Cara Menyampaikan Keluhan Komplain di OLX.co.id Tokobagus

Seperti yang sudah kita ketahui bersama OLX.co.id merupakan salah satu situs jual beli online yang paling efektif dan efisien untuk menjual barang bekas kita melalui transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Itu dikarenakan karena olx.co.id sangat gencar melakukan kegiatan promosi baik melalui media Iklan Televisi maupun melalui jaringan advertising online, sehingga situs tersebut menjadi mudah dikenal dan dikunjungi puluhan ribu pengunjung setiap harinya. 

Dengan jumlah member dan pemasang iklan yang amatlah besar jumlah besar pastinya akan banyak ditemui permasalahan terhadap situs olx.co.id baik dari segi teknis maupun nonteknis. Dan permasalahan yang sering ditemui diantaranya berupa :
  1. Pemasangan Iklan selalu ditolak oleh moderator OLX dengan alasan tidak sesuai aturan padahal barang yang kita jual benar - benar barang asli foto jepretan sendiri dan deskripsi sudah ditulis selengkap - lengkapnya.
  2. Iklan yang dipasang selalu ditolak dengan alasan barang atau produk KW padahal barang yang dijual benar - benar asli.
  3. Proses penayangan iklan terlalu lama tidak ada kejelasan iklan diterima apa ditolak.
  4. Ketidakjelasan mengenai lama tayang dan jumlah maksimal iklan yang submit per membernya.
  5. Sudah membayar untuk membeli promo poin namun tidak ada tanggapan dari pihak olx.co.id atau poin tidak bertambah sehingga uang melayang dengan sia - sia.
Jika anda menemukan permasalahan seperti diatas apa yang harus kita lakukan, perhatikan ulasan berikut :

1. Menyampaikan melalui Fanspage Facebook OLX Indonesia

Tentunya kita semua pasti sudah memiliki akun facebook bukan? Untuk bisa menyampaikan keluhan atau permasalahan kita pertama harus like terlebih dahulu OLX Indonesia Fanspage di https://www.facebook.com/olxid. Jika sudah tulislah keluhan melalui kotak komentar salah satu post yang di publish Admin Facebook OLX pada form yang tersedia. Alternatif lainnya juga dengan cara mengirimkan melalui menu PM (Private Massage) di Facebook mereka. Kemudian kita tinggal menunggu respon dari mereka.

 Keluhan Komplain di OLX.co.id

2. Menyampaikan melalui Contact Form OLX Indonesia

Dari Official Site nya OLX sendiri sudah menyediakan kontak form khusus untuk para pengguna baik itu penjual atau pembeli.  Anda bisa mengakses melalui link berikut http://olx.co.id/contact/. Pilihlah Subjek Pesan sesuai dengan keluhan atau permasalahan sesuai dengan yang anda ingin utarakan. Sepertinya disini saya tidak perlu untuk memberikan contoh. Karena anda tinggal mengisi data sesuai dengan form yang tersedia.

 Keluhan Komplain di OLX.co.id

3. Menghubungi Melalui Nomor Telepon dan Alamat Kantor OLX Indonesia

Cara lainnya ialah dengan menghubungi nomor telepon di (021) 52903337 atau fax di (021) 52903338. Apabila kebetulan anda berdomisili di Jakarta, anda bisa datang langsung ke alamat kantor OLX di Gedung Tifa Lantai 3, Jl. Kuningan Barat 1 No. 26, Jakarta Selatan. Kontak diatas tersebut tercantum ketika saya mendapatkan surat verifikasi verified member di Tokobagus.com di tahun 2012.

 Keluhan Komplain di OLX.co.id

Tiga cara diatas merupakan segenap usaha yang digunakan untuk Menyampaikan Keluhan atau Permasalahan ke OLX.co.id. Saya pribadi tidak menjamin kalau dengan menggunakan cara diatas pasti akan mendapatkan respon sesuai yang anda harapkan dari pihak OLX Indonesia. Namun setidaknya yang namanya selayaknya Manusia yang penting sudah mencoba untuk berusaha. Maklum saja jumlah transaksi jual beli di OLX sangatlah amat banyak perharinya, saya yakin pegawainya OLX akan kesulitan jika harus menghandle satu persatu permasalahan penggunanya.

