5 Cara Menjaga Konsistensi Menulis di Blog di Tengah Jadwal Acara yang Padat

Saat Anda mengelola sebuah toko online dengan vps murah, Anda juga harus mengelola blog sebagai salah satu media pemasarannya. Dalam sebuah website, blog telah banyak dimanfaatkan untuk menampung berbagai jenis informasi. Adanya blog dapat membantu pelanggan Anda untuk memahami produk dengan lebih baik.

Ilustrasi : Seorang Blogger atau Content Writter sedang mencari ide tulisan
Ilustrasi : Seorang Blogger atau Content Writter sedang mencari ide tulisan

Adanya toko online dan marketing secara digital membuat kegiatan ngeblog menjadi sesuatu yang umum. Tren ini membuat profesi blogger menjadi salah satu profesi yang makin banyak diminati. Menguatnya peran dan kontribusi blogger dalam ranah persebaran informasi melalui internet sebagai media digital  pun membuat profesi ini tidak lagi diremehkan kekuatannya.

Para blogger makin sadar akan eksistensinya dan makin aktif mengisi blognya dengan berbagai konten bermanfaat. Tidak sedikit dari mereka yang juga masih merelakan jadwal istirahatnya agar tetap aktif ngeblog maupun mengelola website toko online di tengah padatnya jadwal kantor dan mengurus keluarga.

Menjalani profesi sebagai blogger di sela-sela jadwal kantor dan urusan rumah tangga jadi sesuatu yang sangat sulit. Bayangan akan waktu santai yang banyak berkurang dan pekerjaan-pekerjaan utama yang mungkin terbengkalai pun terasa makin nyata. 

Maka dari itu, ada beberapa cara untuk menyiasatinya agar dapat bisa dijalani secara bersamaan. Berikut 5 langkah sederhana agar tetap lancar menulis di blog di tengah padatnya jadwal.

1. Jangan Cari Waktu Untuk Membuat Konten. Sempatkan!

5 Cara Menjaga Konsistensi Ngeblog di Jadwal yang Padat - Jangan Cari Waktu Untuk Membuat Konten. Sempatkan!

Masalah manajemen waktu selalu menjadi bagian dari drama hidup setiap orang, tidak terkecuali seorang blogger. Dengan masih menjadi pekerja kantoran, kegiatan ngeblog bisa jadi ikut menguras pikiran. Membuka laptop lalu menulis artikel di blog sambil menikmati secangkir teh hangat di pagi hari pun nampaknya mustahil.

Lalu, kapan bisa menyempatkan waktu untuk membuat konten blog?

Dengan kesadaran penuh, mau tidak mau, Anda harus mencoba meluangkan waktu tersendiri. Kapan saja ada kesempatan, Anda harus memanfaatkannya untuk membuat konten di blog. Lebih baik lagi apabila Anda sudah merencanakan kapan akan melakukannya dan menyisipkannya di antara agenda harian hingga bulanan. 


Melalui perencanaan tersebut, Anda bisa coba menyesuaikan lagi kapan waktu yang tepat untuk mengambil foto, mengeditnya, membuat outline artikel, menyusun draftnya, melakukan posting sampai membagikannya di media sosial.

2. Komitmen Tinggi Adalah Keharusan

5 Cara Menjaga Konsistensi Ngeblog di Jadwal yang Padat - Komitmen Tinggi Adalah Keharusan

Alasan utama mengapa seorang blogger mampu atau tidak mampu menjaga performa blognya bisa dilihat dari komitmennya. Langkah ini mungkin terdengar klise, atau bahkan memang sangat klise.

Namun, apapun jenis tips yang Anda baca mengenai cara sukses menjadi blogger atau cara mendapat penghasilan lebih banyak melalui blog, tidak akan mampu mengubah apapun jika Anda tidak memiliki komitmen untuk mengembangkannya.
Ada kalanya Anda memang harus mengorbankan waktu untuk melakukan hal lain. Namun jika Anda sudah mengaturnya sebagai prioritas, Anda tidak akan meninggalkannya begitu saja.

3. Buat Perencanaan Yang Realistis Dan Sederhana

5 Cara Menjaga Konsistensi Ngeblog di Jadwal yang Padat - Buat Perencanaan Yang Realistis Dan Sederhana

Menjalani beberapa peran dalam satu waktu bisa jadi terasa sangat melelahkan untuk Anda. Itu kenapa Anda harus bersikap realistis dan tidak terburu-buru. Dalam menentukan target, Anda bisa saja ingin menghasilkan pendapatan dari blog hingga jutaan rupiah. 

Anda pun mungkin ingin mencapai jumlah pembaca hingga jumlah ribuan setiap harinya. Semua bisa saja Anda raih, asalkan dibarengi dengan perencanaan yang matang dan langkah-lang kah yang nyata. Tidak hanya sekadar wacana belaka.


Dalam membangun sebuah blog, Anda bisa coba menargetkan terlebih dulu berapa jumlah konten yang ingin dihasilkan. Misalnya Anda ingin menghasilkan total 100 artikel dalam setahun. Jika membayangkan 100 artikel sekaligus, rasanya akan terlalu berat untuk dilakukan.

Namun jika Anda berpikir realistis, 100 artikel tersebut bisa dihasilkan dengan 7-10 artikel setiap bulan. Jumlah ini masih bisa di-break down lagi dengan membaginya ke rentang waktu per minggu hingga per hari. Dengan membaginya hingga bagian terkecil, ngeblog pun akan terasa lebih ringan untuk dijalani.

4. Tentukan Target Jangka Pendek dan Panjang

5 Cara Menjaga Konsistensi Ngeblog di Jadwal yang Padat - Tentukan Target Jangka Pendek dan Panjang

Sebagai blogger yang mungkin sudah mulai memonetisasi blog, menentukan target pendek dan panjang adalah salah satu langkah awal dalam proses pengelolaannya. Target jangka panjang akan memberikan fokus yang lebih terarah dalam pembuatan konten blog. Sedangkan target jangka pendek adalah usaha-usaha menuju goals jangka panjang tersebut.

Hal ini sama saja dengan melakukan pengukuran atas berhasil atau tidaknya suatu program kerja yang sudah dibuat. Rancangan strategi  pembuatan konten pun akan makin mudah dengan adanya target yang dijalani sebagai blogger. Dengan begitu, Anda bisa melakukan evaluasi konten dengan lebih mudah.

5. Jangan Banyak Alasan dan Segera Kerjakan

5 Cara Menjaga Konsistensi Ngeblog di Jadwal yang Padat - Jangan Banyak Alasan dan Segera Kerjakan

Mungkin saat ini Anda sudah mulai dan berprogres menjadi blogger profesional. Akan tetapi, keinginan Anda untuk menjadi blogger dengan pembaca dan pendapatan yang banyak hanya tetap menjadi angan-angan jika Anda tidak disiplin dalam membuat konten blog. Jangan banyak alasan! 

Apapun yang sudah Anda mulai, terus lakukan dan ingat apa tujuan awalnya. Latihlah diri Anda untuk lebih disiplin dan terus berusaha meluangkan waktu untuk mengerjakan apa yang sudah Anda prioritaskan. Dengan begitu, sesibuk apapun Anda di kantor dan mengurus keluarga, Anda bisa tetap menjadi blogger yang profesional.


Dengan kelima tips tersebut, apakah Anda sudah siap konsisten ngeblog di tengah jadwal yang super padat?
Diberdayakan oleh Blogger.