3 Plugin WordPress yang Wajib Diinstall di Website Toko Online

Semakin luasnya ragam bisnis saat ini bisa dilihat dari tingginya tren online business yang makin marak dari tahun ke tahun. Adanya internet sebagai most common technology used atau teknologi yang paling sering digunakan, membuat siapa saja mampu menjalankan bisnis  toko online dengan cloud hosting.

3 Plugin WordPress yang Wajib Diinstall di Website Toko Online
Photo: Plugin Wordpress di Website Toko Online

Mengelola sebuah toko online dengan mudah bukan sesuatu yang mustahil lagi. Walau begitu, seringnya para pemula menemui banyak kendala terkait proses pembuatan yang sering dianggap cukup sulit dipahami oleh mereka yang tidak memiliki latar belakang IT.

Macam-macam prosedur pun perlu dilewati untuk memaksimalkan sebuah website toko online. Termasuk jika Anda memanfaatkan hosting dengan WordPress gratis dalam pengelolaannya. Salah satu yang perlu dipahamai adalah tools, seperti plugin.


Berbicara tentang tools yang diperlukan dalam pengelolaan website toko online, salah satu yang harus Anda install adalah plugin. Sebuah toko online akan mampu dikelola dengan baik dan difungsikan website-nya secara maksimal apabila menggunakan plugin yang tepat.

Apa jadinya jika Anda tidak menggunakan plugin untuk memberikan fitur-fitur fungsional di dalamnya? Toko online Anda hanya berupa sebuah website biasa. Tanpa adanya fitur seperti sistem pembayaran, misalnya, website Anda hanya akan seperti etalase toko tanpa mesin kasir untuk melakukan fungsi transaksionalnya.

Sebelum terlambat dan dicap sebagai pemilik online shop yang gaptek, sebaiknya ketahui dulu beberapa jenis plugin yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan performa website toko online Anda. Berikut 3 plugin WordPress yang wajib diinstall pada website toko online :

1. WooCommerce Plugin

3 Plugin WordPress yang Wajib Diinstall di Website Toko Online - WooCommerce Plugin
Photo : WooCommerce Plugin - For Wordpress Website Online Shop

Apabila Anda memiliki hosting khusus eCommerce, WooCommerce bisa jadi alternatif pilihan plugin yang layak dimanfaatkan. Popularitasnya akhir-akhir ini memang semakin meningkat. Tak heran jika makin banyak provider web hosting yang menawarkan service hosting khusus yang terhubung langsung dengan plugin ini.

Bagi para pengguna WordPress, WooCommerce tidak akan terdengar asing di telinga mereka. Plugin ini adalah salah satu dari sekian banyak tools yang sangat berguna untuk sebuah website toko online, terutama untuk mereka yang memiliki hosting khusus eCommerce.

Selain mampu membantu user untuk mengubah website yang berbasis WordPress menjadi sebuah toko online, plugin ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan kegiatan jual-beli beraneka ragam jenis produk. Baik produk fisik maupun digital, Anda bisa memaksimalkan fungsi transaksinya dengan fitur-fitur yang disediakan oleh WooCommerce.


Tidak hanya fitur terkait pembayaran dari pelanggan kepada Anda, WooCommerce pun bisa digunakan untuk menambah fitur dasar lain, seperti metode pengiriman, proses pembayaran hingga pajak. Kemudahan inilah yang akhirnya membuat popularitas plugin ini semakin meningkat.

Jadi, jangan heran jika semakin banyak pula provider web hosting yang menawarkan service hosting khusus yang terhubung langsung dengan WooCommerce. Layaknya WordPress, WooCommerce juga memiliki keunggulan utama berupa fleksibilitas yang membuat pengguna pemula nyaman saat menggunakannya.

Agar bisa menggunakan plugin ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan apapun selama tidak memanfaatkan ekstensi khusus lain yang berbayar dari WooCommerce. Plugin ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki toko online dengan halaman produk yang bisa diatur dan dikostumisasi secara optimal.

2. WC Vendor Marketplace Plugin

3 Plugin WordPress yang Wajib Diinstall di Website Toko Online - WC Vendor Marketplace Plugin
Photo : WC Vendor Marketplace Plugin - For Wordpress Website Online Shop

Bisnis berupa toko online mungkin sudah biasa untuk Anda. Setelah sekian lama berjualan melalui toko online, mungkin ide tentang memperluas jangkauan bisnis mulai terbesit di pikiran Anda. Marketplace bisa jadi salah satu usaha berikutnya yang bisa Anda coba.

