Cara Upload File Web dan Database Mysql di Idhostinger

Seperti yang kita ketahui Idhostinger merupakan salah satu solusi untuk menyimpan file web kita secara online atau lebih sering kita kenal dengan hosting. File aplikasi web yang kita buat pastinya ingin kita akses dari berbagi lokasi. Tidak terbatas untuk lokal saja semisal di laptop atau PC kita. Cara ini juga bisa dijadikan alat bantu untuk menyimpan database web secara online. Untuk itu apabila anda menginginkan hal tersebut terwujud terlebih tanpa keluar biaya sepersenpun Idhostinger bisa dijadikan solusinya. Selain itu bagi saya pribadi idhostinger bisa dijadikan untuk tempat belajar mengelola file atau aplikasi web secara online.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memandu rekan - rekan semua untuk meng upload file aplikasi web kita hingga dapat diakses menggunakan subdomain tertentu. Berikut ulasannya :

A. Pembuatan / Registrasi Hosting & Subdomain

1. Langkah Pertama. Kunjungi Official Site Idhostinger.com. Tentunya rekan harus login terlebih dahulu menggunakan Email dan Password yang sudah di buat di Idhostinger. Apabila belum punya monggo silahkan register terlebih dahulu melalui link berikut. Caranya tinggal mengisi biodata seperti nama, email, password kemudian kode chapcaynya jangan lupa. Jika sudah silahkan login menggunakan email dan password yang sudah dibuat tersebut.


2. Langkah Kedua. Sesudah anda masuk kedalam Control Panel Hosting Idhostinger (Cpanel Hosting). Di dalam navigasi menu. Pilih Hosting kemudian pilih Order Hosting Baru.



3. Langkah Ketiga. Di halaman ini rekan akan dihadapkan dengan 3 jenis paket hosting ada yang Gratis, Premium maupun Bisnis. Seperti yang saya katakan di awal tadi karena tujuannya kita buat belajar dan ngirit pilih paket yang gratis saja. Lalu Klik Order.



4. Langkah keempat. Halaman ini merupakan halaman Setup Hosting diamana anda memilih alamat domain agar nantinya aplikasi anda bisa diakses secara online. Kemudian gunakan subdomain yang sudah tersedia atau bawaan dari Idhostinger. Buat juga password untuk aplikasi web kita. Kemudian kita Pilih Lanjutkan.

Cara Upload File Web dan Database Mysql di Idhostinger

5. Langkah kelima. Di Halaman Ringkasan Order ini ketikkan kode Captcha atau kode verifikasi bukan robot, beserta checklist atau centang tulisan persetujuan kemudian klik Order.


6. Langkah Keenam. Di halaman Akun Hosting ini subdomain yang anda buat tadi sudah selesai dibuat. Klik pada nama subdomain yang kita buat tadi lalu klik tombol kelola. Semisal nama subdomainnya belum muncul coba anda refresh ulang halamannya.


B. Konfigurasi Database (Lewati Langkah ini jika Aplikasi Web anda tidak menggunakan database)

7. Langkah Ketujuh. Anda akan dibawa di halaman Cpanel Hosting dari Subdomain yang dibuat tadi. Scroll ke bawah pada menu Database. Klik tombol Database MySQL untuk membuat nama database, nama user, dan password database. Isikan pada kolom yang tersedia lalu klik Buat. Hingga datanya tergenerate seperti gambar di bawah.




8. Langkah Kedelapan. Masuk Kembali ke halaman Cpanel Hosting dari Subdomain dibuat. Scroll ke bawah pada menu Database. Klik PhpMyAdmin untuk mengupload file database sql kita yang sebelumnya sudah kita buat di local. Jika belum ada database anda juga bisa membuatnya melalui menu tersebut. Tapi disini saya menggunakan cara meng import database yang sudah ada saja. Kemudian tunggu hingga tabel dari database yang kita import masuk ke dalam database servernya cpanel.






