yang saya tulis ini dapat memberikan tambahan wawasan mengenai Jasa Rekber ini. Semoga bermanfaat.

10 comments

nice artikelnya sangat bermanfaat :)
kunjungi juga http://jellygamatgoldg31.com/

Belanja secara online yang mengunakan jasa rekber membuat hati tenang jika semakin marak jas ini bukan tidak mungkin animo masyarakat untuk belanja online semakin meningkat

Pastinya dengan menggunakan Rekber, belanja online pastinya akan lebih aman lagi ya kang. Setidaknya dengan cara ini tindak penipuan pasti akan berkurang, biasanya situs yang saya tau utk rekber kalau gax saya bukalapak ya

yah lebih aman menggunakan rekber atau pihak ketiga sebagai penengah dalam transaksi online. lebih aman dan kemungkinan terjadinya tindak penipuan juga akan bisa diminimalisir. makasih gan infonya

.Sekarang memang lebih dipercaya Jasa Rekber , karena akan menutup kemungkinan untuk penipuan.
.Mantab gan infonya. .Nice Share. :)

infonya sangat bermanfaat, makasih banyak sob. jadi tau rekber itu sistemnya bagaimana

Sangat membantu gan. Makasih.

Mampir yah
Www.kabarsadaya.blogspot.co.id

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.