7 Tips Agar Baterai Smartphone Hemat & Tidak Cepat Habis Boros

Sudah banyak sekali Smartphone yang beredar dipasar global, walaupun terbilang menawarkan teknologi yang canggih dan modern, namun hampir semua Smartphone memiliki baterai yang boros. Mengapa demikian? Tentu hal ini karena Smartphone didesain untuk bisa dengan mudah mengakses data internet mulai dari media sosial dan juga paket internet yang mampu mendukung kecepatan yang lebih cepat. 

7 Tips Agar Baterai Smartphone Hemat & Tidak Cepat Habis Boros

Dalam hal ini biasanya para pengguna Smartphone seringkali mengaktifkan paket data standby seharian penuh sehingga wajar saja jika baterai Smartphone terbilang jauh lebih boros. Boros atau tidaknya terkadang bukan tergantung dari kapasitas baterai namun bagaimana cara Anda sebagai penggunanya menggunakan Smartphone tersebut. Untuk itu sebaikanya bisa langsung saja simak beberapa tips untuk membuat baterai Smartphone tidak cepat habis yakni sebagai berikut:

1. Charge Handphone Dalam Keaadaan Mati

Cobalah untuk membiasakan ketika mengecas Smartphone, taruhlah Smartphone dalam keadaan mati dan jangan digunakan terlebih dahulu. Hal ini tentu saja bisa membuat Smartphone lebih cepat terisi penuh dan baterainya akan jauh lebih bisa bertahan lama. Tentu saja hal ini mungkin sangat sulit untuk Anda yang selalu aktif dalam media sosial, namun memang Anda jika ingin baterai Smartphone bisa bertahan lama lakukan kebiasaan ini

2. Gunakan Headset

Jika memang ingin mendengarkan musik gunakan headset untuk lebih menghemat baterai Smartphone, jika mendengarkan musik dengan mengunakan loudspeaker tentu akan menambah daya serap baterai menjadi lebih boros.

3. Minimalkan Multitasking

Menggunakan beberapa aplikasi sekaligus dalam stau waktu memang fitur smarphone jaman sekarang ini. Namun itu terkadang tak didukung dengan management konsumsi daya yang baik pula.  Jangan menjalankan terlalu banyak aplikasi dalam waktu yang sama, karena tentu saja hal ini bisa mendorong Smartphone cepat panas.

Rajinlah untuk selalu menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan, seperti halnya media sosial yang jika Anda sudah tidak ingin menggunakanya bisa langsung ditutup saja. Hal ini seringkali dihiraukan oleh para pengguna Smartphone yang membiarkan aplikasi-aplikasi berjalan tanpa ditutup terlebih dahulu akibatnya baterai jadi lebih cepat habis.

4. Matikan Wifi
 
Jangan lupa untuk selalu mematikan Wifi atau Bluetooth sehabis dipakai, hal ini juga seringkali dilupakan oleh para pengguna Smartphone yang sering membiarkan bluetooth dan Wifi tetap hidup walaupun sudah tidak dipakai lagi

5. Atur Cahaya Layar

Aturlah tingkat kecerahan layar Smartphone, jangan mengatur kecerahan layar terlalu terang jika berada ditempat yang terang bisa atur saja dengan tingkat kecerahan yang paling kecil atau setengah saja. Dan jangan memasang walpaper animasi bergerak hal ini juga bisa membuat daya baterai lebih cepat habis.

6. Matikan GPS

Matikan fitur GPS jika Anda tidak memerlukanya, dimana Anda bisa mencoba untuk membuka kembali fitur tersebut jika memang dibutuhkan. Hal ini seringkali dilupakan oleh para pengguna Smartphone fitur GPS selalu aktif dan ini tentu saja membuat daya baterai lebih cepat habis.

7. Gunakan Lampu LED Seperlunya

Matikan lampu LED jika tidak dibutuhkan terutama jika Anda sedang mengambil foto dengan lampu LED atau flash tentu saja bisa membuat daya baterai juga menjadi lebih cepat habis, sebaiknya fitur tersebut dimatikan saja untuk lebih menghemat daya baterai Smartphone

Jadi itulah beberapa tips yang bisa dibagikan pada postingan kali ini yang mana tentunya bisa Anda coba terapkan untuk membuat daya baterai Smartphone menjadi lebih tahan lama dan juga sebaiknya Anda ubah kebiasaan yang terlalu sering menggunakan Smartphone. Semoga apa yang sudah diberikan diatas bisa bermanfaat untuk Anda.

5 comments

hp saya di carger tapi engga masuk2 malahan berkurang sendiri batre nya, tapi ketika carger ada gambar kaya listrik yang tanda nya daya udah masuk, kira2 kenapa ya

Tandanya ada yang tidak beres dengan bagian port usb charger nya mbak atau di jalur pengisian daya menuju baterainya. Berhubung saya bukan spesialis reparasi handphone, langsung saja di bawa ke ahlinya :)

Kalau GPS sih saya jarang nyala, tapi kalau Wifi sering dibiarkan nyala,,,

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.