Tutorial Cara Membuat dan Setting Subdomain di Blogger

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan sedikit tutorial mengenai Cara Membuat Subdomain di Blogger atau Blogspot
Nb : Tampilan Khususnya untuk Cpanel domain Idwebhost telah banyak berubah. Artikel ini sudah tidak relevan untuk diikuti. Silahkan simak ulasan selengkapnya perihal artikel terbaru cara membuat subdomain ini di artikel Tutorial Cara Membuat & Setting Subdomain di Blogger 2015.  Terima Kasih.

Seperti yang kita tahu, bagi pengguna blogger pasti terbesit atau setidaknya meginginkan membuat subdomain dari domain yang kita miliki. Bagi yang belum tahu, Subdomain merupakan nama domain yang kita tambahkan atau kita berikan dari domain utama atau induk yang kita miliki. Sebagai contoh untuk lebih memahami dari konsep subdomain ini sebagai berikut : 
Saya memiliki personal blog dengan hosting blogger, berdomain utama www.namablog.com. Karena saya memiliki skill dibidang seo, edit template, pembuatan logo maupaun jasa yang bersifat online lainnya maka saya ingin membuat blog sendiri khusus unutk jasa online tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya sewa domain. Salah satu caranya dengan membuat subdomain dari domain www.namablog.com yakni www.jasa.namablog.com.
Sudah jelas kan mengenai subdomain? Jika sudah mengerti dan ingin membuat itu terealisasi, perhatikan langkah - langkah berikut ini mengenai cara membuatnya.

A. Tahap Persiapan

Secara Garis besar ada 5 syarat utama yang harus ada sebelum membuat subdomain di blogger. Disini saya asumsikan anda telah memiliki sebuah blog yang sudah dicustom domainnya (Sudah menggunakan Top Level Domain / TLD). 5 Syarat itu antara lain :
  1. Membuat Blog Baru di Blogger. Sebagai catatan blog baru yang akan kita jadikan subdomain masih dalam 1 email blogspot yang sama ketika membuat domain utamanya. Jika berbeda nanti akan ada sedikit perbedaan cara settingnya tapi tidak begitu signifikan.
  2. Nama dari Subdomain. Wajib, tidak perlu dijelaskan.
  3. Web Hosting. Merupakan jasa atau tempat kita dalam menyewa domain. Kebetulan disini saya menggunakan jasa dari Idwebhost.com. Di Webhosting ini kita nantinya melakukan konfigurasi DNS. 
  4. Koneksi Internet. Wajib, tidak perlu dijelaskan. 
  5. PC atau Laptop. Wajib, tidak perlu dijelaskan.
B. Konfigurasi / Pengaturan Di Akun Blogger Blogspot

1. Pertama, Login ke dalam akun Blogger => Masuk ke Dashboard => Pilih Menu Setting.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

2. Kemudian Klik Add Custom Domain.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

3.  Isikan pada bagian Blog Address dengan alamat subdomain kita. Jika sudah klik save.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

Sehingga tampilannya menjadi seperti dibawah ini. 

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

Sampai disini pengaturan konfigurasi di dalam akun blogger sudah cukup, maka dari itu sekarang kita lanjut ke dengan melakukan konfigurasi di dalam Cpanel Domain.

C. Konfigurasi / Pengaturan di Cpanel Domain Idwebhost.

1. Kujungi Cpanel Domain di Idwebhost dengan alamat http://idwebhost.com/Hosting_Login. Masukkan alamat email sobat dan password. Klik Login.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

2. Pilih Menu Kelola, Kemudian pada nama domain klik Kelola Domain.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

3. Pada Menu Layanan klik Manage DNS.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

4. Pada Menu A Record, Klik Tambah A Record.

 Cara Mengganti Domain .blogspot.com Menjadi .com (Blogger Custom Domain)
Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

Isi ke dalam form diatas dengan Host Name Nama subdomain, Alamat Tujuan IPV4 yakni 216.239.32.21 | 216.239.34.21 | 216.239.36.21 | 216.239.38.21 dan TTL 14400. Ulangi hingga ke empat IP terisi semua, hasilnya seperti berikut ini :

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

5. Sekarang masuk kedalam menu CNAME Record, klik Tambah CNAME Record

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

Lalu masukkan Cname kode untuk subdomain kita. Untuk Host Name diisi www.subdomain, Value ghs.google.com dan TTL 14400. Sehingga hasilnya seperti dibawah ini.