Sebagai catatan disini saya pribadi tidak ada kaitannya dengan pihak OLX, namun saya hanya mencoba membantu anda dalam menyampaikan keluhan atau permasalahan ke olx.co.id sesuai dengan pengalaman saya pribadi. Semoga bermanfaat. . .

72 comments

Mantap tutorialnya mas,, sayang saya gak bisa mainan di toko bagus,, bingung mau jual apa

makasih tutorialnya,saya sendiri belum pernah menggunakan toko bagus :D nanti siapa tahu ada masalah seperti itu bisa di selesaikan :)

Jual aja barang yang ga kepake, tapi masih layak pakai untuk orang lain. Yang penting bisa jadi duid tambahan mas :)

terima kasih mas atas sharing pengalamannya..

bisa buat pelajaran jika sewaktu-waktu ada masalah dengan toko bagus

gan, maaf mau tanya tp diluar tema di atas, ane mau nanya itu gmn cara supaya iklan bs berganti ukuran dr 338x600 jadi 1600x600 di bgian sidebar?

Silahkan mas, semoga dapat berguna artikelnya :)

Saya kurang paham maksud agan. Untuk bagian sidebar di blog ini, ukuran iklan adsense yang saya pasang adalah 300x600 px. Dan itu tidak pernah saya ubah - ubah. Mungkin kalau untuk jenis iklan yang tampil bisa bervariasi tergantung advertiser / pihak Google Adsensenya.

bermanfaat infonya mas... memang menyediakan bermacam2 form keluhan itu penting agar pengguna bisa dgn mudah menyampaikan keluhannya kepada pemilik situs :) makasih sharingnya :)

Iya mbak, Intinya pasti ada jalan untuk untuk suatu permasalahan. Kadang aja saya sering ditanya mengenai permasalahan tokobagus, karena saya pribadi ga tahu dan belum pernah mengalaminya ya sayapun berpikir untuk membuat artikel ini :)

Gan mau tanya nich klo beli barang online sy harus bayar cash barang di jamin Pasti sampai ga? Karena pengiriman lwt jne.

Gan ane mau tanya klo uang sudah ditransfer si penjual mau menjanjikan pengiriman barang lewat JNE tapi setelah saya tunggu 8hari belm ad kiriman, apakah ini sebuah penipuan mohon bantuannya terima kasih

Moderator OLX sekarang bego bego, nggak bisa membedakan mana iklan yg beneran nama yg tipu2. padahal tiap hari pantengin terus.Saya sudah kapok iklan di olx, ditolak melulu. padahal iklan yg jelas2 tipu2 bisa tayang. Kalau diperhatikan hampir 50% iklan diOLX tipu2. Saya aja sampai hafal gambar/diskripsi yg itu2 aja.Terakhir iklan bisa tayang...........e baru 2 hari dihapus...........Lebih enak iklan di BukaLapak.com dan FJBKaskus. Capek iklan di OLX. Ganti pemilik malah kacau menejemennya.

Lanjutan...
Untuk meningkatkan kwalitas seharusnya dimulai dari dalam. Moderator2nya yg bego bego diganti dgn orang2 yg cerdas,yg mempunyai daya ingat tinggi,sehingga apabila ada iklan penipuan langsung disensor. Dan apabila jelas iklan itu penipuan langsung di banned id dan ipnya sekalian. Bukannya pukul rata. Iklan tidak tayang alasan gambar tidak sesuai. Kenyataan banyak iklan penipuan yg gambarnya itu2 saja bisa tayang. Iklan tidak tayang alasan duplikasi. Kenyataannya banyak iklan duplikasi yg bisa lolos. Penipuan pula. Sepertinya ada unsur pembiaran iklan penipuan bisa tayang.
OLX itu situs jual beli internasional. Indonesia hanya cabangnya. Saya dulu member OLX.co.id yg lama. Sekarang malah ilang akun saya. Percuma toko bagus ganti nama menjadi OLX. Ganti aja Toko Bagong. Wong moderatornya bagong semua. Mata besar tapi nggak liat alias bego.

lanjutan lagi
ini contoh OLX .com yg asli : http://www.olx.com/electronics-cat-366
Klo diklik home larinya ketoko bagong..............