Jika proses import database sudah selesai anda bisa kembali lagi ke halaman utama cpanel subdomain anda.

C. Upload File Aplikasi Web Anda.

9. Langkah Sembilan. Kembali lagi di halaman Cpanel Hosting dari Subdomain yang dibuat tadi. Jika anda bingung dimana letaknya mungkin gambar ini bisa membantu.


Setelah masuk ke halaman cpanel hosting, scroll ke bawah pada menu File. Kemudian pilih File Manajer 2.

10. Langkah Sepuluh. Kemudian anda klik folder public_html. Dan jika sudah berada di dalam folder public_html silahkan klik upload.



11. Langkah Sebelas. Upload file aplikasi web nya dalam bentuk .zip kemudian klik icon centang warna hijau. Jika proses upload sudah selesai klik icon kembali warna biru.



12. Langkah Duabelas. Jika aplikasi menggunakan database sql, klik edit pada directory file koneksi.php anda, sesuaikanlah dengan nama server database, user dan password yang sudah kita buat di langkah B nomor 7 diatas. Kemudian anda klik icon save. Abaikan langkah ini jika aplikasi web anda tidak menggunakan database.



13. Terakhir jangan lupa untuk menghapus file default.php agar aplikasi web yang anda upload bisa dijalankan. Letaknya ada di dalam folder public_html.

Sampai disini anda sudah sukses mengupload begitu pula mengkonfigurasi aplikasi web anda di hosting idhostinger. Akses Aplikasi yang anda menggunakan subdomain yang buat tadi melalui address bar web browser anda. Sebagai contoh saya menggunakan mahasiswaku.16mb.com ketika meng upload aplikasi olah data mahasiswa sederhana dan hasilnya kurang lebih sebagai berikut.


Nah itulah sekelumit cara yang lumayan agak panjang supaya aplikasi web kita bisa diakses melalui hosting gratis seperti di Idhostiger. Semoga dapat bermanfaat bagi rekan - rekan yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan, kritik, saran atau mungkin ada yang belum jelas, silahkan rekan diskusikan melalui kotak komentar yang tersedia. Namun saya juga mohon maaf apabila ada beberapa pertanyaan yang mungkin belum bisa saya jawab karena ketidaktahuan saya pribadi. Atau saya jawab sekenanya saja. Harap maklum saya pribadi juga sifatnya masih belajar.  Selamat mencoba . . . .

85 comments

pernah si Mas dulu puya acun di idhostinger, tapi entah kenapa tiba-tiba kena gusur ama PP

Kok bisa mas? Mungkin lama ga dipakai trus dihapus akunnya sama pihak idhostinger. Bikin lagi aja mas gratis kok. :)

Saya juga perasaan sih sudah pernah mendaftar di sini Sudah mencoba settingan dan dashboardnya, Sudah merasakan "manis" nya trial Namun karena terlena dengan aktititas lainnya akhirnya akun saya di hapuskan. Hmmm. Mungkin karena tidak aktif lagi kali ya dalam merawat akun tersebut. Mau daftar lagi ahhhhhhhhh

saya juga tertarik menggunakan idhostinger, tapi saya masih bingung.. sepertinya tutorial diatas bisa membantu, jadi saya ijin amankan tutorialnya yia bos...

Silahkan mas, saya juga masih belajar kok. Kalau ada yang belum jelas silahkan ditanyakan saja, barangkali bisa kita jadikan topik untuk belajar bareng - bareng. :)

Ya tinggal daftar lagi to mas, gratis juga kok. Kalau udah daftar coba - coba aja buat upload file web, kan bisa sekalian belajar buat manajemen file secara online (hosting). :)

wah makasih mas tipsnya. dulu saya juga pernah menggunakan hoetinger. tapi nggak tau kenapa kok akun saya di nonaktifkan hehehe mungkin karena saya telantarkan kali ya mas hehehehe

