Cara Membuat Toko Online Dengan Prestashop (Instalasi Offline di Localhost Server Local)

Membuat website jual beli sekarang bukanlah perkara yang sulit. Walaupun kini telah ada banyak template - template baik blogspot maupun wordpress khusus jual beli. Namun terkadang untuk kedua situs blogging yang saya sebutkan tadi belum mampu menghandle fungsi - fungsi jual beli seperti manajemen penyetok barang atau suplier, definisi atau atribut barang (warna, berat, ukuran), Shopping cart, pemesanan dan pembayaran barang, pembayaran, Registrasi pelanggan dan lain sebagainya. Maka dari itu dibutuhkan semacam solusi CMS (Content Management System) khusus yang bisa digunakan untuk menjalankan atau mengelola proses transaksi jual beli online. Dan yang akan saya share kali ialah mengenai Prestashop.

Prestashop merupakan salah satu CMS E-Commerce yang digunakan untuk membuat website toko online. Prestashop bersifat Opensource artinya boleh digunakan, diunduh dan dikembangkan oleh siapapun dengan gratis. Tidak ada biaya yang dikeluarkan jika kita ingin menggunakan CMS yang satu kecuali kalau kita ingin mengonlinekan maka setidaknya kita membutuhkan biaya untuk penyewaan hosting dan domainnya. Sebelum nantinya kita mengonlinekannya tak ada salahnya kita belajar untuk menggunakan fungsi - fungsi, module maupaun fitur yang ada di dalam Prestashop ini secara offline dengan cara menginstall melalui Server Local atau Localhost. Untuk melakukan proses installasi setidaknya ada dua aplikasi yang harus digunakan yakni :
1. XAMPP :  Aplikasi Web Server Apache yang didalamnya sudah tersedia database server mysql dan support php programming. Untuk versi terbarunya silahkan di cek dan di download disini.
2. CMS Prestahop : Untuk versi terbarunya silahkan di cek dan di download disini.
Kebetulan ketika saya menulis artikel XAMPP yang digunakan ialah versi 1.8.3 dan CMS Prestashop yang digunakan ialah versi 1.6.0.5. Berikut langkah - langkah proses installasinya :

1. Install dan Jalankan Aplikasi XAMPP. Klik Start pada button Apache (Web Server) dan MySQL (Database Managemnent).

Cara Installasi Prestashop di Localhost Server Local

2. Secara default folder installasi XAMPP tadi akan berada didalam Directory C. Ekstrak atau pindahkan satu buah file Prestashop yang telah di download tadi ke dalam folder htdocs atau C:/xampp/htdocs.

Cara Installasi Prestashop di Localhost Server Local

3. Buka browser yang anda gunakan. Ketikkan di address bar alamat http://localhost/phpmyadmin/. Buatlah database baru di dalam Phpmyadmin. Disini saya memberikan nama database tersebut dengan nama prestashop.

Cara Installasi Prestashop di Localhost Server Local

4. Jika database sudah dibuat. Sekarang ketikkan kembali di dalam address bar http://localhost/prestashop/install. Jika sudah terbuka seperti gambar dibawah ini pilihlah bahasa yang akan digunakan unutk proses installasi. Kebetulan saya memilih untuk menggunakan Bahasa Inggris. Klik Next.

Cara Installasi Prestashop di Localhost Server Local

5.  Kemudian akan muncul halaman License Agreement. Centang pada tulisan I agree to the above terms and conditions. Klik Next.

Cara Installasi Prestashop di Localhost Server Local

6. Isilah data diri informasi mengenai website jual beli yang nantinya akan rekan buat. Berikut keterangannya:
Shop name : Nama dari Toko online yang rekan buat.
Main Activity : Kategori barang atau produk yang rekan jual.
Country : Negara tempat kita berada.
Shop timezone : Zona waktu.
Firstname : Nama depan kita
Lastname : Nama belakang kita.
E-mail Address : Alamat email kita. (Digunakan untuk login).
Password : kata sandi. (Digunakan untuk login).
Re-type to confirm : Tulis ulang sandi.
Jika sudah selesai Klik Next.

