Hubungan Taraf Hidup Pegawai dengan Upah atau Gaji yang Diterima

Semua pegawai yang bekerja pasti memerlukan upah atau gaji sesuai dengan beban pekerjaan yang sudah dikerjakan selama sebulan. Upah untuk pegawai merupakan motivasi utama seorang pekerja. Untuk itu pentingnya bagi perusahaan selalu mengatur pembagian gaji bagi karyawannya. Ketepatan waktu dan akurasi merupakan dua hal utama. Bagaimana caranya? Yuk disimak :


Ketepatan Waktu Memberikan Gaji

Bisa dibayangkan kacaunya ketika karyawan sangat membutuhkan gaji diawal bulan tetapi perusahaan gagal memberikannya tepat waktu. Untuk mengatur pembagian gaji karyawan, perusahaan tidak bisa hanya mengandalkan sistem manual saja. Sekarang ini sudah ada pihak ketiga yang bisa membantu para perusahaan untuk tidak repot untuk memastikan para karyawan menerima gaji.

Pihak ketiga tersebut merupakan penyedia aplikasi Payroll. Anda dapat menemukannya pada LinovHR. Ada beberapa alasan kenapa perusahaan harus memakai aplikasi Payroll yang bukan hanya membagikan gaji karyawan tapi juga mengelola data.

Pengelolaan Data Karyawan

Data karyawan adalah dasar dari pengelolaan gaji. Dimulai dari mesin absensi yang bisa menginput data kehadiran karyawan. Aplikasi payroll seperti LinovHR langsung bisa mendeteksi kehadiran karyawan setiap bulannya. Jumlah kehadiran pun bisa langsung dikalkulasikan dan dikategorikan menurut departemennya masing-masing lengkap berikut deskripsi pekerjaannya. Walaupun dilakukan di shift yang berbeda, aplikasi payroll mampu langsung mengkategorikan pekerja berdasarkan hari dan jam masuk. Dengan begitu perhitungan manual tidak akan dibutuhkan lagi.

Akurasi Perhitungan Gaji

Selain ketepatan perusahaan dalam mendistribusikan gaji karyawan, hal terpenting lain yaitu akurasi atau jumlah gaji. Seringkali sistem manual akan memberikan gaji dengan dihitung dari departmen satu dan yang lainnya dengan jumlah yang beragam sehingga kesalahan akurasi jumlah sangat besar kemungkinannya. Aplikasi payroll LinovHR menghitung dengan sistem sehingga kesalahan hitung tidak mungkin terjadi.

Menilai Prestasi Kerja Karyawan

Bukan hanya digunakan untuk pembagian gaji karyawan, LinovHR juga digunakan sebagai basis data untuk menyimpan pekerjaan karyawan untuk selanjutnya dievaluasi. Hal ini memudahkan para supervisor dalam memonitor setiap departemen.

Tanpa harus menunggu laporan bulanan ataupun tahunan, atasan bisa melihat langsung hasil kerja. Akan tetapi kebutuhan akan server berkapasitas maksimal sangatlah diperlukan karena biasanya karyawan akan mengupload dalam berbagai media.

Dengan kata lain, karyawan adalah salah satu aset dari perusahaan yang tidak boleh diremehkan keberadaannya karena itu merupakan salah satu faktor produksi. Oleh karena itu pengolahan atau manajemen karyawan berupa data yang akan mengacu pada manajemen pembagian gaji. Dengan digunakannya LinovHR maka perhitungan gaji akan jadi akurat dan segala resiko akan diminimalisir.

Tidak perlu menghitung semuanya secara manual karena software LinovHR sudah mengintegrasikan semua yang perusahaan butuhkan. Karyawan pun bisa memeriksa data mereka termasuk slip gaji dan mencocokkan kembali dengan pekerjaan sehari-hari.

Jadi tunggu apa lagi? Gunakan Aplikasi Payroll berbasis web LinovHR!

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.