Cara Transfer Uang Melalui Internet Banking BRI ke BCA, BNI, Mandiri, Maybank BII / Bank Lain

Internet Banking BRI / i-Banking BRI merupakan salah satu media yang dibuat untuk memudahkan para nasabah BRI untuk melakukan kegiatan transaksinya. Kita tidak perlu repot - repot lagi untuk datang ke mesin ATM sekarang.

Bermodalkan PC / Laptop dan koneksi internet kita sudah bisa memanfaatkan layanan yang ada pada mesin ATM seperti melakukan cek saldo, membayar tagihan bulanan, membeli pulsa elektronik, melakukan transfer baik ke sesama BRI maupun ke Bank lain dan banyak lagi manfaatnya.


Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman atau panduan tata cara transfer uang melalui Internet Banking BRI ke Bank lain Seperti Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI dan bank - bank lainnya. Berikut ulasannya selengkapnya :

1. Akses Website Internet Banking BRI

Silahkan akses halaman resmi Internet Banking BRI https://ib.bri.co.id/ib-bri/. Silahkan ketik atau masukan username, password beserta kode verifikasi. Lalu klik tombol Masuk.

Cara Transfer Uang Melalui Internet Banking BRI ke BCA, BNI, Mandiri (Bank Lain), Halaman Transfer Uang I-banking BRI
Halaman Login Pengguna - Internet Banking BRI

Username dan Password ini anda dapatkan ketika melakukan registrasi Internet Banking melalui Kantor BRI cabang terdekat di kota Anda.

2. Pilih Menu Transfer Sesama & Antar Bank

Cara Transfer Uang Melalui Internet Banking BRI ke BCA, BNI, Mandiri (Bank Lain), Halaman Transfer Uang I-banking BRI
Halaman Transfer Sesama & Antar Bank - Internet Banking BRI

Untuk melakukan kegiatan transfer klik menu Transfer Sesama dan Antar Bank (1). Karena yang akan kita transfer adalah Rekening Bank lain, klik Transfer Antar Bank (2). Pilih rekening pengirim yakni rekening BRI anda (3). Kemudian anda pilih bank tujuan transfer lalu anda masukan nomor rekening penerima (4).

Masukkan data penerima berupa Nama penerima uang, jumlah nominal uang yang dikirimkan (input angka tanpa titik semisal 1 juta tulis 1000000), nomor referensi (input bebas), Berita (Input keterangan pengiriman uang), Email (Input alamat email si penerima uang, jika tidak punya bisa anda input dengan alamat email anda sendiri) (5). Kemudian klik Kirim (6).

3. Request Kode mToken

Cara Transfer Uang Melalui Internet Banking BRI ke BCA, BNI, Mandiri (Bank Lain), Halaman Transfer Uang I-banking BRI, Permintaan Request M-Token I-banking BRI
Halaman Transfer Antar Bank & Permintaan mToken - Internet Banking BRI

Setelah anda klik kirim maka akan muncul rincian transaksi. Untuk proses verifikasi transaksi anda diwajibkan memasukkan kode mToken. Kode mToken anda peroleh dengan mengklik link Permintaan mToken (7).

Kode mToken akan dikirimkan melalui sms ke nomor hp anda, dimana nomor hp tersebut sudah anda daftarkan ketika registrasi di kantor Bank BRI terdekat.

Cara Transfer Uang Melalui Internet Banking BRI ke BCA, BNI, Mandiri (Bank Lain), Kode verifikasi M-Token I-banking BRI
Kode m-Token yang via sms pengguna I-Banking BRI

Masukkan kode mToken yang dikirimkan melalui sms di handphone anda pada kolom yang tersedia (8). Sebagai catatan satu kode mToken hanya berlaku untuk satu kali kegiatan transaksi. Kode tersebut harus anda masukan maksimal 10 menit sejak anda menerima kode mToken tersebut.

Jika tidak maka kode mToken akan tidak berlaku lagi alias expired. Anda harus melalukan klik permintaan mToken ulang. Terakhir klik Kirim (9).

4. Transaksi Antar Bank Berhasil

Cara Transfer Uang Melalui Internet Banking BRI ke BCA, BNI, Mandiri (Bank Lain), Transaksi berhasil i-banking BRI
Halaman Transfer Antar Bank Berhasil - Internet Banking BRI

Terakhir tunggu hingga halaman selesai loading. Jika sudah muncul halaman seperti di atas maka transaksi transfer uang anda ke rekening Bank lain sudah selesai dan berhasil dilakukan. Setelah transaksi berhasil dilakukan anda bisa menyimpan mencetak bukti transaksi yang nantinya akan muncul dalam format pdf.

Sebagai bukti jika anda sudah melakukan transfer ke rekening lain. Anda juga bisa mengeceknya melalui menu Mutasi Rekening. Untuk info selengkapnya silahkan klik panduan link di bawah ini :


Seperti itulah langkah demi langkah melakukan mengunakan internet banking BRI khususnya dalam hal transfer pengiriman uang dari BRI ke Bank Lain. Semoga dapat dipahami dan semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.