 Cara Installasi Prestashop di Localhost Server Local

7. Muncul halaman mengenai System Configuration. Disini sistem intallasi dari Prestashop akan mengkoneksikan dengan database yang kita buat di dalam phpmyadmin tadi dalam langkah 3.  Berikut keterangannya :
Database server address : Nama dari database server kita. Karena bersifat lokal maka database kita bernama localhost.
Database name : Nama dari database yang kita buat di langkah 3. Secara default akan bernama prestashop namun bisa diganti menyesuaikan dengan nama dabase yang kita buat.
Database login : Secara default root sesuai dengan xampp (database mysql).
Database password : Kosongi saja jika database mysql kita tidak menggunakan password.
Table prefix : Secara default ps_
Cara Installasi Prestashop di Localhost Server Local

8. Lanjut ke proses installasi. Silahkan tunggu beberapa menit. Hingga muncul tulisan Your Installation is finished.

Cara Installasi Prestashop di Localhost Server Local

Cara Installasi Prestashop di Localhost Server Local

9. Proses installasi memang sudah selesai namun sebelum menjalankan software CMS yang satu ini hapus terlebih dahulu folder installasi yang letaknya ada di C:/xampp/htdocs/prestashop.

Cara Installasi Prestashop di Localhost Server Local

10. Kemudian kita sudah bisa Login ke Cpanel Admin nya. Ketikkan di dalam addressbar browser http://localhost/prestashop/admin3320. Perhatikan pada bagian url yang saya beri warna merah (admin3320) mungkin bisa berbeda dengan tempat rekan install. Cek di dalam folder pada langkah 9 diatas. Masukkan email dan password yang rekan buat pada langkah 6 diatas. Kemudian klik Login.

Cara Installasi Prestashop di Localhost Server Local

Dan akhirnya CMS Prestashop ini sudah selesai kita install. Yang muncul berikut ini ialah tampilan dari back office atau lebih sering kita sebut Cpanel Adminnya.

Cara Installasi Prestashop di Localhost Server Local

Dan untuk melihat tampilan user interface atau tampilan dari toko online Prestashop kita ini, bisa dengan klik pada menu My Shop pada pojok kanan atas Cpanel Admin atau dengan mengetikkan http://localhost/prestashop. Dan hasilnya seperti ini :

Cara Installasi Prestashop di Localhost Server Local

Cara Installasi Prestashop di Localhost Server Local

Mungkin cukup sampai disini saya memberikan tutorial mengenai Cara Membuat Toko Online Dengan Prestashop (Instalasi Offline di Localhost Server Local). Untuk selebihnya silahkan anda otak - atik sesuai dengan keinginan anda masing - masing. Disini saya juga masih belajar untuk mempelajari dan menggunakan CMS ini jadi mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam hal penyajian. Untuk cara penggunaan maupun memakainya akan saya update pada artikel - artikel saya selanjutnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

38 comments

lumayan rumit juga ya mas prosedurnya, saya ikut menyimak saja.

good post, cara upload data ke hostnya sekalian gan biar komplit :)

Oke gan, mungkin akan saya posting pada artikel - artikel saya selanjutnya. :) Kalau disini entar terlalu panjang, ini aja udah kepanjangan sepertinya :D

super lengkap mas infonya, suatu saat bermanfaat bisa saya gunakan tips ini :)
makasih sharingnya n salam sukses :)

luar biasa mas tutorialnya lengkap dan runtut, sangat cocok untuk para blogger dan webmaster yang hendak membuka usaha toko online, dengan menginstall preatshop ya, sehingga nantinya website nya terlihat profesional. Jadi perlu persiapan dana dulu ya mas sebelum menginstall pretashop ini baik untuk keperluan domain dan hosting nya :)

Sama - sama mbak, semoga bisa digunakan semestinya :)

Kebetulan tutorial ini saya jabarkan versi offlinenya, diharapkan setidaknya kita belajar menginstall prestashop dan otak atik terlebih dahulu, belajar menggunakan module, belajar mengunggah produk, manajemen supplier dsb. Baru setelah itu semua dirasa cukup baru toko online versi offline tersebut kita onlinekan mbak. Tentunya harus dengan biaya sewa hosting dan domain :D

saya pernah coba install juga, cuma sepertinya plugin banyak jebakannya...

wawasan baru nih mas buat saya..dan memang saya belum memahami soal ini
tapi minimal saya bisa belajar lewat posting ini :)
terima kasih ya buat tutornya
salam :)

Selamat Pagi Mas, Wah lengkap banget Mas Tutorialnya...Kalau saya menggunakan CMS yang berbasis PHP dari ke 7 website bisnis Online yang saya kelola Mas...

simpan ah, siapa tahu suatu saat pengen buka online shop

Iya mas, disini intinya kita sama - sama belajar. Bila menemui kesulitan silahkan saja untuk ditanyakan :)

bagi pelaku bisnis online yang pengen buka toko online, wajib baca ini ya mas, jangan sampai masih pakai blog gratisan, karena sangat berpengaruh untuk reputasi brand dimata calon konsumen nya ;)

Iya mas. Bukannya PHP itu bahasa pemrograman ya mas. Memang pada dasarnya CMS baik Prestashop, Wordpress dan CMS khusus bisnis online seperti tempat sobat hayardin tak lepas dari kode - kode php ini sebagai komponen pembentuk sebuah website.

