4 Fungsi Mengganti Oli Mesin Kendaraan Bermotor Secara Rutin Berkala

Dalam sebuah kendaraan bermotor, ada banyak komponen pembentuk yang akan menentukan performa kendaraan saat berjalan. Salah satu komponen yang memiliki peran sangat penting adalah oli. Karena fungsinya yang sangat penting itu jugalah, Anda disarankan untuk mengganti oli kendaraan bermotor Anda secara rutin.

4 Fungsi Oli Mesin pada Kendaraan Bermotor Anda
Photo : Fungsi Oli Mesin pada Kendaraan Bermotor Anda

Penggantian Oli secara rutin akan membantu mempertahankan kinerja kendaraan serta membuat kendaraan bisa tetap bertahan lama. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, oli mesin memiliki fungsi dan peran yang begitu besar pada kendaraan. Seperti fungsi yang akan dijelaskan di bawah ini.

Inilah Fungsi Oli Mesin yang Membuatnya Harus Diganti secara Berkala

Diantara komponen mesin kendaraan bermotor lainnya, bisa jadi oli adalah komponen yang membutuhkan perawatan paling intensif. Anda setidaknya harus mengganti oli secara rutin selama 1.5 bulan sekali tergantung jarak penggunaannya.

Semakin jauh jarak penggunaan, maka intensitas penggantian juga harus semakin rutin. Perawatan oli mesin secara rutin ini perlu dilakukan karena oli memiliki fungsi yang sangat penting, seperti beberapa fungsi di bawah ini.

1. Berfungsi sebagai Pelumas

Fungsi paling utama dari oli adalah sebagai pelumas. Maksudnya, sebagai pelumas adalah agar komponen mesin lain di dalam kendaraan bermotor bisa bergerak dengan lebih mudah.

Bisa dibilang oli ini akan melicinkan komponen mesin kendaraan. Jika tidak diganti secara rutin, maka bisa dibayangkan mesin-mesin kendaraan akan sulit bergerak sehingga akan turut berpengaruh pada performa kendaraan.

2. Melindungi Mesin dari Karat

Fungsi selanjutnya dari oli mesin adalah untuk mencegah karat. Seperti yang sudah umum diketahui bahwa mesin-mesin pada kendaraan bermotor juga terbuat dari bahan dasar logam yang mungkin saja berkarat.

Di dalam oli ini memiliki kandungan zat yang fungsinya adalah untuk mencegah timbulnya karat pada mesin. Selain itu, oli juga berperan mereduksi atau menghilangkan karat pada mesin jika memang sudah timbul karat di dalamnya.

3. Menyerap Panas pada Mesin

Ketika digunakan, mesin akan mengeluarkan energi. Energi tersebut sudah pasti akan menghasilkan panas. Suhu terlalu tinggi atau terlalu panas juga tidak baik bagi kesehatan mesin. Karena itu dibutuhkan peran oli untuk menurunkan suhu mesin atau mendinginkan mesin.

Sistem kerjanya, saat mesin dijalankan maka di dalam mesin tersebut akan terjadi proses pembakaran dengan tujuan untuk menghasilkan energi. Nah, bersamaan dengan itu pula oli mulai bersikulasi ke dalam bagian-bagian mesin. Saat bersikulasi dan melewati mesin yang terlalu panas, maka suhu panasnya akan langsung diserap sehingga mesin tidak akan terlalu panas sehingga lama kelamaan menyebabkan mesin menjadi aus.

4. Oli Berfungsi untuk Membersihkan Mesin 

Fungsi selanjutnya dari oli mesin adalah sebagai pembersih bagian dalam mesin. Cara kerjanya juga hampir sama dengan fungsi sebelumnya. Saat oli bersirkulasi dan melewati bagian-bagian tertentu mesin, maka oli aman secara otomatis membersihkan kotoran di dalam bagian mesin tersebut.

Kotoran ini bisa timbul dari mana saja, terutama dari sisa pembakaran, kotoran dari partikel logam yang bergesekan, ataupun debu yang mungkin saja masuk ke dalam bagian mesin. Karena ini jugalah Anda harus mengganti oli secara rutin karena kualitas dari oli akan semakin menurun seiring dengan intensitas kerjanya ini.

Berdasarkan fungsinya seperti yang disebutkan di atas, maka sudah sewajarnya jika Anda melakukan penggantian oli mesin secara rutin dan berkala. Berbagai merek dan jenis oli juga tersedia dengan spesifikasi dan keunggulan masing-masing.

Salah satunya adalah oli 'Mobil' yang bisa Anda dapatkan di situs mobil.co.id. Penggantian berkala oli ini tidak hanya akan mempertahankan performa kendaraan namun juga menjaga kendaraan bisa lebih awet.
Diberdayakan oleh Blogger.