7 Cara Kurangi Dampak Radiasi pada Handphone Smartphone

Semakin cepat perkembangan Smartphone yang menawarkan berbagai fitur dan kelebihan yang mana bisa memikat hati para kalangan masyarakat. Hal ini tentu saja bisa dilihat sudah banyak sekali masyarakat yang memiliki berbagai merk Smartphone. Namun apakah kita sadar bahaya radiasi yang bisa ditimbulkan oleh Smartphone yang sering Anda gunakan tersebut? Tentu mungkin efek radiasi yang ada pada Smartphone tidak terlalu besar dan tidak memberikan efek yang cukup terasa oleh tubuh kita namun tetap saja ada efek samping yang bisa ditimbulkan jika kita terus menerus terkena radiasi Smartphone.

Tidur dengan handphone
Ilustrasi : Tidur Disamping smartphone

Smartphone sendiri  menggunakan radiasi elektromagnetik dalam rentang microwave. Sistem nirkabel digital lainnya, seperti jaringan komunikasi data, menghasilkan radiasi yang sama. Sebuah divisi dari organisasi kesehatan dunia (WHO), telah mengumumkan bahwa ada kemungkinan resiko kanker otak terhadap penggunaan ponsel terkait dengan radiasinya. Hal ini terungkap setelah mereka memeriksa lusinan studi pada ponsel yang telah diterbitkan. Jadi ada baiknya bisa menyimak beberapa tips untuk menetralisir efek radiasi Smartphone berikut ini :

1. Gunakan Loud Speaker

Dalam kondisi tertentu apabila anda sedang berada di ruangan terbuka sebaiknya gunakan saja fitur pengeras suara atau lebih sering kita kenal dengan loud speaker. Jangan terlalu sering melakukan telfon yang mana ketika melakukan telfon tentu Smartphone akan dekat sekali dengan kepala kita.

2. Jangan Lupa mematikan Fitur Bluethooth

Seperti yang kita tahu fitur bluetooh ini sering digunakan ketika ingin memindahkan atau mentransfer data berupa foto, musik ataupun juga video. Tentunya ada radiasi yang terpancar dari bluetooh ini. Jadi ada baiknya jika sudah memakai langsung mematikan bluetooh jangan biarkan terlalu lama aktif tentu semakin lama aktif tentu kita akan semakin lama terkena efek radiasinya. Karena kadang kita sering lupa meamtikan fitur ini sesudah memakainya.

3. Aktifkan fitur Wifi / Paket Data Seperlunya saja

Menggunakan wifi sebaiknya jika kita sedang berada di tempat - tempat yang mempunya koneksi wifi cepat. Karena jika koneksifitas wifi tempat anda berada lemah, maka akan meningkatkan sumber daya handphone untuk mencari dan memperoleh koneksi terkuat. Tentunya juga disertai dengan meningkatnya efek radiasi. Begitu pula dengan paket data yang sedang anda gunakan. Karena hal ini juga akan berpengaruh pada daya baterai pada smartphone kita.

4. Mengganti Posisi Telepon ketika sedang melakukan atau menerima panggilan

Dalam hal ini kita bisa mengakalinya dengan sealu beralih telinga dengan teratur ke kanan atau kiri dimana hal ini tentunya bisa membatasi kontak yang terlalu lama pada satu sisi yang mana bisa mengurangi resiko terkena kanker otak pada sisi kepala dimana Smartphone yang sering gunakan.

5. Perhatian Sinyal Smartphone

Jika Anda melihat sinyal Smartphone sedang lemah sebaiknya jangan gunakan terlebih dahulu karena ketika sinyal melemah Smartphone akan mencoba memacu daya tarik sinyal dan dalam hal ini tentunya radiasi yang dikeluarkan akan semakin kuat, jadi cobalah untuk lebih teliti dalam masalah ini. Terutama ketika Anda melihat sinyal Smartphone sedang naik turun dengan cepat.

6. Jangan taruh telepon di dekat tempat tidur anda

Sebaiknya untuk Anda yang sering menaruh Smartphone didekat tempat tidur ketika waktu tidur jangan diteruskan kebiasaan ini. Letakan jauh dari kepala Anda karena pada dasarnya ada medan elektromagnetika yang bisa mengurangi produksi melatonis didalam tubuh kita yang nantinya bisa beresiko menimbulkan penyakit kanker untuk itu sebaiknya jangan lakukan biarkan kebiasaan ini dari sekarang. Terlebih lagi kebiasaan kertergantungan untuk memakai Smartphone terlalu lama, hal ini juga harus dikurangi dan lebih baik lakukan aktifitas seperti olahraga yang jauh lebih bermanfaat.

7. Matikan Handphone Ketika Anda tidur.

Solusi terakhir untuk meminimalisir efek radiasi dari suatu handphone adalah dengan mematikan handphone itu sendiri ketika sedang tidak digunakan dalam jangka waktu lama semisal ketika anda tidur. Handphone jaman sekarang juga sudah dilengkapi dnegan fitur smart alarm walaupun kondisi handphone dalam keaadaan mati tapi tetap bisa menyalakan fungsi alarm.  Kadang kita berpikir ribet harus menghidupkan handphone ulang, mengatur jam tanggal dan lain sebagainya kalau ada hal yang bersifat mendadak. Tapi ingatlah yang namanya mencegah lebih baik daripada harus mengobati.

Jadi itulah beberapa tips untuk meminimalisir radiasi pada Smartphone. Tentunya hal-hal tersebut bisa kita lakukan dan praktekan sendiri supaya bisa terhindar dari masalah radiasi Smartphone yang bisa mengacu pada perkembangan otak dan bahkan bisa menimbulkan resiko kanker otak. Semoga apa yang sudah diberikan diatas bisa bermanfaat untuk Anda.

7 comments

Aku pribadi termasuk orang yang nggak bisa mematikan kuota atau data paket, internet selalu ontime soalnya pekerjaan 80% online

ternyata pemakaian smartphone terlalu dekat atau sering itu banyak juga bahaya nya ya gan,apalagi saya juga termasuk orang yang suka simpen android di dekat kepala kalau tidur.harus segera diperbaiki cara penyimpanan nya,terimakasih banyak atas informasinya,sangat bermanfaat sekali

wah ternyata pemakaian smartphone terlalu lama dan terlalu sering itu dapat menyebabkan hal negatif terjadi pada tubuh kita,, apalagi saya kalau tidur suka di simpen di bantal dekat dengan kepla,,dn mulai sekarang harus di perbaiki menjadi lebih baik,,terimaksih informasinya gan,,sangat bermnfaat sekali..

radiasi dari smartphone sangat berbahaya sekali untuk kesehatan kita,harus dihindari dengan cara yang benar agar kita terhindar dari bahaya eletronik yang kita punya.

sungguh sangay berbahaya sekali radiasi walaupun dari barang elektronik seperti handphone

terimakasih atas informasinya,mudah2 an banyak orang yang sadar bahwa tidur dekat dengan smart phone itu berbahaya bagi kesehatan kita.

Terima kasih pencerahannya, saya jadi tahu bahanya apa,,,

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.