Apakah Trafik Dari Vivalog Aman Untuk Google Adsense?

Di beberapa kesempatan saya pernah mempublish tulisan mengenai jaringan sosial bookmark di Vivalog. Mungkin untuk lebih jelasnya bisa rekan baca terlebih dahulu mengenai melalui artikel berikut ini :

Cara Daftar Menjadi Member Anggota di VivaLog
Cara Submit dan Kirim Artikel di Vivalog
 
Banyak yang menanyakan ke saya beberapa waktu berikutnya sesudah saya publish artikel tersebut. Inti dari pertanyaan tersebut adalah Apakah Trafik Dari Vivalog Aman Untuk Google Adsense? 

Apakah Trafik Dari Vivalog Aman Untuk Google Adsense?

Traffik Yang Melimpah

Kita tahu sosial bookmark sejenis vivalog, liputan6, lintas.me dan banyak sosial bookmark lainnya memberikan garansi traffik pengunjung yang melimpah apabila artikel yang kita publish di blog juga di publish di situs sosial - sosial bookmark tersebut. Umumnya sumber trafik ini didapatkan dari laman website mereka yang mana pengunjungnya bisa mencapai puluhan ribu hingga ratusan ribu per harinya. Selain itu ribuan follower mereka dari sosial media seperti facebook dan twitter turut andil dalam mebantu melonjaknya visitor untuk blog kita.

Namun bagi blog yang memiliki akun dan memasang iklan google adsense kebanyakan merasa khawatir jika artikel kita di submit disana. Ada yang berpandapat bahwa ditakutkan akun adsense kita akan di banned karena traffik blog yang dikelola tiba - tiba mendapat banyak kunjungan dalam waktu yang singkat.

Pernyataan dari Viva terkait Google Adsense

Bagi anda yang terdaftar dan mempunyai akun member di viva pasti memperoleh email seperti berikut ini. Sebenarnya dikirimnya sudah beberapa bulan yang lalu. Tapi baru bisa saya publish pada kesempatan kali ini :

Apakah Trafik Dari Vivalog Aman Untuk Google Adsense?
Apakah Trafik Dari Vivalog Aman Untuk Google Adsense?

Jika anda membaca isi pesan email komunikasi antara pihak Viva dan Google adsense dapat diambil kesimpulan jika teknologi iframe yang diimplementasikan pihak sosial bookmark dalam hal ini viva tidak menjadi masalah asalkan iklan google adsense sendiri tetap menempel di bagian blog kita sendiri bukan di bagian iframe. Pihak viva pun memberikan statement Aman. Sebagai Publisher Google Adsense kita juga tidak perlu menambahkan laman vivalog atau mengklaim ke dalam akun Publisher kita. 

And Now, How should we do about this?

Well, kita tahu traffik dari sosial bookmark seperti viva ini tergolong jenis trafik dari pihak ketiga sama halnya traffik yang bersumber dari sosial media seperti facebook, twitter dan lain sebagainya. Pihak Viva sendiri menyatakan itu aman, namun menurut saya itu bukanlah suatu jaminan. Kita tidak pernah tahu google adsense sedang memantau aktivitas penghasilan kita secara intens apa tidak. Andaikata buruk - buruknya akun adsense kita kena banned, saya yakin Viva tak akan bertanggung jawab atau membantu banding atau istilah pengajuan pengembalian akun lainnya. Sebagai publisher, pikiran kita sudah termindset bahwa cara aman bermain Google adsense ialah dengan mendatangkan trafik organik atau natural yang asal muasalnya dari search engine melalui keyword (kata kunci) tertentu.

Mungkin sedikit saran yang bisa saya bagi disini ialah jika kita tetap ingin menggunakan sosial bookmark seperti di VivaLog ini ada baiknya jika blog kita sudah memiliki traffik yang sumbernya dari search engine. Seperti bing, google atau Yahoo. Buat bagaimana caranya blog kita memperoleh trafik secara stabil dan konsisten dari search engine search engine tersebut dalam kurun waktu tertentu. Baru jika ingin mengembangkan lebih kita coba submit ke VivaLog untuk lebih membantu lagi dalam mendongkrak trafik pengunjung dan meningkatkan penghasilan adsense tentunya.

