Kelebihan dan Kekurangan Print Kaos Sublime

Penahkah mendengar istilah teknik printing sublime? Meski belum banyak yang mengenal istilah tersebut, namun pada kenyataannya, teknik printing sublime sudah banyak dilirik oleh jasa print kaos digital. Di satu sisi, teknik printing sublime memiliki beberapa keistimewaan yang menjadi nilai tambah jika dibandingkan dengan teknik desain kaos lainnya. Namun di sisi lain, teknik ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut merupakan ulasan tentang printing sublime yang diharapkan dapat membuka wawasan Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Print Kaos Sublime
Ilustrasi : Print Kaos Sublime
Apa Itu Printing Sublime

Printing sublime, atau juga dikenal sebagai transfer printing, merupakan teknik percetakan kaos sablon dengan menggunakan media ilustrasi gambar digital yang dapat dicetak langsung dalam berbagai ukuran. Transfer printing merupakan teknik pemindahan pola ilustrasi gambar pada kaos dengan menggunakan tinta khusus dan mesin printer.

Pada proses transfer ilustrasi gambar dalam teknik printing sublime, dibutuhkan berbagai jenis komponen, seperti kertas double matte, kertas inkjet atau sublimation. Langkah awal dalam percetakan dengan teknik ini dilakukan dengan membalikkan kaos sehingga bagian dalamnya berada di luar.

Beda Teknik Printing Sublime dengan Teknik Lain

Salah satu keistimewaan teknik printing sublime adalah kegunaannya dalam mencetak sablon dengan ukuran yang besar. Perangkat yang digunakan dalam teknik ini memiliki cakupan cetak 160cm, sehingga dapat dikatakan cukup efisien, namun penggunaan bahan kertas perlu disesuaikan teksturnya.

Salah satu jenis transfer paper yang kerap kali digunakan dalam teknik printing sublime adalah transfer paper Roll to Roll. Jenis kertas ini sangat disarankan untuk digunakan dalam menyablon ketika suhu mesin sudah mencapai batas minimal 200°C. Transfer paper roll dapat diletakkan di atas permukaan kaos yang akan disablon.
Berbeda dengan teknik sablon lainnya, teknik transfer printing tidak menerapkan cara menyabon langsung pada permukaan kain kaos. Pemilihan tinta harus dilakukan dengan cermat agar dapat menghasilkan desain kaos yang kuat dan berkualitas baik. Setelah itu, proses sablon kaos dapat dilakukan melalui pemanasan dan heat press.

Setiap alat pemenuh kebutuhan pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya, termasuk alat printing sublime yang berguna dalam bisnis kaos sablon. Dari berbagai macam cerita pengalaman dan juga masukan-masukan dari para pelanggan, para pebisnis percetakan sablon digital belajar banyak hal tentang bisnis yang digelutinya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan mesin printing sublime:

Kelebihan mesin printing sublime :
  1. Mampu menghasilkan warna yang bervariasi.
  2. Kegiatan mencetak dapat dilakukan dengan cepat.
  3. Sablon dapat mengering lebih cepat dengan mesin press digital.
  4. Dapat meringankan kegiatan mencetak dalam skala besar.
  5. Desain dapat diaplikasikan pada seluruh permukaan kaos.
Kekurangan mesin printing sublime :
  1. Sablon hanya dapat diaplikasikan pada bahan polyester.
  2. Hasil yang diperoleh sangat bergantung pada kualitas kertas dan tinta yang digunakan.
  3. Penggunaannya tidak disarankan bagi pebisnis pemula.
  4. Penasaran dengan hasil printing sublime? Yuk, intip contoh-contohnya di bawah ini.
Sekian ulasan tentang printing sublime yang diharapkan dapat memberikan pencerahan wawasan untuk Anda. Bagi Anda yang memiliki ketertarikan dalam dunia bisnis percetakan sablon, pastikan Anda memiliki mentor yang mampu membantu memberikan solusi. Segera hubungi kami dan dapatkan fasilitas pelayanan yang maksimal.
Diberdayakan oleh Blogger.