Setau saya juga seperti itu mas. Kalau lama ga login kayaknya bakalan dihapus dari database user nya di idhostinger. Daftar lagi aja mas gratis kok :) biar bisa sekalian belajar manajemen file hosting di sana.

wah saya belum ngeh masalah ginian mas hadeeeehh belajar teruss dah....

mas saya masih belum paham dilangkah 12 . itu dapet bisa ada setinggan koneksi.php ngambilnya dimana ya ? saya kalau buka web saya masih ada tulisan index of\

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas apabila aplikasi web yang anda upload menggunakan database mysql maka ubah dahulu file koneksi.php atau config.php yakni file yang anda gunakan agar aplikasi web bisa nyambung ke server. Jadi silahkan cek di aplikasi web anda, jika sudah ketemu lakukan edit / ubah lewat editor di FTP client kemudian sesuaikan hostname, user, nama database dan password seperti dengan yang dibuat di Langkah B Nomor 7 diatas.

Untuk masalah index of itu karena posisi file index.php tidak berada di dalam folder public_html. Solusinya anda pindahkan checklist semua file aplikasi anda, kemudian klik move, kemudian Target direktory anda anda posisikan di folder public_html. Setelah itu klik centang hijau. Semoga membantu :)

Halah mas sama saja, sayapun juga masih dalam tahap pembelajaran kok :D

nah ini dia tutorial id hostinger. kemarin sempat mau nyoba yang gratisan juga mas, nah kalau templatenya kita uploud juga kah ke dalam panel hosting. gmana mas? terima kasih atas pencerahannya.

@gond3s: memang mas gondes pake hosting apa?

maksudnya, sekarang pake hosting apa mas gondes?

Kalau saya pribadi kondisional saja mas. Jika dalam suatu aplikasi menggunakan template atau template tersebut digunakan untuk menunjang aplikasi web seperti tampilan tata letak, user interface, pengaturan warna, menu navigasi dan lain sebagainya, ya memang sudah seharusnya kita unggah disana :)

terimakasih sebelumnya :) atas tutorial ini dan buat mas :)

saya mau tanya nih, apakah klu udah upload filenya tinggal akses aja ??
atau masih ubah file zip menjadi file biasa ?? soalnya saya coba untuk akses tapi "error index" apa gitu

gimana untuk solusinya ??

Setau saya setiap kita upload ke dalam folder public_html maka file .zip yang kita unggah kesana akan otomatis di ekstract. Namun jika belum agan bisa mengeceknya kembali, dan menggunakan tools atau menu bawaan yang terdapat di dalam FTP client.

Untuk error indexnya mungkin bisa diperjelas lagi seperti apa errornya? atau boleh saya lihat alamat subdomain yang agan buat?

ane kurang paham di upload nya, ane coba upload file2nya ini http://goo.gl/NidiSE tapi pas ane cek di webnya malah kaya gini http://goo.gl/1axHzQ
beri solusi dong apa pormatnya file mesti dirubah dulu?

Masalah index of/ ya mas. Ada dua kemungkinan Kemungkinan Pertama Folder aplikasi kita itu berada di dalam folder public_html sebaiknya yang diletakkan di dalam folder public_html ialah file - file source code aplikasinya saja.

Kemungkinan Kedua tidak adanya file index.php di dalam aplikasi web kita. Silahkan dibuat file index.php nya terlebih dahulu atau aplikasi yang udah dibuat rekan edit salah satu filenya yang akan dijadikan halaman awal ketika membuka aplikasi webnya dengan nama index.php.

Ternyata mesti diberinama index dulu baru mau kebaca file2, makasih gan sangat membantu.

bro ane udah bikin domain sendiri misal pisang.com
web n database dah upload
nah buat manggil websitenya urlnya gmna? apa bikin lagi ato pisang.com
tq

Kalau pengalaman saya untuk konfigurasi nama domain biar bisa nyambung dengan hosting kita setting di bagian Manage DNS letaknya biasanya ada di cpanel domainnya. Dengan catatan tempat kita sewa domain + hosting masih satu tempat web hosting.