IKLAN dengan nama DIJUAL MURAH RUMAH BANJAR WIJAYA TAMAN ROYAL 1 ADALAH PENIPUAN,sy sebagai pemilik sangat dirugikan karena memakai gambar depan rumah saya.Nomor iklan: 65464997

account saya di olx http://www.olx.co.id/users/shaka82

Hati-hati terhadap penipuan berkedok menjual/menyewakan rumah/apartemen dengan no hp dibawah ini:
- 085145379769
- 085396599799
- 081933935823
Penipu tersebut mencuri foto-foto rumah/apartemen dan alamat milik orang lain.

sy sudah pasang iklan foto ada, deskripsi ada, tapi nomer telepon otomatis ga dimuat kok aneh,, kasus ini berulang kali saya ngorbitin iklan,,

PERHATIAN !!!!!

Hati2x Iklan Laptop Acer dg ID 68077187 no telp 087760282777.
Awal kita diminta telp, trus transfer 50% kmd ditelp ada aturan baru dr pihak pengiriman jne bahwa barang hrs dilunasi, shg hrs segera transfer 50% lagi krn barang ditahan oleh pihak jne. Ujung2xnya barang tidak dikirim.

Semoga bermanfaat dan anda tidak mengalaminya.

Catatan : Ingat saran OLX, ketemu dan langsung transaksi benar2x harus diimplementasikan

Hati2x ID 68077187 !!!! No telp 087760282777, iklan laptop acer. Jangan mau diminta transfer uang 50% kmd minta transfer lagi 50% krn ada masalah di pengiriman..ujung2xnya barang tdk dikirim...Semoga bermanfaat !!!

saya udah kapok belanja d onlline khususnya di OLX kemaren saya d tipu sama pemilik samsung galaxi tap3 dari kota BEKASI
BBM 74A63A4C A/N RICO HERMANSAH
TLP.089653992274
DIA SURU SAYA TRANSFER UANG KE BNK BRI A/N NENENG
GILIRAN UANG NYA UDAH NYAMPE KE DIA
BARANYA NGAK DI KIRIm.
ini pembelajaran untuk kita hati hati belanja d onlline shop
semoga bermanfaat

wiibowo_arif

Arif
wiibowo_arif
-
Member Sejak2014-09-01
LokasiJawa Timur
Telepon
SMS
Email
Iklan AktifTestimoni

Canon Ef 70-200mm F/2.8 L IS USM
Rp. 4.490.000 nego
21/10/2014. Hati² OLX banyak anggota member ny penipu coz uang gw 7.000.000 raib di bawa kabur tp barang blm sampai ke tmpt tujuan

Member di OLX.com kebanyakan penipu..liatt ajja gw bakal laporin nie OLX ke pihak berwajib biar disuruh tutup nie iklan babbii,,anjingggg

udah bagus blog nya

http://informasisadayana.blogspot.com/

HATI - HATI TERTIPU
jual hp bb onyx 3 dengan nomer hp
0896 87461228
0856 56730455
detail penjual ; abetnabila, yogyakarta kota
id iklan 81116357
Id iklan 81116233
Id iklan 81119096

Terima kasih infonya mas. Akan saya coba tipsnya. Olx keliatannya mulai ada penurunan kualitas. Akhir-akhir ini saya selalu gagal mengiklankan di web olx. Selalu ditolak dengan alasan yg tidak masuk akal. Sedangkan yg secara jelas penipuan malah diapprove.

Sy pasang iklan dr jaman msh pakai nama toko bagus tp sy rasakan stlh pake nama olx koq responya krnyakan cma iseng sering tlp/sms tengah malam sampai2 hp sy matikan. Tolong olx, kiranya hal ini bsa menjdi perhatian

Sy pasang iklan dr jaman msh pakai nama toko bagus tp sy rasakan stlh pake nama olx koq responya krnyakan cma iseng sering tlp/sms tengah malam sampai2 hp sy matikan. Tolong olx, kiranya hal ini bsa menjdi perhatian

Sy pasang iklan dr jaman msh pakai nama toko bagus tp sy rasakan stlh pake nama olx koq responya krnyakan cma iseng sering tlp/sms tengah malam sampai2 hp sy matikan. Tolong olx, kiranya hal ini bsa menjdi perhatian