Ya tergantung dari orangnya juga sih mbak. Kalau memang ingin kearah yg serius tak ada salahnya mencoba prestashop karena gratis alias open source. Namun tentunya setidaknya harus belajar dulu untuk menggunakannya seperti saya.

saya juga pernah nyoba prestashop.. tapi kurang ngerti dalam konfigurasinya, soalnya pake bahsa ingris heheh... thanks mas udah share..

posnya sangat berguna dan bermanfaat mas terutama buat saya yang awam tentang photo shop salam kenal

Bukan photoshop mas, melainkan Prestashop CMS untuk toko online. Monggo disini sama - sama belajar, kalau ada yang ngga tau sama - sama saling share :)

Bisa diubah ke dalam bahasa Indonesia mas pada saat awal proses installasi, kalau saya pribadi memang lebih merasa enak dengan bahasa inggris, sekalian belajar :)

Assalamu'alaikum, mau nanya nih gan, kalo mau ganti atau ngerubah our storenya dimana ya?

Terimakasih mas ,,,, sanagat membantu ....

Prestashop merupakan CMS buat toko online lebih cepat dari wordpress dalam hal instalasi, dan tidak perlu banyak install plugin lagi karena memang basis di adalah untuk e-commerce, keren gan tutorialnya , semoga bermanfaat ...

Butuh untuk cara isi contentnya :(
masih bingunggg

Mas Adit......... Tingkiu yahhh... setelah sekian lama ragu dan MALAS buat. akhirnya sampai pula pada langkah terakhir. tinggal ulik sendiri. oia tadi sempet bingung pas langkah 10. ternyata untuk bisa login harus disamakan yah folder name admin3320 di yang http://localhost/prestashop dengan alamat url yg kita ketik di browser.... hatur nuhun pisan... moga ada artikel selanjutnya yang MORE TOP MARKOTOP. semangat mas adittt

kalau misal kita udah selesai setting prestashop di komputer lokal, lalu bagaimana cara agar prestashop kita bisa online? mohon diupdate artikel untuk ini agar kita bisa mempraktekannya segera

Masih perlu belajar lebih banyak mengenai Prestashop ini. terima kasih telah berbagi.

Mas kenapa ya pas saya browse http://localhost/pretashop/install kok ga mau ya saya uda copy paste ke browse pke opera, chrome jg ga mau. salahnya dimana ya

saya pake Language english, tp wkt instalasi knp prestashop instal language Indonesia y? dan itu selalu gagal install bhs indonesia
mohon bantuan nya

kalo udh cocok dengan design,warna, layout, fasilitasnya, diupload aja ke web hosting, jangan lupa untuk membeli domain dulu. sebenranya kalo kita beli hosting biasanya web hosting itu udah menyediakan fasilitas eordpress, prestashop, joomla. kita bisa langsung install secara online. http://indijek.tamakidszone.com.

silahkan baca dsni gan...
https://thesuhu.wordpress.com/2013/08/13/prestashop-1-5-4-1-create-default-shop-and-language-an-error-occured-during-installation-bagaimana-mengatasinya/

untuk menggunakan prestashop, apakah bisa dibuat menjadi portal e-commerce ?

Knpa slalu error pas mw menginstall. Padahal udah pilih bahasa inggris, solnya bhsa indonesia pasti gk bisa. Tolong carikan solusinya minta nmbantuan

halo bang mau dong diajarin,,,,kira2 kalo buat website yang lain contohnya website berita n buat pengacara bisa gak menggunakan ini??? terima kasih bos mohon pencerahannya

cari Tiket Pesawat Murah? Dapatkan segera hanya di SELL TIKET.com Klik disini:
selltiket.com
Booking langsung tanpa antri... HARGA Di Jamin Murah!!!
CEPAT,….TEPAT,….HARGA HEMAT!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di agen.selltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
No handphone : 085363402103
PIN : D364EDCB

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.