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger

Sampai disini pengaturan selesai. Anda sudah bisa keluar dari Cpanel Domain Idwebhost.

D. PROSES PERGANTIAN SUBDOMAIN / RESOLVE

Proses pergantian subdomain ini bervariasi bisa sekitar 2 - 4 jam atau maksimalnya 1 x 24 jam. Silahkan anda tunggu hingga antara Server dengan Hosting blogger tempat kita atur subdomainnya tadi bisa terkoneksi sehingga nantinya bisa kita akses. Salah satu Subdomainnya yang berhasil saya buat ialah www.demo.aditya-web.com.

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk meng check list (mencentang) Redirect subdomain.namadomain.com to www.subdomain.namadomain.com agar domain bisa diakses baik menggunakan www maupun tanpa www.


Mungkin cukup sekian yang bisa saya share mengenai Tutorial Cara Membuat Subdomain di Blogger. Apabila ada dari tutorial diatas yang belum jelas bisa sobat tanyakan melalui kolom komentar facebook atau bawaan blogger dibawah ini. Mohon maaf apabila dalam hal penyajian tutorial belum sedetail yang sobat harapkan. Tapi harapan saya dapat membantu sobat dalam membuat subdomain, terlebih baru yang pertama kali mengkonfigurasi. Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil. . . 

69 comments

Hi there friends, good piece of writing and good
urging commented at this place, I am genuinely enjoying by these.


My homepage: cayenne

Untuk setting domain blogger pada tutorial ini sangat lengkap. Terus semoga skripsi agan aman aman saja.. hehe

Makasih atas doanya mas, Koreksi dikit gan, ini bukan setting domain melainkan subdomain :)

pengen sih bisa bikin subdomain, tapi susah mas. kayaknya perlu belajar lagi deh saya :D

Wiiiiiiiih lengkap banget nih tutorialnya

Wah terimakasih mas penjelasanya.? Tapi saya masih setia pake domain gratisan mas hehehe
mas adit gimana kabarnya nih.?

Ga susah kok mbak, mungkin dibilang susah mungkin karena belum pernah konfigurasi subdomain blogger. Selamat belajar kalau begitu :)

Lain kali kalau udah dicustom domainnya, dicoba mas :) Itung - itung misal ga dipakai tapi bisa nambah pengetahuan gimana cara konfigurasinya. :)

Kabar baik mas, #aku_rapopo :( . Masih berkutat dengan skripsi ni mas. hehe. . .

mantap mas,, lanjutkan sharingnya ya
jangan lupa follow dan kunjangannya mas.

cocok banget ya mas kalau kita ingin bikin blog lagi dengan domain sendiri, jadi tidak usah beli domain lagi melainkan hanya perlu setting custom sub domain, bisa lebih hemat pengeluaran ya :)

Iya betul sekali mbak. Daripada harus nyewa domain lagi seharga 100ribuan pertahun khusus menggunakan platform blogger, alangkah baiknya menggunakan sumber daya yang ada dan gratis yakni subdomain tersebut. :)

gan, kalo beli domain tanpa hosting kan kaga bisa yah? inikan harus masuk ke cpanel, trus, kalo domain doang yang dibeli kaga ada cpanelnya. trus bisa kaga, kalo domain yang mau disubdomainkan jadi custom domain tapi parking hosting di domain yang berbeda?

mohon 'dihardik'

Komplit tutorialnya, benar-benar manfaat ini buat kami. terimakasih ya Kang

Satu satu ya gan :D

gan, kalo beli domain tanpa hosting kan kaga bisa yah?

