Hal Yang Perlu Kita Lakukan Setelah Berganti Domain TLD

Setelah kita sukses mengganti domain kita dengan domain TLD (Top Level Domain). Baca : Tutorial Cara Mengganti Domain .blogspot.com Menjadi .com (Blogger Custom Domain). Tentunya masih ada beberapa tahapan lagi yang harus kita lakukan terhadap blog kita. Dan pada dasarnya pada artikel ini saya ingin berbagi pengalaman kepada rekan - rekan semua mengenai beberapa cara untuk mengatasi efek negatif setelah berganti domain. Karena seperti yang kita tahu, pada dasarnya semua yang berbau perubahan akan membawakan dampak bagi kita. Tak terkecuali dengan perganti domain itu sendiri.

Custom Domain TLD

Cara atau sikap yang kita berikan kepada blog kita inilah yang nantinya akan menentukan berkembang tidaknya blog kita kedepannya. Karena jika tidak lakukan suatu tindakan. Sama saja blog berdomain TLD kita ini jalan ditempat atau malah bisa mundur, terdepak dari persaingan di SERP. Dan saya yakin pasti anda tidak ingin itu terjadi bukan? Maka dari itu perhatikan ulasan berikut ini : 

1. Daftarkan Ulang Blog kita ke akun Webmaster.

Baik itu Google, Yahoo maupun Bing. Ini berguna untuk memberitahukan blog kita ke search engine kalau kita sudah berganti domain. Jangan lupa untuk verifikasi kepimilikan blog kita disana. Pasanglah kembali meta tag yang Search Engine berikan kepada kita. Submit Ulang Sitemap Agar semua posting dan halaman blog kita di telusuri ulang atau di index ulang oleh Serach Engine. 

2. Kirimkan / Submit Url Blog Kita Ke Search Engine

Dengan mengirimkan url blog kita disana maka proses indeks yang dilakukan search engine kepada blog kita menjadi lebih cepat. Hal ini sangat wajib dan penting untuk dilakukan, karena dengan melakukan submit url ke berbagai mesin pencari maka blog atau website akan di crawl oleh spider google atau bing engine. Untuk Google bisa menggunakan alamat http://www.google.com/addurl sedang untuk bing melalui alamat http://www.bing.com/webmaster/SubmitSitePage.aspx

3. Manfaatkan Fasilitas Ping Blog.

Ping Blog berguna untuk memanggil robot spider google untuk menelusuri setiap artikel di blog kita. Layanan ini sangat banyak tersebar di luar sana dan kita tinggal memilih mana akan kita gunakan. Contohnya : GooglePing.com, Pingates.com, Pingomatic.com, Totalping.com, MyPageRank.net dsb. Lakukan ping secara berkala jangan berlebihan. Satu atau dua kali dalam seminggu sudah lebih dari cukup bagi saya.  

4. Lakukan Verifikasi Alexa Rank.

Untuk memverivikasi kepemilikan blog tersebut kepada Alexa. Ini bertujuan apabila kita telah memasang widget ini ternyata muncul tulisan No Data maka akan menjadi semula. Bayangkan apa blog anda sudah menjadi .com namun widget alexa yang anda pasang masih menggunakan alamat blogspot atau wordpress dahulu. Sampai kapanpun akan tetep bertuliskan No Data.  

5. Lakukan Aktivitas Blogging & Optimasi Seo Seperti Biasanya.

Kegiatan tersebut diantaranya saling follow Akun Google Plus, berkomentar di blog tetangga untuk memperbaiki jumlah backlink, mencari Backlink yang berkulitas, Submit ke blog directory maupun social Bookmark untuk memberitahukan blog kita, serta memperbaiki kualitas serta kuantitas SEO dan artikel yang kita miliki. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki dan membangun kembali pondasi blog kita yang hilang sesudah berganti domain.

6. Promosikan Blog Kita Melalui Social Media.

Manfaat sosial media di era sekarang ini sudah tidak diragukan lagi. Terutama bagi optimasi suatu blog atau web. Share url link blog dengan domain baru kita disana. Beritahukan ke teman - teman atau kerabat kita akan hal ini. Insya Allah mereka pastinya akan memberikan feedback yang baik pula, asal jangan melakukan Spam. 

