Begini Cara Tutorial Memasang Kloset Duduk Yang Baik dan Benar

Saat mendesain toilet kamar mandi terbaru, tentu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah memilih kloset. Kloset sendiri terdiri dari dua bentuk, yaitu kloset duduk dan kloset jongkok. Fungsinya tentu sama, yaitu sebagai tempat pembuangan air, namun pilihan kembali ke tangan anda, apakah lebih menyukai kloset duduk atau kloset jongkok.

Begini Cara Tutorial Memasang Kloset Duduk Yang Baik dan Benar

Kloset duduk termasuk kloset yang diminati karena lebih santai dan modelnya termasuk ke dalam koleksi kamar mandi modern saat ini. Kloset duduk umumnya terdiri dari dua bentuk, yaitu monoblock dan dualblock. Kloset monoblock memiliki tangki yang menyatu dengan badan kloset, sedangkan tangki dan badan kloset yang terpisah disebut kloset dualblock .

Hal penting yang harus diperhatikan saat memasang kloset adalah, posisi kloset harus berdekatan dengan septic tank, hal ini dilakukan untuk memperkecil resiko terjadinya saluran mampet. Lalu, buatlah sistem pipa yang baik, yaitu berdiameter sedang dan tidak berbelok-belok.

Jangan lupa untuk memperhatikan flushing system pada kloset anda, sehingga bisa disesuaikan dengan konsumsi airnya. Pipa untuk menyalurkan air bersih berukuran setengah inci harus disiapkan di belakang kloset. Siapkan juga pipa berukuran empat inci sebagai saluran pembuangan yang nantinya dipasang dengan bagian ujung pipa sejajar atau rata dengan lantai.

Lalu, bagaimana cara memasang kloset duduk yang benar? Berikut caranya :
  1. Bacalah petunjuk terlebih dahulu, untuk mengetahui berapa jarak dan ukuran yang harus disiapkan nantinya.
  2. Persiapkan lubang pembuangan dan pipa air bersih.
  3. Persiapkan juga peralatan seperti; meteran ukur, obeng plus dan minus, kunci inggris, lem silicon,gergaji besi, bor listrik, tang kakatua, kunci 10 dan 12, kunci pipa, dynabolt ukuran 10 mm, dan lainnya.
  4. Ukur lubang pengunci bowl, tandai agar mudah, lalu buatlah lubang pada sisi kanan dan sisi kiri dengan jarak tersebut dengan cara membagi dua titik tengah pipa. Lalu masukkan baut, kencangkan dengan kunci 12, lepaskan mur nya.
  5. Balik kloset dan pasang wax ring dengan cara menekannya pada bagian sisi lubang, pastikan lengket pada bagian sisi lubang kloset.
  6. Pasang stop keran, T, flexible hose, dan jet shower yang berada di belakang kloset menggunakan kunci inggris atau kunci pipa.
  7. Jika kloset menggunakan tempat duduk yang memiliki bidet,maka T juga harus dipasang pada bagian belakang.
  8. Pasang kloset di atas lubang pipa yang telah dipasang baut pada sisi kanan kiri. Masukkan lubang kaki kloset pas pada baut, jangan lupa untuk pasang ring dan mur, kencangkan dengan kunci 12
  9. Pasang alat-alat dalam tangki dengan memasang rubber tank terlebih dahulu sebagai pencegah bocor dan dudukan tangki
  10. Sambungkan flexible hose pada T dan tangki, kencangkan secukupnya
  11. Atur ketinggian air dengan menyetel pengatur air sesuai kebutuhan anda.
  12. Pasang tutup tangki dan tombol (push button)
  13. Pasang seat cover pada kloset
Tahap terakhir, lakukan pengetesan pada kloset yang sudah terpasang, apakah ada kebocoran atau rembesan air.

Bagaimana Pendapat Anda?

Diberdayakan oleh Blogger.