Beli domain tanpa hosting bisa misal agan punya blog diblogspot kemudian ingin sewa domain .com, maka yang di bayar ialah harga sewa domain pertahunnya saja untuk hosting tetap di blogger. Beda kalau agan punya blog wordpress maka selain harus sewa domain juga harus sewa hostingnya (wordpress self hosting).

inikan harus masuk ke cpanel, trus, kalo domain doang yang dibeli kaga ada cpanelnya.

Setiap agan sewa/beli domain pasti akan mendapatkan akses menuju cpanel dari pihak webhosting karena fungsi utamanya sebagai tempat untuk konfigurasi DNS.

trus bisa kaga, kalo domain yang mau disubdomainkan jadi custom domain tapi parking hosting di domain yang berbeda?

Kalau blogger bisa ga tau kalau yang lain. Misal kita punya domain namablog.com dengan email aaa@gmail.com, kemudian kita punya blog lain alamat namasitus.blogspot.com dengan alamat email beda yakni bbb@gmail.com Misal namasitus.blogspot.com ini mau dijadikan subdomain.namablog.com bisa, nanti konfigurasi DNS nya numpang yang dari cpanel domain namablog.com.

Maaf kalau ada yang salah CMIIW, semoga membantu :)


owh, saya juga pernah membuat dan setting domain tapi error ketika domain di akses tanpa www., rupanya saya gak ceklis tuh redirect domainnya :)

Kesalahan kecil kadang berakibat fatal, kalau tidak segera diperbaiki orang awam ngiranya blognya udah off akhirnya ga jadi diakses alias close tab :)

pake idwebhost.com juga ya sob... ane juga beli disitu domainnya... :) cara settingan sangat mudah juga sih... :)

tapi setahu saya sob.. lau pake subdomain www gak di pake lagi sob jadi seperti ini demo.aditya-web.com bukan www.demo.aditya-web.com

Iya mas saya juga menggunakan Idwebhost. Iya kalau itu opsional aja mas. Mau rekan redirect apa ga tergantung dari kitanya aja. Tapi kalau untuk mengurangi resiko blog tidak bisa dibuka karena tidak menggunakan www, lebih baik di checklist saja :)

kog saya sudah coba berkali-kali salah ya subdomainnya

Salahnya dibagian mana ya? Mungkin bisa lebih detail lagi, barangkali bisa saya bantu.

nais infonya,,,mantap2 nni isi blognya,,,,buat ningkatin backlink ke blog kita,,,,mari kita gabung yuk diforum yg adem & nyaman,,,,dgn post dan kasi link sumber ke blog kita,,,otomatis bisa dpt backlink dah tu,,,,apalagi klo postnya banyak,,,,

yg minat silakan meluncur ke
http://persadatiga.com

Liat para pakar ngobrol ah... Sapa tau nanti jg bs. Hehe pnjelasannya mantep bgt

mlm pak,sy newbie sih,jd msh lum pham. jika ingin membuat subdomain,pa harus bkin/daftar blog baru lagi? (blogspot) mksh pak.

Silahkan baca kembali dibagian tahap persiapan point satu diatas. Saya rasa sudah cukup jelas :)

Tutorial Yang sangat lengkap,alhamdulillah saya juga baru buat subdomain dan cari caranya di mbah google dan ketemunya Web ini.. Makasih Banyak ya

klo artikel yang ada di SUBDOMAIN itu muncul di blog dengan DOMAIN aslinya gk ?

saya juga biasa menggunakan cara ini untuk diblogger mas

Terimakasih gan penjelasannya. bingung awalnya mana subdomain dan mana domain ehehe

terimakasih atas penjelasan nya gan.
sangat bermanfaat.

Aku bikin domain TLD 4 maret kemarin lewat panduan web mas Aditya ini, lengkap banget, eh baru sekarang bisa komennya.
makasih ya..

makasi tutornya...ane berencana bikin subdomain buat usaha ane :)

KEREEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEN bang...thanks banget nih!!! :D

Panduan yang bagus, terang benderang, mudah diikuti. Mantap!

makasih banyak ya gan... infonya detail sekali

apa subdomain perlu didaftarkan lagi ke webmaster gan?