Gan bagaimana cara membuat sebuat form database saat melakukan pengiputan bisa masuk datanya ke msql hosting?

Saya agak bingung mas dengan maksud pertanyaan agan. Apakah yang dimaksud rekan, yakni cara membuat database atau membuat form input data yang di kirim ke database?

Mungkin lebih mudahnya agan buat dan jalankan aplikasi melalui local dahulu, sampai aplikasinya ga ada trouble baru coba upload ke hosting gratis dengan mengikuti step by step di tulisan saya ini.

mas, ane mao nanya kenpa waktu dibuka eror 404 ya?

bang ane kurang paham pas no 12 tolong agak di perjelas..

Agan aplikasi webnya connect ke database ga? Kalau iya umumnya ada file sendiri yang fungsinya buat nyambungin aplikasi agan ke database. Ex :

< ? php

$hostname = "localhost";
$username = "root";
$password = "admin";
$database = "mahasiswa";

$koneksi = mysql_connect($hostname, $username, $password);
mysql_select_db($database, $koneksi);

? >


Berhubung udah ke upload di Idhostinger (FTP Client) pastinya nama server (hostname), username, password dan nama databasenya juga ganti. Lha itu agan ganti sesuai dengan yang waktu dibuat langkah B nomor 7 ketika agan buat database baru di Idhostinger.

Untuk letak filenya dimana tergantung agan naruh tu file. Kalau saya biasanya saya buat folder sendiri dengan nama config lalu nama filenya koneksi.php

Aplikasi works ga di local? Kalau jalan agan coba ikuti ulangi lagi step by step diatas. Saya udah nyoba beberapa kali ga pernah menemukan error 404.

It depends on your internet connection gan :)

maaf mas tanya.
domain saya kanapa tidak bisa diakses ya (error) ?
saya sudah ikuti tutorial mas'a tapi pas menu ubah tipe domain (saya pilih domain misal kun.com)
apa sya harus buat subdomain juga..
terimakasih mas
maaf masih newbe hehhhe

Kalau masnya mau menggunakan .com tentunya ada settingan sendiri. Dan tentunya harus bayar dong. :) Kalau hanya untuk sarana belajar saya rasa menggunakan subdomain yang disediakan mereka (Idhostinger) sudah lebih dari cukup.

Mas Aditya kalau saya mau upload ulang file web saya apa file yang ter upload harus di hapus dulu baru di upload file yang baru ? terus apa File Manajer 1 itu tidak bisa di pakai karena gratis ?

Yang penting jangan lupa filenya di back up mas. Ya seperti itu ga masalah mas, dihapus semua filenya dulu bau di upload ulang. Untuk file manager saya rasa sama saja fungsinya sebagai fasilitator atau alat untuk membantu dalam meletakkan file - file aplikasi web kita di hosting. Mungkin karena saya sudah terbiasa menggunakan file manager 2 ya yang saya share diatas menggunakan cara tersebut.

gan kalo error ini kenapa ya
Parse error: syntax error, unexpected end of file, expecting ')' in /home/u869405323/public_html/lang/country_code.php on line 1

terimakasih mas aditya, tutornya sangat membantu. :)

wah bagus ni mas tutornya, saya pun lagi buat ini pas banget

Kalau dilihat dari pesan error nya mungkin ada bagian code tanda kurung () yg belum ketutup sempurna atau ada yg kurang, silahkan dicek lagi pada file country_code.php nya mas.

