Cara Transfer Uang Melalui Internet Banking BRI ke BCA, BNI, Mandiri (Bank Lain)

Internet Banking BRI / i-Banking BRI merupakan salah satu media yang dibuat untuk memudahkan para nasabah BRI untuk melakukan kegiatan transaksinya. Kita tidak perlu repot - repot lagi untuk datang ke mesin ATM sekarang. Bermodalkan PC / Laptop dan koneksi internet kita sudah bisa memanfaatkan layanan yang ada pada mesin ATM seperti melakukan cek saldo, membayar tagihan bulanan, membeli pulsa elektronik, melakukan transfer baik ke sesama BRI maupun ke Bank lain dan banyak lagi manfaatnya.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman atau panduan dalam hal kegiatan transfer uang melalui Internet Banking BRI ke Bank lain Seperti Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI dan bank - bank lainnya. Berikut ulasannya selengkapnya :

1) Akses Website Internet Banking BRI

Silahkan akses situs i-Banking BRI https://ib.bri.co.id/ib-bri/. Silahkan anda login dengan memasukan data username, password beserta kode verifikasi akun. Username dan Password ini anda dapatkan ketika melakukan registrasi Internet Banking melalui Kantor BRI cabang terdekat di kota Anda.
Cara Transfer Uang Melalui Internet Banking BRI ke BCA, BNI, Mandiri (Bank Lain), Halaman Depan Internet Bangking BRI




2) Pilih Menu Transfer

Untuk melakukan kegiatan transfer klik menu Transfer Sesama dan Antar Bank [1]. Karena yang akan kita transfer adalah Rekening Bank lain, klik Transfer Antar Bank [2]. Pilih rekening pengirim yakni rekening BRI anda [3]. Kemudian anda pilih bank tujuan transfer lalu anda masukan nomor rekening penerima [4]. Masukkan data penerima berupa Nama penerima uang, jumlah nominal uang yang dikirimkan (input angka tanpa titik semisal 1 juta tulis 1000000), nomor referensi (input bebas terserah), Berita (Input keterangan pengiriman uang), Email (Input alamat email si penerima uang, jika tidak punya bisa anda input dengan alamat email anda sendiri) [5]. Kemudian klik Kirim [6].

Cara Transfer Uang Melalui Internet Banking BRI ke BCA, BNI, Mandiri (Bank Lain), Halaman Transfer Uang I-banking BRI
3)  Request Kode mToken

Setelah anda klik kirim maka akan muncul rincian transaksi. Untuk kegiatan verifikasi transaksi anda diwajibkan memasukkan kode mToken. Kode mToken anda peroleh dengan mengklik link Permintaan mToken [7]. Kode mToken akan dikirimkan melalui sms ke nomor hp and ayang didaftarkan ketika registrasi di kantor Bank BRI.

Cara Transfer Uang Melalui Internet Banking BRI ke BCA, BNI, Mandiri (Bank Lain), Halaman Transfer Uang I-banking BRI, Permintaan Request M-Token I-banking BRI


Masukkan kode mToken yang dikirimkan melalui sms di handphone anda pada kolom yang tersedia [8]. Sebagai catatan mToken hanya berlaku satu kali dalam satu transaksi dan harus anda masukkan maksimal 5 menit dari setelah anda menerima kode mToken. Jika tidak maka kode mToken akan tidak berlaku lagi / expired dan anda harus melalukan klik permintaan mToken ulang. Contoh dari sms pengiriman mToken dari BRI bisa anda lihat seerti gambar di bawah ini : 

Cara Transfer Uang Melalui Internet Banking BRI ke BCA, BNI, Mandiri (Bank Lain), Kode verifikasi M-Token I-banking BRI

Terakhir klik Kirim [9].

4) Transaksi Berhasil

Terakhir tunggu hingga halaman selesai loading karena di saat itu uang di dalam saldo kita sedang dikirim. Jika sudah muncul halaman seperti di bawah ini maka transaksi transfer uang anda ke rekening Bank lain sudah selesai dan berhasil dilakukan.

Cara Transfer Uang Melalui Internet Banking BRI ke BCA, BNI, Mandiri (Bank Lain), Transaksi berhasil i-banking BRI

Setelah transaksi berhasil dilakukan anda bisa menyimpan mencetak bukti transaksi yang nantinya akan muncul dalam format pdf. Seperti itulah langkah demi langkah melakukan mengunakan i-banking BRI khusunya dalam hal transfer pengiriman uang dari BRI ke Bank Lain. Semoga dapat dipahami dan semoga bermanfaat.

12 comments

Kalau tidak salah ada batas waktu transfernya mas antar bank itu?

Ya ketika kita akses menu transaksi pengiriman hanya dibatasi waktu kurang lebih 5 menit saja kalau terlalu lama halaman akan diredirect otomatis untuk logout dari sistem i-banking BRI. Kode M-token juga harus secepatnya dipakai jika tidak juga keburu expired.

Masih blm mas. Sistem verikasi di i-Banking BRI masih menggunakan teknologi sms. Jadi kode mToken akan dikirimkan via no hp kita yang didaftarkan ketika registrasi.

Namanya juga teknologi mas. Sebisa mungkin membantu dan menggantikan yang manual :)

terima kasih infonya, ternyata dengan IB BRI sangat memudahkan transaksi perbankan kita.

info yang menarik Mas, sudah lama jadi nasabah BCA tapi belum juga menggunakan internet banking.

Terima kasih

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.