Aduh gan....hati2....gw Baru aja ketipu belanja di olx....uang dah gw transfer barang ga dikirim...kalo bisa jgn transaksi via transfer tp lsg datangi si penjual kalo penjual keberatan jelas modus penipuan ..... Hati2 utk agan2 dan aganwati okeh....salam utk para penipu lo skrg ketawa2 tp lo smua dah jd calob ahli NERAKA ampe anak cucu lo semua

Aduh gan....hati2....gw Baru aja ketipu belanja di olx....uang dah gw transfer barang ga dikirim...kalo bisa jgn transaksi via transfer tp lsg datangi si penjual kalo penjual keberatan jelas modus penipuan ..... Hati2 utk agan2 dan aganwati okeh....salam utk para penipu lo skrg ketawa2 tp lo smua dah jd calob ahli NERAKA ampe anak cucu lo semua

Hati2 agan dan aganwati byk penipu di iklan olx....gw baru aja transaksi via transfer uang dah gw transfer barang ga dikirim....hati2 sebaiknya melakukan transaksi jgn lewat transfer tp lsg datangi si penjual jika penjual keberatan berarti jelas modus penipuan...untuk para penipu lo skrg bs ketawa2 tp lo dah jelas tempat nya di NERAKA JAHANAM ampe 7 turunan lo okeh para penipu.

sy udh ikut semua petunjuk tapi iklan sy tetep di tolak.

kenapa ya gan ketila sya pasang iklan di olx bisa upload gambar cuma satu, padahal itu gambar asli jepretan dari hp saya.
terimakasih sblumnya.

Tolong dong bos iklan jgn di tolak2in. Sy mau jual hp bekas motor masa di tolak. Klo ga niat buka website jgn buka. Tiap hri sy pasang di tolakin terus.

Glran di tlp ke kontak kantor nya ga pernah di angakt. Mksud sy klo jgn maen tolak2 ja. Kn saya jual barang bekas. Sampe skrg ja sy masang di tolakin terus

Kalo iklan di tolak2 terus mending olx hapus ja bos. Dr pd bkin orang emosi. Udj cape2 ngtik berkali2 di tolak.

pertama pasang iklan saya tidak login akun terlebih dahulu saya bingung hapus iklannya

Barusan kemaren ketipu iklan di olx beli mainan cuma 180rb rek BRI an. Tentie Adythia. hati2 ya smua beli2 OL harus jeli betul

Tgl 02/11/15 Tertipu iklan di olx pembelian push walker vtech 130rb include ongkir ke rekening BRI a/n: Tentie Adythia

Astagfirulloh ternyata push walker vtech penipuan.. pantes no ny gk aktif lagi makan deh tuh duit haram tentie adythia semoga menjadi orang yg paling terlaknat karena yg tertipu bukan aku doank!!! JadiKan org ini menjadi org tersengsara ya Alloh amiinn

Mungkin TENTIE ADYTHIA ini sedang membutuhkan uang bun, mari kita Ikhlaskan saja...semoga jadi berkah untuk kita AMIEN

Bukannya menghilangan khaidah atau esensi dari jual beli online, namun alangkah baiknya jika ingin berbelanja "Khusus di OLX.co.id" sebaiknya menggunakan metode Cash On Delivery (COD) saja. Cari barang yang anda ingin satu wilayah atau satu lokasi dengan tempat berada anda sekarang. Karena di OLX tidak memiliki sistem penjamin atau rekening bersama (rekber) seperti di toko online lainnya (Bukalapak, Tokopedia, Blibli dll).

Jika seller berada di Luar Kota

Jangan gegabah asal transfer uang. Tanyakan ke sellernya terlebih dahulu bisa COD apa tidak? Jika bisa, mintakan tolong teman atau saudara anda untuk kroscek dahulu lokasi dan kondisi barang yang dijual seller sesuai apa tidak dengan di deskripsi iklannya. Jika sebaliknya seller menolak COD, harap anda waspada.

Search dulu nomor hp, nomor rekening di google. Cari info sebanyak banyaknya. Pastikan si seller tidak pernah terlibat dalam kasus kriminal atau penipuan. Ada satu saja kasus negatif, langsung tinggalkan saja.

Barang yang Dijual Fiktif atau Bukan?