Mas kalau untuk file html sama saja kan ya? Saya dapet tugas dari dosen untuk buat web.Tapi kurang mengerti hehh. Jadi maksudnya itu tampilan web kita akan sama dengan file html/php yg udah kita buat kan ya mas? Atau gimana? Terima kasih mas:)

Kalau saya itu program saya coba jalankan dahulu di local kalau ga ada masalah baru di upload di idhostinger. Kalau hanya file statis berisi file html sebenarnya sama saja, silahkan ikuti panduan saya step by step diatas namun untuk step mengkonfigurasi (membuat) database silahkan dilewati saja.

"Internal Server Error

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator at admin@main-hosting.eu to inform them of the time this error occurred, and the actions you performed just before this error.

More information about this error may be available in the server error log."

Bagaimana solusinya Mas? thanks

permisi mas mau tanya, saya terkendala di langkah 12 niih, sudah saya ikuti, saya klik icon save tetapi gak masik kemana" alias diam di tempat, lalu saya klik back muncul pesan begini : Unable to connect to FTP server 31.170.165.5 on port 21.

Are you sure this is the address of the FTP server? This is often different from that of the HTTP (web) server. Please contact your ISP helpdesk or system administrator for help.

gmn tuuh mas yg langkah 12 saya koq gak bisa bisa mas,? tolong ilmunya, makasih.

Kalo mau melakukan maintenance gimana mas,, misalnya kita sudah upload file tpi seiring waktu ada perubahan karena kebutuham sistem,, apa harus mengupload file bru lagi atau begimana? Terima kasih sebelumnya...

Kalo mau melakukan maintenance gimana mas,, misalnya kita sudah upload file tpi seiring waktu ada perubahan karena kebutuham sistem,, apa harus mengupload file bru lagi atau begimana? Terima kasih sebelumnya...

Saya sendiri juga belum pernah mengalaminya mas. Bisa jadi dari FTP client nya sedang maintance atau terjadi overload data. Solusinya coba close tab halaman FP client kemudian masuk lagi melalui menu File manger 2. Kalau masih belum bisa tunggu beberapa waktu kemudian bisa jadi dari FTP clientnya yang sedang terjadi problem.

Ada dua cara, pertama bisa ubah source code suatu file melalui text editor bawaan di bagian FTP clientnya (Web hosting idhostinger).

Yang kedua apabila anda ingin mengubah script atau kode bagain bagian suatu file, file yang bersangkutan dihapus dulu ga masalah baru di upload lagi file yang sudah di edit sebelumnya menggunakan editor offline seperti sublime, netbeans, notepad++ dll.

Namun apabila file yang akan diubah source code ada banyak file saran saya diback up dulu semua file beserta data sqlnya, lalu hapus semua file di dalam FTP client kemudian upload ulang kembali file yang sudah diupdate menggunakan panduan yang saya buat diatas. Agar anda tidak mendowload satu persatu filenya saran saya gunakan tools back up yang sudah tersedia pada menu hosting di Idhostinger, cukup dengan 1 klik saja bisa terdownload semua filenya. Untuk panduannya bisa anda baca melalui link berikut : http://www.aditya-web.com/2015/03/cara-backup-file-web-dan-database-mysql-di-idhostinger.html. Semoga membantu.

Bookmark dulu gan ! thx

Mau nanya nih, kok domain saya di hosting idhostinger masih ada notifikasi "domain blm mengarah ke nameserver kami".. Padahal di domain saya nameserver nya idhoatinger sudah di setting dengan benar..

Ini kenapa? Padahal di domain saya udah saya arahin ke nameserver idhostinger...