Tutorial Sub Domain-nya sangat bermanfaat gan... Mantap! Thanks

Thks mas adit, dari tutorial ini saya cuma butuh waktu 15 menit untuk buat subdomain.
Sebelumnya saya nanya2 sama admin IDWEBHOST soal subdomain.. malah muter2
setelah nanyak sama mbah google.. ktemu deh sama SOLUTION CENTERnya yaitu itu blognya mas adit Hehe.. :D

tutorialnya gak bisa diterapkan karena sekarang login manage (member area) di IDwebhost berubah. tolong di share lagi tentang cara membuat sub menu di IDwebhost yang baru.
Terima kasih...

wah saya masih bingung nih mas hehehe hadeehh...

ini yang tukang kopas siapa ya, http://www.aditya-web.com/2014/03/tutorial-cara-membuat-dan-setting-subdomain-di-blogger.html apa http://unwidha-koe.blogspot.com/2014/10/tutorial-cara-membuat-dan-setting.html

yang pasti gak up to date lagi tutorialnya, member area di IDwebhost berganti

gan biar pas ngakses www.sub.subdomain.com di redirect ke sub.subdomain.com gimana ya ?
mohon bantuannya

Next time gan untuk artikel updatenya sedang saya persiapkan. Harap Maklum karena kesibukan di dunia nyata.

Masalah siapa yang copas kalau agan jeli sedikit dilihat dari gambar tutorial, isi konten dan tanggal terbit artikelnya bisa agan tebak siapa yang melakukan copy paste.

Masuk ke menu blogger dashboard => Setting => Basic => Coba dibagian blog address yang terdapat tulisan Redirect subdomain.namadomain.com to www.subdomain.namadomain.com ga perlu agan kasih checklist.

Be patient, artikel update nya masih dalam perjalanan :)

Tengkiyu mas Aditya tutorial ini yang lagi saya butuhkan...

Thks mas adit, dari tutorial ini saya cuma butuh waktu 15 menit untuk buat subdomain.
Sebelumnya saya nanya2 sama admin IDWEBHOST soal subdomain.. malah muter2
setelah nanyak sama mbah google.. ktemu deh sama SOLUTION CENTERnya yaitu itu blognya mas adit Hehe

Makasih infonya gan,,. Padat dan mudah dimengerti :)

Bagus dan cukup jelas tutorialnya Bro. Thanks you. Cuma memang ada sedikit perubahaan tampilan dari idwebhostnya. Salam sukses.

kang, saya pernah coba, tapi kok hubungan domain dengan hosting saya malah keputus.
misalnya:
www.domain.com --> hosting ke godaddy
subdomain.domain.com --> direct ke blogspot

malah www.domain.com saya tiap di tampilkan selalu lari ke blogspot.
ada solusi kang ???

Jadi hampir sama seperti setting domain ya, mas..
Kalau web hostingnya pakai QWords sama juga ga mas? Thanks

Tapi domain sy ini gak bs dibuka tanpa www pdhl sdh saya centang dan simpan.

www.situsaya.com

min, kenapa kadang kalo pake www itu larinya ke subdomain yang baru ya?

Sip. artikelnya sangat bermanfaat. Saya sudah mencoba di Rumahweb. agak beda dikit tapi tetep berhasil. --> toko.kebumenku.com
Oiya, di bagian CNAME kayaknya perlu ditambah kode unik dari blogspotnya mas.CMIWW

Makasih info y jadi lebih paham buat subdomain. ternyata gak ribet buat ya

sekiranya bisa bantu saya om aditya... saya juga menggunakan idwebhost.. saya memiliki masalah dibagian seting di blogger nya... biasanya kan begini contoh. Alihkan abunbogor4u.com ke www.abun.bogor4u.com tapi sekarang jadi begini : Alihkan bogor4u.com ke www.abun.bogor4.com... gambarnya seperti ini

http://2.bp.blogspot.com/-Rps-h8f6X3Y/VhABcparBZI/AAAAAAAAADU/hhgCU7_JpvI/s1600/Untitled.png

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.