8 Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Laptop merupakan suatu perangkat gadget pengganti PC desktop. Laptop merupakan komputer jinjing yang dapat dibawa kemana saja. Ukurannya yang kecil, membuatnya lebih efisien untuk dibawa kemana saja. Dalam peforma kinerja laptop sendiri tergantung dari cara si pengguna laptop merawat perangkat tersebut. Namun semakin lama usia pemakaian, pefroma laptop umumnya akan menurun.


Banyak sekali cara untuk merawat laptop supaya awet dan tahan lama namun tentunya tidak semua cara yang ada bisa memberikan efek yang baik untuk perawatan laptop. Adapun berikut ini ada beberapa cara untuk merawat laptop supaya awet dan juga tahan lama yakni sebagai berikut:

1. Hindari menggunakan Laptop diatas kasur

Ini kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pengguna laptop yang mana seringkali ketika menggunakan laptop diletakan diatas kasur.  Hal ini bisa membuat laptop cepat rusak, mengapa demikian? Karena bahan kasur yang empuk dan lembut dan bisa menyerap panas, sehingga laptop akan cenderung panas sekali. Tentu saja hal ini bisa membahayakan laptop karena jika terlalu panas bisa merusak komponen yang ada didalamnya dengan cepat.

2. Jangan taruh benda diatas laptop terutama yang berat

Jangan sampai laptop dihimpit dengan benda yang berat walaupun posisi laptop sedang tertutup, tentu saja hal ini bisa membuat LCD Laptop menjadi rusak karena jika terkena benturan benda tersebut. Ketika LCD layar sudah mulai rusak bisa dilihat dari adanya timbul garis-garis dan jika sampai mati total bisa membahayakan sistem.

3. Jagalah kebersihan Laptop 

Hal ini juga mesti diperhatikan, dimana ketika menggunakan laptop sering kali tidak dibersihkan hal ini memang terkesan hal yang sepel namun jika dibiarkan debu yang menempel pada laptop bisa membuat saluran pembuangan hawa nya rusak. Maka lebih baik bisa dibersihkan secara berkala dan berkelanjutan untuk menghindari kerusakan.

4. Jangan pernah biarkan laptop terkena benda cair

Benda cair seperti minyak ataupun minuman tentu saja bisa merusak laptop yang mana jika terkena bisa menimbulkan bekas ataupun jika ada material besi akan membuat laptop menjadi berkarat atau bahkan bisa mati total.  Jika laptop terkena benda cair secepatnya langsung dibersihkan.

5. Jangan Dekatkan Benda Magnet pada Laptop

Mengapa demikian? Magnet memiliki daya tarik gravitasi yang sangat kuat, jika didekatkan pada laptop bisa merusak aliran sistem yang ada dan bahkan bisa mengacaukan sinyal input dan outputnya, sehingga sebaiknya jangan pernah mendekatkan laptop dengan magnet. 

6. Jangan biarkan baterai Laptop dibawah 10% Terlalu Sering

Hal ini sering terjadi ketika menggunakan laptop dipakai hingga baterai lowbat, hal ini tentu saja tidaklah bagus untuk baterai laptop sendiri. Sebaiknya jika baterai sudah mencapai 10% bisa langsung mematikan laptop dan mengecasnya. Jangan lupa jika lampu indikator sudah menunjukan baterai laptop sudah penuh langsung cabut kabel chargernya

7. Jangan menghidupkan laptop ketika sedang di charger

Hal ini seringkali dilakukan oleh sebagian besar pengguna Laptop yakni mengecas nya ketika dalam posisi sedang dipakai atau hidup, ini tentu akan merusak baterai yang mana jika semakin lama dibiarkan semakin kurang daya serapnya sehingga baterai bisa cepat lowbat, dan juga sebaiknya Anda bisa melihat tegangan listrik ketika mengecas Laptop, karena jika tidak stabik bisa membuat adaptornya rusak.

8. Atur Tingkat Keterangan Cahaya Layar

Anda bisa menghemat baterai lebih lama dengan mengatur tingkat kecerahan layar yang bisa disesuaikan jika Anda berada ditempat yang terang sebaiknya bisa gunakan layar yang redup saja, hal ini bisa membantu menghemat baterai. 

Jadi itulah beberapa informasi mengenai cara merawat laptop supaya awet dan tahan lama semoga apa yang sudah diberikan diatas bisa membantu Anda untuk lebih peduli dalam merawat laptop.

3 comments

Baru tahu ternya tingkat keterangan layar bisa menghemat baterai,, thank infonya,

Kesalahan saya paling sering menggunakan Laptop diatas kasur,,

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.