Saat ini Domain Anda belum mengarah ke nameserver kami sehingga layanan seperti email, ftp, file manajer, website builder dan lain-lain tidak bekerja dengan baik. Anda dapat menemukan detail nameserver kami pada menu Akun -> Detail. Proses untuk mengarahkan domain ke server membutuhkan waktu hingga 24 jam setelah nameserver kami diupdate pada domain Anda.

makasih mas, ak butuh bgt. ak kira cuma upload data.sql aja hahaha. trnyata ada cara nya haha. Ntar aku coba

Mas mau tanya saya lah coba jalankan program saya berhasil tapi ada program yg berhubungan dengan database kok mucul eror yang bertuliskan:

Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/u611866841/public_html/morning2/publishcomment.php on line 2

Tolong mas kasih pencerahan masih newbie

saya mau tanya mas, web saya ada error dg tulisan "Error Establishing a database connection" itu kenapa ya mas? mysql yg sy pakai adl mysql biasa bukan mysqli, apakah itu berpegaruh?
terimakasih, mohon balasannya mas

mas kalo pake domain .tk misalnya aditya.tk. caranya apakah sama kaya yang diatas

makasih om buat infonya ane save link nya di blog ane www.filexjk.blogspot.com

ijin menyimak gan,, thanks buat infonya sangat bermanfaat sekali

gan terimakasih banyak tutorial nya sangat membantu
mantap (y)

mas pas upload file kok file css, images,ckeditornya gabisa ke copy, itu kenapa yah ?

Coba cek pada url untuk pemanggilan file css / images nya. Biasanya kita terbiasa menggunakan perintah url localhost/phpmyadmin/namafolder/filegambar.png Mungkin bisa diganti dengan ../namafolder/filegambar.png. Dengan cara tersebut baik itu file aplikasi web anda ditempatkan di lokal atau di hosting pasti tetap terpanggil.

solusi untuk ini apa ya min ?

Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/u613541181/public_html/koneksi.php on line 9

Fatal error: Call to undefined function msql_select_db() in /home/u613541181/public_html/koneksi.php on line 11

gan saya udah ikutin semua gan tutorial agan.
pas saya preview website saya malah error 404 gan.
padahal udah dihapus juga default.php nya sesuai tutorial agan

kalau terjadi "500 Internet Server Error" itu knpa ya?

Mas, saya terkendala pada nomor 6. Pada saat nomor 6 itu di sebelah kanan nya ada tulisan "pending verification" dan itu gabisa di kelola mas hosting nya

permisi, saya baru pertama kali menggunakan idhostinger. dan kebetulan setelah melihat tutorial ini, saya stuck di point nomor 6. terjadi pending verification orders.
Pending verification itu knp ya? setiap sumber tutorial yg saya lihatpun tidak ada pending verification seperti itu.
Apa memang harus menunggu dulu ya setelah membuat hosting?
Dan jika memang, berapa lamakah kira2?
thanks min.

mw tanya min.. klo
[function.ftp-login] : login authentication failed in home/files/public_html/6/includes/filesystem.inc.php online 61
tolong penjelsannya min ... :)

HARGA PROMO TERMURA TERBESAR SE INDONESIA PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237 website:http://ardhanionlineshop.blogspot.com/ Produk dijamin asli Ready Stock ! Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.900.000.
Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000

MAS kok pending veverfication ?? Tolong penjelasannya :)

tolong bantuannya master,

"Warning: mysqli::mysqli(): (HY000/2005): Unknown MySQL server host 'host' (-2) in /home/u935713937/public_html/include/sambung.php on line 8
Unable to connect to database []"

mas masih kurang ngerti mas tolong di bantu ya mas

mas masih kurang ngerti mas tolong di bantu ya mas, karna saya bloger baru mas

kalau untuk langkah 12 bisa ngak folder nya di tambah jadi config?
dan untuk koneksi.php nya bisa di ketik manual di file koneksi.php nya ngak Gan?

saya sudah mengikuti sesuai tutorial tapi knapa pas di buka website nya kok ngak work Agan?

Unable to load the requested class: Lpengguna..maksudanya

wah ... panjang juga ya cara upload file di idhostinger ini

Mas.. Minta Source Code.. aplikasi sederhana.. apa boleh. ?
Krm ke EMAIL maling.opes3@gmail.com

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

kenapa ya gambar thumbnail website saya ga nampil?

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.