5 Tips memilih Apartement Untuk Investasi Jangka Panjang

Keberadaan apartemen sebagai salah satu jenis tempat hunian merupakan salah satu solusi untuk memberikan tempat tinggal yang aman dan nyaman. Tinggal di suatu apartemen tentu memberikan beberapa keunggulan yang mungkin tidak anda temukan di jenis hunian lain.

5 Tips memilih Apartement Untuk Investasi Jangka Panjang
Photo : Memilih Apartement Untuk Investasi Jangka Panjang
.
Namun selain sebagai fungsi tempat tinggal, salah satu pertimbangan alasan mengapa memilih apartement adalah karena alasan inventasi di masa depan. Investasi merupakan suatu hal yang lumrah bagi kita di masa kini. Tingkat kebutuhan hidup yang kian hari kian meningkat menjadikan investasi dalam bentuk property apartment merupakan suatu hal yang sangat menjanjikan potensinya.

Untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi dari investasi apartemen, tentu Anda tidak boleh sembarangan memilih unit properti tersebut. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memperoleh unit apartemen yang tepat dan membuat nilainya semakin melonjak. Berikut beberapa tips dalam memilih apartemen untuk investasi Anda.

Nah beberapa tips dibawah ini mungkin bisa membantu rekan - rekan semua dalam menentukan atau memilih seperti apa yang bisa dijadikan lahan investasi masa depan rekan semua.

1. Membeli Apartment di Waktu Yang Tepat

Waktu dalam mendapatkan suatu property apartement adalah salah satu poin kunci dlam berinvestasi. Suatu Apartement dijual oleh tim marketing mereka dalam tiga kategori pada umumnya yakni sebelum launching / pre-launching, saat launching dan sesudah apartemen selesai dibangun.

Harga bangunan apartement sebelum launching tentu saja akan lebih murah daripada harga ketika launching. Begitu pula harga apartemen ketika launching akan lebih murah daripada harga hunian apartement yang selesai dibangun. Disini kita bisa mengambil kesimpulan membeli apartement sedini mungkin akan membantu kita dalam pengelolaan management keuangan kita. Untuk itu, kita perlu berkomunikasi dan bertukar informasi dengan para pengembang / develepor supayamendapatkan update informasi perihal rencana pembangunan suatu apartemen

Selain memperoleh harga yang ramah di kantong. Membeli hunian apartemen di awal waktu juga akan memberikan kemudahan bagi kita dalam memilih unit apartemen sesuai keinginan dan kebutuhan.

2. Nilai Investasi dan Lokasi Apartemen

Ada banyak teknik dan cara untuk mengkalkulasikan nilai investasi suatu apartment. Banyak sumber dan situs - situs yang telah menyediakan beragam aplikasi perhitungan nilai investasi suatu apartment. Namun umumnya nilai kenaikan suatu bangunan berkisar dari 5% hingga 15% tergantung dalam beberapa hal semisal akses cepat dan mudah menuju moda transportasi seperti terminal, stasiun maupun bandara. Jauh dekatnya jarak dengan rumah sakit, sekolah, tempat ibadah maupun pusat perbelanjaan.

Semakin dekat dengan suatu apartment seperti contohnya Jual Apartemen Jakarta Selatan yang dekat dengan lokasi srategis - strategis tentu membuat potensi investasi akan sangat menguntungkan untuk jangka panjangnya.

Dengan begitu, Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan membuka apartemen di lokasi terpecil dan jauh dari keramaian. Jika berencana menyewakan apartemen, Anda juga lebih mudah menawarkan harga tinggi jika lokasinya sangat strategis

Perlu diingat juga anda juga harus menyesuaikan harga apartemen dengan kemampuan finansial Anda pribadi. Perlu semacam business plan yang matang sebelum anda memilih suatu unit. Perhatikan pula mengenai cara pembayaran dari investasi apartemen tersebut, apakah dengan kredit atau tunai.

3. Status Lahan Suatu Apartemen

Anda pasti tidak mau kan sehabis membeli unit hunian partment tiba - tiba tersangkut kasus hukum maupun dikejar - kejar oleh para dept collector karena ketidakjelasan status lahan tempat dibangunnya apartment?

Sebisa mungkin telusuri terlebih dahulu status lahan secara hukum. Beberapa pengembang terkadang hanya memiliki hak konsensi. Hak konsensi adalah hak untuk mengelola lahan dan bangunan dalam jangka waktu tertentu. Keuntungan pengelolaan tersebut dibagi dengan pemilik lahan misalnya dalam hal ini pemerintah atau pihak lain.

Keuntungannya mungkin sementara misalnya soal akses transportasi, lokasi yang strategis maupun fasilitas yang lengkap. Namun, jika hak tanah sudah habis masa pakainya maka penghuni mau tak mau harus angkat kaki dari apartemen tersebut apapun alasannya dengan uang pengganti yang mungkin saja nilanya jauh lebih rendah dari nilai investasi sebenarnya.

4. Fasilitas Suatu Apartment

Fasilitas yang ada pada suatu apartement akan berpengaruh dengan nilai investasi suatu apartement. Kebetuhan penghuni yang beragam dan kompleks menjadikan fasilitas - fasilitas tambahan seperti swalayan, taman bermain, fasilitas olahraga, area parkir, medical, kolam renang akan sangat - sangat dibutuhkan. Tentu saja jangan sampai dilupakan fasilitas keamanan yang dilengkapi CCTV 24 jam akan berpengarhu dengan nilai investasi suatu apartemen.

Dengan kondisi apartemen yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, maka Anda akan lebih mudah dalam menjalankan serta mengembangkan investasi tersebut. Para pembeli apartment tentu akan lebih tertarik dengan apartemen yang dilengkapi dengan fasilitas - fasilitas sehingga memungkinkan bagi Anda untuk memberikan penawaran harga tinggi.

5. Reputasi Pengembang

Dan tips yang terakhir ialah dengan mencari dan mengetahui reputasi developer atau pengembang. Cara mengetahui reputasi suatu pengembang tersebut ialah dengan melalui kontraktor dan desainer yang telah membangun suatu hunian apartemen.

Dengan begitu kita akan mengetahu apakah pengembang tersebut memiliki tanggungjawab dan sudah terbukti memiliki profesionalitas yang tinggi dan terpercaya. Dengan memilih pengemban yang bagus dan terpercaya, Anda bisa memperoleh jaminan saat menjual apartemen kembali apabila ditubuhkan dengan cara menaikkan nominal harganya.

Itu tadi beberapa tips yang bisa saya share mengenai Pemilihan unit hunian Apartement Untuk Investasi Jangka Panjang. Bijak dan telitilah dalam menentukan ruang investasi untuk masa depan kita. Agar perencanaan finansial yang telah kita atur sedemikian rupa akan berjalan sebagaimana mestinya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.