Contoh Membuat Kata Pengantar Skripsi Yang Baik dan Benar

Salah satu tahapan dalam membuat suatu penyusunan skripsi adalah pembuatan Kata Pengantar. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, pembuatan kata pengantar biasanya kita lakukan sesudah menyelesaikan atau merampungkan bab - bab yang ada di dalam pembuatan skripsi. Walaupun letak atau posisi penempatan Kata Pengantar ini sendiri ditempatkan pada bagian depan suatu buku atau dalam konteksi ini berada di Pendahuluan di dalam Skripsi itu sendiri.


Penjelasan dan Contoh Kata Pengantar

Saya rasa tidak terlalu sulit untuk membuat sebuah kata pengantar yang baik. Secara umum apa yang akan kita tuliskan di dalam kata pengantar itu sendiri adalah ucapan rasa syukur dan terima kasih penulis kepada Tuhan Yang Maha Esa serta pihak - pihak baik itu dosen, keluarga, maupun teman - teman yang telah membantu menyelesaikan skripsi penulis. Di paragraf akhir biasanya penulis menuangkan harapan serta doa agar skripsi yang penulis buat menjadi bermanfaat serta kesediaan menerima kritik dan saran.

Sebagai contoh, berikut saya tampilkan Kata Pengantar buatan saya pribadi ketika saya membuat skripsi yang berjudul "Aplikasi Manajemen Alat Tulis Kantor Berbasis Web (Studi Kasus PT. PLN (Persero) Area Yogyakarta)" ketika menyelesaikan studi S1 Teknik Informatika :

Assalamu’Alaikum Wr Wb

Puji syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat dan atas segala limpahan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berbentuk skripsi ini sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya yang selalu eksis membantu perjuangan beliau dalam menegakkan Dinullah di muka bumi ini. Sehingga tugas akhir yang berjudul “Aplikasi Manajemen Alat Tulis Kantor Berbasis Web (Studi Kasus PT. PLN (Persero) Area Yogyakarta)” dapat diselesaikan. Tugas akhir ini merupakan syarat terakhir yang harus ditempuh untuk menyelesaikan pendidikan pada jenjang Strata Satu (S1), pada Jurursan Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Dalam penulisan skripsi ini, tentunya banyak pihak yang telah memberikan bantuan baik moril maupun materil. Oleh karena itu penulis ingin menyampaikan ucapan terimakasih yang tiada hingganya kepada :
  1. Bapak Hidayatulah Himawan ST., M.M., M.Eng., selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. 
  2. Ibu Wilis Kaswidjanti, S.SI., M.Kom. selaku Sekretaris Jurusan Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta dan Dosen Pembimbing I atas kritik, saran, motivasi dan bimbingan yang diberikan kepada penulis dalam menyelesaikan tugas akhir ini. 
  3. Bapak Heru Cahya Rustamaji, S.SI., M.T selaku Dosen Pembimbing II atas kritik, saran, motivasi dan bimbingan yang diberikan kepada penulis dalam menyelesaikan tugas akhir ini. 
  4. Ibu Hafsah, S.Si., M.T. selaku dosen wali, yang telah memberikan arahan, bimbingan, semangat, motivasi, dorongan, canda tawa, dan berbagi pengalaman selama kuliah di Teknik Informatika. 
  5. Seluruh Dosen dan Pegawai Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta atas keramahan, dukungan dan bantuan yang diberikan kepada penulis dalam menyelesaikan tugas akhir ini. 
  6. Ibu Rachmawati selaku Assistant Analyst Manajemen Mutu dan Ikhwan Cahyono selaku Junior Analyst Mapping Data Jaringan Dan Pelanggan di PT. PLN (Persero) Area Yogyakarta atas perijinan, bantuan, penjelasan, kritik dan sarannya yang diberikan ketika penulis melakukan penelitian di PT. PLN (Persero) Area Yogyakarta sehingga tugas akhir akhir dapat terselesaikan. 
  7. Secara khusus penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada Ayahanda yang penulis banggakan Suswanto dan Ibunda penulis tercinta Ria Diatmi dan kakak penulis Nila Widi Purbaningrum beserta suaminya mas Adiatma Nugraha dan si kecil Afrina Syarefaa Ghaida Nugraha yang telah banyak memberikan senyum manisnya, dukungan dan pengorbanan baik secara moril maupun materil sehingga penulis dapat menyelesaikan studi dengan baik, lancar dan tepat waktu. 
  8. Seluruh teman - teman Equality 2010 yang telah menjadi keluarga penulis selama 4 tahun terima kasih atas dukungan dan kebersamaannya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ini dengan tepat waktu. 
  9. Teman - teman KKN MS09 atas pengertian, support dan kebersamaannya dalam mengerjakan skripsi ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu. 
  10. Teman – teman kos Wisma Rayan, Seturan atas motivasi dan dukungannya sehingga penulis bisa menyelesaikan tugas akhir ini. 
  11. Dan semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Terima kasih banyak.
Tentunya sebagai manusia tidak pernah luput dari kesalahan, penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, Oleh karena itu saran dan kritik yang konstruktif dari semua pihak sangat diharapkan demi penyempurnaan selanjutnya. Akhirnya hanya kepada Allah SWT kita kembalikan semua urusan dan semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi penulis dan para pembaca pada umumnya. Semoga Allah SWT meridhoi dan dicatat sebagai ibadah disisi-Nya, amin. 

Wassalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

Yogyakarta, 20 Agustus 2014


Aditya Dwi Cahyo Nugroho

Mungkin cukup sekian sedikit pengalaman dan ilmu yang bisa saya bagi dalam hal pembuatan Kata Pengantar ini. Apabila anda ingin menggunakan referensi ini sebagai panduan pembuatan kata pengantar dengan senang hati silahkan anda copy paste. Namun jangan lupa untuk mengganti judul skripsi, nama orang serta komponen - komponen lainnya sesuai dengan skripsi yang anda buat. Ada yang belum jelas, monggo di diskusikan melalui kotak komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

11 comments

jdi inget wktu zaman kuliah dulu kang, bkin skripsi sungguh tidaklah mudah , bahkan bisa memakan wktu yg sangat lama hehehe , ,
smoga artikel cara membuat kata pengantar skripsi ini, bisa membantu para mahasiswa/mahasiswi yg sdang melasanakan tugas skripsinya :)

wah mantap sob, ketahuan yang baru wisuda nie,hahahaha

Mungkin beberapa bulan lagi saya buka artikel ini mas, siap untuk skripsi lah pokoknya

aku gak ngerti dan gak pernah bikin skripsi,orang gak pernah kuliah,hehee,apa kabar mas adit

Iya mas Hari belum lagi kalau udah berurusan dengan setan yang namanya Malas. Dijamin ga kelar - kelar deh, walaupun keluarga dan kerabat udah ngasih motivasi kalau ga kitanya sendiri yang bangkit ya ga bakal bisa :D #PenglamanPribadi :D

Wisudanya di bulan Oktober 2014 Kemarin mas. Ya udah hamir 3 bulan setelah saya nulis artikel ini. :)

Masih kuliah ya mas. Ngomong - gomong ambil jurusan apa?

Setiap yang kuliah S1 pasti bakal menemui skripsi terkecuali yang ngambil jalur non skripsi. :) Alhamdulillah Kabar baik sehat walafiat mas.

Saat menulis skripsi, bagian yang paling menyenangkan untuk saya tulis adalah bagian kata pengantar ini, hahaha....

sip lah sob haha,, boleh untuk tambahan karya tulis saya nantinya.. makasih infonya berguna banget untuk pembaca terutama kpda saya yg membutuhkan ide... :)

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.