7. Bagi Pemilik Akun Google Adsense.

Lakukan submit ulang blog baru anda dibagian setting dashboard Google Adsense jika iklan adsense menghilang. Kemdiantunggu hingga Google adsense dan team me review ulang blog anda. Kemudian tinggal menunggu iklan adsense bisa muncul kembali ke blog TLD kita.

Insya Allah apabila kita lakukan cara diatas secara bertahap, maka kondisi trafik pengunjung blog TLD kita akan kembali seperti sedia kala dalam jangka waktu tidak akan lama. Saya juga pernah baca - baca dari salah satu subforum di Forum Kaskus yang membahas mengenai efek sesudah custom domain ini. Jadi mereka menyarankan jika memang kita ingin fokus dengan blog yang akan kita kelola dan melakukan custom domain, alangkah baiknya jika custom domain dilakukan setelah anda selesai membuat blog. Sehingga kegiatan optimasi SEO kedepannya tidak akan 2 kali kerja.

Ya memang saya akui itu semua akan memakan waktu yang tidak sedikit. Namun seperti yang kita ketahui untuk menjadi professional butuh suatu perjuangan dan proses bukan? Jadi nikmatilah proses tersebut selagi kita masih hidup di dunia ini. Sekian apa yang bisa saya tulis mengenai Hal Yang Kita Lakukan Setelah Berganti Domain TLD. Semoga bisa memberikan pencerahan bagi kita semua. :)

73 comments

bewnar sekali mas, dengan melakukan beberapa langkah di atas setelah kita berganti domain LTD akan semakin cepat membuat blog kita masuk ke srep lagi

Iya mas. Seperti layaknya blog yang baru lahir. Suatu blog berTLD baru juga butuh nutrisi untuk dapat bertumbuh kembang agar bisa bersaing lagi di SERP. Asal jangan berlebihan dalam hal optimasinya :)

saya sempat mau ganti damoain tapi masih sayang adsense saya mas, soalnya adsense yang saya punya akun hosted

Setuju, intinya sama dengan ketika ingin membuat blog baru, agar hasilnya yang didapat optimal, kita harus segera mendaftarkan blog ke berbagai tempat dan share di jejaring sosial.

Atau kalau memang kita ga mau dua kali kerja dalam menSEOkan blog ber TLD kita. Solusinya ketika selesai buat blog langsung di custom domainnya sekalian. :)

Iya mas, tapi setahu saya masih bisa setting ulang nanti sesudah ganti domain semisal iklan Adsensenya ga nongol2. Dengan cara setting dashboard Google Adsense. :)

seperti baru pertama kali membuat blog ya kalau kita berganti domain. terima kasih informasinya..

Iya mas. Berganti domain TLD ibarat kita sedang membangun dan menyusun ulang sebuah rumah kembali.

mntap artikelnya ..
trima kasih sudah berbagi..
kunjungan baliknya
http://dikirain.blogspot.com

sepertinya ini sangat bermanfaat sekali yia bos, saya amankan dulu, siapa tahu saya pindah tld, hehehe...

sebaiknya sih kalau mau ganti domain, sejak awal pembuatan blog nya ya mas, jadi nggak bekerja dua kali seperti daftarkan blog di webmaster, kirim sitemap, ping, submit url, dan lain lain :D
tapi kalau sudah terlanjur seperti blog saya, memang sebuah pilihan yang sulit ya mas :)

Iya bener kalau memang ga mau dua kali kerja dalam hal optimasi seo ya cara tersebut memang harus dilakukan. Selesai bikin blog langsung ganti jadi TLD. Baru kita jalankan optimasi seonya :)

wah lengkap dan jelas banget Mas penjelasannya, memang agak repot nih kalau ganti TLD soalnya harus mulai dari nol lagi.