Berbeda dengan toko online biasa pada umumnya, sebuah marketplace memerlukan plugin tersendiri yang khusus dipergunakan dalam pengelolaan website sebagai sebuah eCommerce. Plugin yang dapat digunakan untuk membuat marketplace milik Anda sendiri adalah WC Vendor Marketplace.

Sama halnya dengan WooCommerce, WC Vendor Marketplace juga merupakan plugin bagi website berbasis WordPress eCommerce. Perbedaannnya hanya pada fungsi plugin, yaitu untuk mengelola marketplace. Dengan plugin ini, Anda bisa membuat fitur-fitur yang dapat disamakan dengan marketplace seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan lain-lain.


Melalui plugin seperti WC Vendor Marketplace, Anda tidak hanya membangun toko online milik sendiri. Anda bisa mengajak berbagai jenis vendor untuk bergabung di marketplace yang telah dibuat. Dengan mengumpulkan para vendor, Anda tidak hanya menjadi satu-satunya pihak yang untung, namun juga vendor-vendor yang ada di dalamnya.

Agar mendapatkan vendor yang kredibel, Anda bisa melakukan evaluasi dan melakukan filter vendor-vendor mana saja yang pantas untuk masuk ke marketplace yang Anda kelola. Anda juga bisa memutuskan produk-produk seperti apa yang layak dijual di dalamnya, baik produk fisik maupun digital.

Apabila Anda ingin menjangkau banyak vendor, sebaiknya berfokus pada satu niche terlebih dulu. Contoh marketplace yang berfokus pada satu niche  adalah Althea. Marketplace asal Korea ini berfokus pada produk kecantikan, seperti skincare dan makeup. Selain Korea, pasar marketplace ini juga ada di negara-negara lain, seperti Filipina dan Indonesia

Selain Althea, ada juga marketplace seperti Fabelio yang berfokus pada produk furniture maupun Hijup yang menjual produk busana muslim atau modest fashion. Jika Anda tertarik untuk membuat marketplace serupa, Anda bisa memanfaatkan WC Vendor Marketplace dengan biaya sebesar $199 atau kira-kira Rp. 2.827.491 per tahun.

3. WordPress Simple PayPal Shopping Cart Plugin

3 Plugin WordPress yang Wajib Diinstall di Website Toko Online - WordPress Simple PayPal Shopping Cart Plugin
Photo : WordPress Simple PayPal Shopping Cart Plugin - For Wordpress Website Online Shop

Tidak puas hanya berkutat pada market lokal? Saatnya untuk memperluas target konsumen ke market internasional dan menggaet lebih banyak pelanggan dari luar negeri. Jika usaha Anda sudah merambah pasar luar negeri, jangan lupa untuk menambahkan pilihan fitur pembayaran yang bisa dijangkau pelanggan internasional, seperti PayPal.

Untuk mampu menambahkan fitur PayPal, Anda perlu memanfaatkan plugin khusus yang menyediakan fitur tersebut, seperti WordPress Simple PayPal Shopping Cart. Dengan menggunakan plugin ini, opsi Add to Cart bisa ditambahkan di halaman mana saja pada website bisnis atau toko online yang dimiliki.


Penggunaaa plugin WordPress Simple PayPal Shopping Cart mudah menambahkan barang yang ingin dibeli dan melakukan pembayaran via PayPal. Selain itu, plugin ini memungkinkan Anda untuk menyediakan dan menjual berbagai produk dalam bentuk fisik maupun digital. Bahkan terdapat pula beberapa pilihan tingkat lanjut, seperti pilihan untuk melakukan customize halaman checkout dan pengaktifan diskon.

Secara keseluruhan, plugin seperti WordPress Simple PayPal Shopping Cart saudah menawarkan fitur yang cukup spesifik bagi para pemilik toko online. Tidak hanya fitur berupa pembauaran via PayPal, Anda pun dapat menambahkan pilihan untuk melakukan customize halaman checkout dan pengaktifan diskon bagi para pelanggan.

Kesimpulan

Memiliki latar pendidikan di luar dunia IT tidak akan menjadi penghalang bagi Anda yang baru memulai usaha online. Dengan berbagai tools yang tersedia bagi para pengguna WordPress, Anda akan lebih mudah memahami penggunaan berbagai plugin untuk mengelola berbagai jenis toko online.

Jangan pernah malu untuk bertanya pada para pakar dan mencari tahu informasi lebih banyak mengenai pengelolaan website toko online, terutama tentang penggunaan plugin. Jika Anda telah memahami WordPress sebagai CMS, pemahaman seputar plugin yang harus digunakan pun akan lebih mudah dikuasai. Selamat mencoba!
Diberdayakan oleh Blogger.