Jika komunikasi dilakukan via app sosial seperti Whatsapp, Line atau BBM. Coba mintakan ke seller foto barang beserta identitas seller atau foto barang beserta bukti resi pengiriman atau kalau perlu foto barang beserta si penjual sedang memegang barang. (Ingat fotonya harus jadi satu, bukan foto barang sendiri, foto identitas sendiri). Hal ini merupakan upaya preventif untuk meminimalisir penipuan online. Karena kalau niatnya seller menipu, biasanya foto barang hanya ambil di google bukan foto hasil jepretan pribadinya.

olx tolong dong responnya,, akun saya di blok padahal saya bener jualan bukan mau tipu orang,, saya sudah bolak-balik kirim mail tapi sampe sekarang tidak ada penyelesaiannya,, bagaimana ini katanya situs no 1 tapi layanannya bobrok,,

Sy jg baru ketipu nih sm olx,gimana cara kita sampaikan keluhan

saya korban penipuan di situs olx!

Selamat sore admin olx, saya mau nanya jika saya salah transfer uang dan iklan sudah di hapus, bisakah saya mendapat data pemasang iklan (email, alamat ) yg di register oleh olx..? Biar proses selanjutnya saya yg akan mencari orang tersebut. Thanks admin maju terus olx..

Selamat sore admin olx, saya mau nanya jika saya salah transfer uang dan iklan sudah di hapus, bisakah saya mendapat data pemasang iklan (email, alamat ) yg di register oleh olx..? Biar proses selanjutnya saya yg akan mencari orang tersebut. Thanks admin maju terus olx..

ada akun yang usil dan memberikan comment kasar di akun saya... bagaimana ?

akun di blokir di olx, minta no telp headquarter office jakarta donk agan agan, jangan no telp yang diatas ya, karena ketika ditelp katanya kantor asuransi...02152903337 no kantor asuransi nih...

Kalau mau belanja online jangan sekali-kali transfer pembayaran ke rek BRI mas. Karena kebanyakan Penipu ngasih no rek BRI. Di karnakan BRI tidak mau tau tentang ini.
Usahakan kalau mau belanja BANK BCA / Mandiri. Krena ke 2 bank ini Bisa bertanggung jawab jika ada penipuan. Ingat waspada penipuan transfer ke BRI

Tolong info dong tentang pembelian saldo olx.
Sy sudah transfer saldo rp 250000. Dan sudah dapat email berhasil. Tapi saldo promosi sy masih 0 (nol) tenks

Tolong info dong tentang pembelian saldo olx.
Sy sudah transfer saldo rp 250000. Dan sudah dapat email berhasil. Tapi saldo promosi sy masih 0 (nol) tenks

Kalau mau belanja online jangan sekali-kali transfer pembayaran ke rek BRI mas. Karena kebanyakan Penipu ngasih no rek BRI. Di karnakan BRI tidak mau tau tentang ini.
Usahakan kalau mau belanja BANK BCA / Mandiri. Krena ke 2 bank ini Bisa bertanggung jawab jika ada penipuan. Ingat waspada penipuan transfer ke BRI

Kalau iklan ditolak karena kesalahan kita sih gak masalah, yg menjengkelkan adalah iklan ditolak karena aplikasinya secara konyol mengambil nomor handphone kita dan menambahkannya ke iklan dengan format yg tidak sesuai ketentuan OLX sendiri. How stupid...

Olx skrg iklan bnyak orang iseng doang, ane jauh2 dr rumah niat cod pas udah nyampe tempat tujuan trus dgn santai nya di cancel, parah bnget tuh yg pasang iklan. Ingat karma pasti berlaku gan..

Pertama kali saya mencoba untuk belanja di olx . Pertama kali juga saya di tipu seorang yg bekerja sama dengan olx . 3hari lalu saya trf uang sejumlah 850k sama yg masang iklan di olx, dia berjualan barang" aneka ragam motor . Sya order brng ke dia Fairing Depan Ninja Fi 250.Setelah di trf barang sama tdk langsung di kirim, malah saya diminta untuk trf uang tambahan sejumlah 4jt.dan ongkir 300rb pdahal dia bilang itu dh termasuk ongkir,, itu lokasi di daerah surabaya . Saya trf atas nama TUTI ANJELI dengan Bank PERMATA BANK . Nma olshopnya TOKO MRF MODIFIKASI..saya order n trf tgl(18 Juni 2016)sy mohon bantuannya dong dr pihak olx.agar tidak takut untuk berlangganan kembali di olx..terimakasih