Btw pertanyaannya udah saya balas Mas via G+ :)

Ya intinya kalau sudah terlanjur mau ga mau harus optimasi dari nol lagi mas jika blog kita ingin tetap hidup. Oke makasih atas bantuannya mas :-bd

Berarti seperti membuat blog baru lagi ya mas, hee

trimakasih sngt brmnfaat skali,saya baru ganti doman udh ada 3 bulan gk ke index

Monggo mas, asal diterapkan secara bertahap dibarengi dengan optimasi seo (jangan berlebihan) insya Allah dalam waktu dekat bisa memperbaiki posisi kita di Google.

Mas kenapa kalo domain TLD saya selalu nodata padahal saya sudah mempelajari SEO mendalam bahkan traffic nya lumayan untuk website baru ini site saya bisa di koreksi kali aja ada yang salah www.blogadhi.com

Semua butuh proses dan waktu mas. Kalau masih baru sih saya bilang wajar. Ada yang cepat atau bahkan ada yang lama hingga alexarank kita pecah telurnya. Kalau menurut blogger - blogger pada umumnya, salah satu cara efektif untuk mendapatkan rank alexa dengan blogwalking. Namun jangan lupa untuk memverifikasi dan memasang meta tag alexa di dalam blog kita. Tutorialnya bisa rekan cari di sumber lain. :)

mas maaf mas... biar ga salah nerapin nya mau nanya dulu ya, hal verivikasi ulang setelah ganti domain.com
1.alexa . itu cara memberitahukan/verifikasi ulangnya dengan cara ubah info site apa harus mendaftarkan blog kita yang baru dngn url baru ( jadi nanti di daftar situs alexanya ada blog kita ada 2 alamat / alamat lama blogspot dan alamat baru .com , mas...
2. hal daftar ulang ke webmaster sama kaya prtanyaan di atas daftar baru atau hanya merubah data situs url lamanya mas...
dua dulu deh mas saya nanya makasih mas...

terimakasih gan tutornya..setelah saya ganti domain sudag 4 hari GA saya belum muncul juga...sudah 4 hari ini...mungkn perlu waktu ya..sambil menunggu agar muncul saya tetap lakukan aktifitas blog seperti biasa....salam kenal ya gan..jangan lupa berkunjung
www.volimaniak.com

Ohh iya bnr ane ganti jadi TLD adsense ane kaga nongol pas nyoba jd blogspot lagi ternyata nongol.. ada trik gk mas biar cepet nongol adsensenya di TLD?

Tapi ane juga nyoba" pake blog dummy dulu gan blog TLD ane mau cari tau kapan iklan adsense nya aktif lagi klo gk aktif" kan sia"

Kalau kita submit sitemap dengan yang baru, apakah webmastertools yg versi lama di hapus

Mas gimana cara seting di google nya? nyari tutor g nemu" tolong dikasi tau.

maksud saya cara setting di Google adsense nya.

mas mau tanya, umur blogku khan udah 3bulan.. alexa page ranknya juga sudah lumayan.. pengen ganti domain blogspot ke com tapi pengen juga masang iklan Google adsense. Enaknya yang didahulukan mana yah?? pasang iklan dulu atau ganti domain dulu?? takutnya kalau ganti domain, google andsense gak nerima soalnya blog kita jadi seperti bru lahir dan visitornya juga menurun?? ditunggu jawabannya terima kasih :)

mas mau tanya nich saya baru ganti ke domain TLD apakah di alexa nya harus di rubah nama site nya dengan nama domain TLD yang baru ini

terima kasih mas, blog saya juga baru ganti domain ( :

tkhs tutorialnya gan, setelah ngikuti pentunjuk akhirnya blog saya jadi domain dot com, tapi ada masalah gan ! komentar2 lama dari pengunjung blog ane kok ikut hilang ya? bahkan di dasboard blog juga tidak muncul pengaturan moderasi komentar. itu gmn ya gan?

dari pengalaman sy custom domain ya, ketika kita custom domain potingan kita yg berada di page one biasanya tidak hilang dan malah sdh berganti dengan domain TLD kita sealah 3-4 hari

mantap mas Aditya masih digeber terus...