Mungkin itu yang bisa saya share terkait apakah aman tidaknya Traffik dari Sosial bookmark Vivalog untuk blog yang mempunyai akun dan iklan google adsense. Silahkan jika anda mempunyai tips - tips lainnya terkait hal ini langsung saja disampaikan melalui kotak komentar di bawah supaya bisa menjadi pengetahuan kita bersama. Sekian dan semoga bermanfaat.

19 comments

benar sekali mas, saya juga banyak mendengar kalau trafik dari vivalog dapat mengancam akun adsense kita. tapi setelah membaca artikel di atas, dengan disertakan bukti email dari vivalog, paling tidak sudah terjawab pertanyaan yang selama ini menggelayut

Saya belum pernah nyoba submit artikel ke vivalog mas aditya. Rupanya jika ingin aman submit artikel setidaknya blog kita sudah bertrafic murni dari SE ya mas.

Saya sudah pernah coba mas, tapi itu tadi syaratnya harus meletakkan script agar tampil diblog kita, makanya saya ndak menggunakannya lagi :D

berarti patut dipertimbangkan juga ya mas kalo submit artikel ke sosial bookmark seperti vivalog jika blog tersebut mempunyai google adsense, saya mah blom punya GA sih :)

Yang penting setidaknya kita tahu kapan waktu yang tepat untuk submit ke jejaring sosial bookmark seperti yang saya sebutkan diatas.

Ya mas, kala saran atau pendapat dari saya seperti itu mas. Stabilkan atau konsistenkan terlebih dahulu traffik yang asalnya dari search engine. Supaya menimalisir kejadian yang tidak kita inginkan dengan akun google adsense kita.

Ya karena Itu syarat wajibnya mas. Kalau ga dipasang widgetnya kemungkinan diterimanya (approval) artikel yang kita submit di vivalog akan sangat kecil atau bahkan malah ditolak. :)

Saran yang bagus buat blogger. Lebih baik mengutamakan kualitas konten untuk mendaptkan traffik blog natural... Sabar pasti dpt hasilnya

Kalau yang ga pasang iklan adsense sepertinya ga bakal menjadi masalah mas, artikel di blognya di submit dan di terbitkan oleh pihak Viva.

Iya gan istilahnya cari amannya dulu :-bd

betul mas, makanya saya copot dan cari yang lain saja

benar sekali mas adit. walaupun pihak dari viva mengatakan aman untuk publisher belum tentu aman juga bagi GA. memang lebih baik trafik blog yang alami mas. hehehe
btw thanks atas informasinya mas.

saat ini banyak blogger yang terlalu terobsesi dengan blog blog yang punya traffic tinggi sehingga dengan cara apapun mereka berusaha untuk membuat blognya kebanjiran traffic dalam waktu singkat sehinga tidak fokus lagi pada lalu lintas dari SE yang sebenarnya itu lebih alami..

Salah satu alternatif juga dari citizen liputan 6 juga bagus gan

salah satu alasan mengapa saya masih ragu dengan sosbok adalah adanya rumor banned dari adsense jika terlalu banyak trafik yang bukan berasal dari search engine..

saya juga pernah menerima email tersebut, tapi yang jadi masalah buat saya adalah ketika datang trafic dari viva, kita harus mengklain situs viva ke otorisasi, trus jika semua publisher melakukan hal yang sama, kayaknya bisa gawat buat akun adsense gak gan.

I really enjoy simply reading all of your web. Simply wanted to inform you that you have people like me who appreciate your work. Definitely a great post sicbo

Belum sempat daftar di vivalog, ya itu dia saya khawatir ada something wrong dengan adsense, kan bahaya, jadi untuk saya pribadi lebih baik fokus di kualitas konten, apalagi saat ini kulitas konten sudah sangat diperhitungkan oleh google yang dapat mempengaruhi rangking di halaman pencarian, saya sendiri mencobanya tanpa backlinkpun blog sudah bisa mendapatkan pengunjung ribuan padahal jumlah pos masih sedikit. itu artinya konten sangat menentukan untuk saat ini.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.