Pertama kali saya mencoba untuk belanja di olx . Pertama kali juga saya di tipu seorang yg bekerja sama dengan olx . 3hari lalu saya trf uang sejumlah 850k sama yg masang iklan di olx, dia berjualan barang" aneka ragam motor . Sya order brng ke dia Fairing Depan Ninja Fi 250.Setelah di trf barang sama tdk langsung di kirim, malah saya diminta untuk trf uang tambahan sejumlah 4jt.dan ongkir 300rb pdahal dia bilang itu dh termasuk ongkir,, itu lokasi di daerah surabaya . Saya trf atas nama TUTI ANJELI dengan Bank PERMATA BANK . Nma olshopnya TOKO MRF MODIFIKASI..saya order n trf tgl(18 Juni 2016)sy mohon bantuannya dong dr pihak olx.agar tidak takut untuk berlangganan kembali di olx..terimakasih

Pertama kali saya mencoba untuk belanja di olx . Pertama kali juga saya di tipu seorang yg bekerja sama dengan olx . 3hari lalu saya trf uang sejumlah 850k sama yg masang iklan di olx, dia berjualan barang" aneka ragam motor . Sya order brng ke dia Fairing Depan Ninja Fi 250.Setelah di trf barang sama tdk langsung di kirim, malah saya diminta untuk trf uang tambahan sejumlah 4jt.dan ongkir 300rb pdahal dia bilang itu dh termasuk ongkir,, itu lokasi di daerah surabaya . Saya trf atas nama TUTI ANJELI dengan Bank PERMATA BANK . Nma olshopnya TOKO MRF MODIFIKASI..saya order n trf tgl(18 Juni 2016)sy mohon bantuannya dong dr pihak olx.agar tidak takut untuk berlangganan kembali di olx..terimakasih

Tolong bantuannya dari pihak olx ...
Baru kali ini saya kena tipu d.olx membeli motor satria hiu seharga 2 juta plus pulsa 300ribu yg di minta oleh pihak pengirim.nya ....
Nama penjual : BISRY MUSTOFA
NO HP : 081525783642
NO PIHAK PENGIRIM BARANG...
1, 081525992990
2, 082189548482
3, 085222363815
4, 085340952736

Mohon kebijaksanaan.nya dan rasa manusiawinya dari pihak OLX

Min. Tolong di bantu. Ade ku beli motor cb th 73. An Fachrudin. Motor ny ada disukabumi. Tapi motor ny di jakarta selatan. ga ke screenshoot,skrng iklan ny sudah ga ada di olx. Ade ku ud tf 4,9jt tuk biaya motor ny saja. Tp tiba2 hp ny ga aktif . Ga ada konfirmasi ny. Lalu tiba-tiba ada tlp yg mengaku herona ekspress,dia tlp Ade ku mnt uang jaminan/asuransi buat di perjalanan.dr situ z ga masuk akal.
Smpe saat ni di hubungi ga aktif no ny, n barang yg diiklan kn di olx sudah tdk ada. Ade ku sudah tf ke norek bri 007901059143507 an Jihan Munandar( tu norek yg diksh penjual)

Mksud ku motor ny ada di sukabumi. Tapi motor ny plat Jakarta Selatan itu pengakuan dari penjual.

Blokir situs olx,,
Baru kemarin keluarga saya kena tipu, 7jt pembelian honda vario merah 2013 yg penipu bernama solahkan mengaku anggota TNI, tolong pak polisi lacak rekening tersangka tsb 0885-01-035143-53-4
situs ini bisa bikin kerugian, gmn indonesia mau damai, hukuman mati lah berlaku, bogor jawa barat

Parah ni ya olx ga ada bertindaknya, olx lah yg harus ganti rugi, dy yg punya situs dy harus tanggung jawab, apa olx mau d sebut tempat penipuan jual beli online, sintingggggg

Parah ni ya olx ga ada bertindaknya, olx lah yg harus ganti rugi, dy yg punya situs dy harus tanggung jawab, apa olx mau d sebut tempat penipuan jual beli online, sintingggggg

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.