Cara Investasi Emas di Pegadaian secara Online tanpa Ribet

Untuk menjamin masa depan, sebagian orang memilih melakukan investasi. Saat ini, investasi tidak hanya dilakukan dalam bentuk uang, namun juga bisa berupa logam mulia seperti emas. Salah satu penyedia layanan tersebut adalah pegadaian.

Cara Investasi Emas di Pegadaian secara Online tanpa Ribet
Investasi Emas di Pegadaian

Selain banyak keuntungan, cara investasi emas di pegadaian terbilang mudah. Oleh karena itu, investasi jenis ini banyak diburu oleh beberapa kalangan (sumber referensi Duwitmu.com).

Mengenal Investasi Emas Pegadaian Online

Hal yang membedakan investasi online dengan lainnya adalah bisa dilakukan menggunakan smartphone pada aplikasi buatan pegadaian. Untuk mendapatkannya, Anda cukup mengunduhnya di Play Store.

Tabungan Emas di Aplikasi Pegadaian Digital
Tabungan Emas di Aplikasi Pegadaian Digital

Di dalam aplikasi Pegadaian ini terdapat beberapa fitur, seperti proses pendaftaran dan penyetoran awal tabungan yang bisa dilakukan oleh nasabah. Akan tetapi, emas yang akan diinvestasikan hanya berupa uang (nasabah membeli dengan tukaran krus yang sama).

Cara Membuka Investasi Emas Pegadaian

Untuk dapat menggunakan layanan investasi emas, Anda harus melakukan beberapa tahapan. Alur yang terbilang mudah ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Untuk langkah awal harus memiliki aplikasi pegadaian terlebih dahulu, kemudian lakukan langkah berikut ini:

1. Isi Data Pribadi

Pengisian Data Diri Aplikasi Tabungan Emas Pegadaian
Pengisian Data Diri pada Aplikasi Tabungan Emas Pegadaian

Buka aplikasi pegadaian lalu pilih menu tabungan emas. Setelah itu, siapkan persyaratan yang dibutuhkan. Terutama dokumen yang menyangkut data pribadi. Ini digunakan untuk mengetahui kebenaran pemohon dalam melakukan investasi.

Beberapa data penting yang dibutuhkan seperti identitas KTP. KTP digunakan untuk mengetahui nama, tempat tanggal lahir, alamat dan juga jenis kelamin. Nasabah juga akan diminta mengisikan nomor telephone, nama ibu kandung dan masih banyak lagi.

Setelah itu, akan diminta mengunggah foto KTP ke dalam aplikasi tersebut. Bisa dilakukan dengan foto manual atau dengan scan. Periksa kembali data diri dan pastikan tidak ada kekeliruan saat pengisian.

2. Pilih Unit Pegadaian

Memilih Unit Pegadaian pada Aplikasi Tabungan Emas Pegadaian
Memilih Unit Pegadaian pada Aplikasi Tabungan Emas Pegadaian

Seperti yang sudah di katakan, bahwa nasabah juga harus mendatangi unit pegadaian yang akan digunakan untuk berinvestasi. Setelah sampai di tempat, Anda akan dimintai keterangan guna menyelesaikan proses pembukaan tabungan emas dan melakukan cek fisik.

Misalnya saja, Jika berdomisili di Blitar, maka proses pengesahan identitas diri juga dilakukan di tempat ini. Syarat, ketentuan dan cara investasi emas di pegadaian harus dilakukan sesuai aturan.

Perlu diperhatikan, batas pembukaan rekening dalam melakukan melakukan proses KYC ( Know Your Customer) hanya 6 bulan. Jika melewati batas waktu yang ditentukan, tabungan akan dibekukan selama 18 bulan terhitung sejak awal pembukaan rekening.

3. Biaya Pembukaan Tabungan Emas

Setelah proses pendaftaran selesai, nasabah akan dimintai biaya pembukaan sebesar Rp. 100,000,-. Untuk rinciannya, Rp. 70,000,- digunakan untuk saldo awal dan Rp. 30,000,- digunakan untuk fasilitas titipan. Pembayaran bisa dilakukan ke beberapa Virtual Account yang telah disediakan.

Pastikan segera membayarnya karena setiap nomor Virtual Account memiliki waktu kadaluarsa. Jika hal semacam itu terjadi, nasabah harus meminta ulang nomor tersebut ke pada pihak bank.

Bagaimana Cara Investasi Emas di Pegadaian?

Perlu diketahui nominal tabungan emas yang diberlakukan yaitu jumlah minimal pembelian Rp. 50.000,- dengan jumlah maksimal Rp. 10.000,000,- setiap harinya. Namun, untuk melakukannya harus menunggu terlebih dahulu setelah rekening tabungan emas dibuka pihak pegadaian.

Harga jual dan beli emas tergantung di pasaran. Untuk melakukan transaksi digital ini cukup mudah. Pertama pilih beli emas, kedua masuk pada bagian beli emas dan tentukan sumber dana, terakhir masukan jumlah pembelian dalam rupiah, kemudian aplikasi akan mengkonversikan dalam bentuk emas dengan nominal gram.

Setelah mengetahui cara investasi emas di pegadaian, pastinya Anda juga tertarik melakukannya. Jangan tunggu lama lagi, rencanakan keuangan masa depanmu mulai dari sekarang.
Diberdayakan oleh Blogger.