Kira-kira berapa untuk mengembalikan traffic blog yang berganti domain?

mantab pencerahannya kunjungi juga www.setcheat.com

artikelnya keren gan..
sangat mambantu.

Makasih infonya.Baru saja ganti domain

kalo ganti domain, alexa rank akan berubah atau tidak gan??

membantu gan. saya juga abis ganti domain
O iya settingan domain blogspot webmaster lama dihapus gak ya? atau dibiarkan saja domain lama dan domain baru??

Dibiarkan saja mas ga usah dihapus. Karena di webmaster domain baru kita akan otomatis tergenerate. Untuk keperluan pengoptimalan mesin pencari kedepannya, gunakan blog yang sudah berdomain .com nya (TLD)

lgsg praktek gan, kbetulan saya saya baru ganti Domain..

mas setelah ganti domain TLD, kan sebelumnya blogspot sudah di daftarkan di webmastertools, apakah harus di daftarkan lagi atau hanya cukup memferivikasi ulang lagi saja,, sangat perlu bantuan.

Umumnya jika custom domain, otomatis di webmaster ada atau tertera nama domain TLD. Saran lebih baik diverifikasi ulang mas agar google webmaster juga mendapatkan update terbaru akan kondisi blog rekan agar mudah si robot mesin pencari menjelajahi kembali blog rekan yang berganti .com TLD.

Keren banget tips2nya, soalnya pas kemaren ganti domain, langsung anjlok banget alexa nya, thanks gan

Wah.. Makasih banyak ya Mas, Soalnya lagi mw imigrasi Domain nih,,
mudah mudahan kelar ini hari. Dan berharap tidak ada masalah dengan Adsense setelah mendaftar ulang nantinya. Amin

Sukses trus BLog nya mas.
Salam Blogger.

Tlg mas, ceritanya saya daftar adsense pakai blogspot belum diapprove. trus kemarin saya ganti jadi dot com itu blogspotnya. ini saya ajuka yang kedua ada pesan navigasi sulit salah satunya pengalihan. apakah itu terkait dengan pergantian domain ini mas?
trima kasih responnya

Makasih buat tipsnya, mas. Kebetulan saya juga baru habis ganti domain. Sejauh ini sih trafficnya masih stabil karena link-link dari domain yang lama masih muncul di page depan hasil pencarian Google.

Pak, jadi tetap aman jika kita melalukan custom domain bagi blog ber GA ya?? Saya mau nyoba tp takut ada apa2..

terimakasih mas, saya hari ini baru saja costum domain, pas kebetulna sudah baca artikel ini, yang jadi pertanyaan untuk semua jenis iklan yang ada di blog apakah harus seting ulang juga?
terimakasih.

thanks gan infonya, sangat membantu saya dalam mengelola blog saya. karena masih baru belajar nge blog hhe

thanks gan infonya, sangat membantu saya dalam mengelola blog saya. karena masih baru belajar nge blog hhe

thanks gan infonya, sangat membantu saya dalam mengelola blog saya. karena masih baru belajar nge blog hhe

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

makasi infonya mas, lagian saya baru ganti domain ne

Om mau nanya apakah kalau tidak membeli domain .com tidak bisa melesat blog kita di adsense google? Terima ksh penjelasan nya

keren nih, baru aja custom domain saya..terimakasih infonya.

thanks banget infonya :)
mampir ya gan.. yat95.blogspot.com
dikit lagi mau pindah TLD

Saya juga udah ganti domain tld nih gan... Postingan terbaru ane ga tau terdampar kemana.. Banyak pr yg harus dikerjakan lagi

thanks kak.. kebetulan ane mau beli domain nih..

ane ngalamin gini gan, :sad:

_________________________
Stiker Line Gratis

terimakasih atas artikelnya :) kini blog jadi domain TLD juga :D

www.yat95.id

Terimakasih infonya.. Saya juga baru ganti domain.. Kunjungi www.apkseru.net

Harus buat feedburner lagi gk min?

Terimakasih gan bermanfaat buat saya yang baru custom domain

Zerone Blog

tips yang sangat bermanfaat... terima kasih banyak mas...

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.