Manfaat dan Pentingnya Promosi Bagi Bisnis Yang Anda Jalankan

Bisnis selalu berjalan lancar dan sukses pasti harapan semua pelaku bisnis ketika memulai bisnisnya tersebut. Untuk sampai ke tahap tersebut tentu tidak mudah serta melalui proses yang panjang dan berliku. Kesabaran, pandai melihat peluang, dan terus melakukan inovasi merupakan kiat-kiat yang harus diketahui siapa saja yang ingin memasuki dunia bisnis.

Salah satu yang perlu dilakukan para pelaku bisnis agar mencapai titik tersebut adalah proses marketing. Aspek penting dalam marketing sering dikenal dengan 4p, yakni product, price, place, dan promotion.

Bentuk - Bentuk Promosi Bagi Bisnis

Dalam pengertiannya, selain bagian dari proses kegiatan marketing, promosi adalah segala usaha yang dilakukan dalam berbisnis untuk mengenalkan produknya ke khayalak agar menarik para calon konsumen untuk membeli produk-produk tersebut sehingga menambah income penjualan. Pertanyaan apakah promosi penting bagi bisnis memiliki jawaban yang sudah jelas, yakni, ya, promosi pada bisnis jelas sangat penting.

Bentuk promosi bagi bisnis beragam dan sesuai strategi masing-masing para pelaku bisnis. Orientasi dari kegiatan promosi adalah meningkatkan hasil dari penjualan produk-produk yang ditawarkan baik pada produk unggulan bisnis yang dimiliki pengusaha maupun usaha untuk mengenalkan suatu produk baru.

Product Launch - Apakah Promosi Itu Penting Bagi Bisnis?
Photo : Product Launch

Salah satu bentuk promosi yang populer digunakan para pelaku bisnis adalah mengiklankan produk-produk mereka melalui baik media tradisional, misalnya majalah, banner, papan billboard, hingga televisi, maupun melalui media digital seperti internet. Semua bentuk promosi melalui media pun tetap bertujuan agar pendapatan produk yang ditawarkan naik pesat dari biasanya.


Seperti yang telah disebutkan, bentuk-bentuk promosi bagi bisnis sesungguhnya tidak ada template pasti dan dilakukan sesuai kebutuhan serta strategi masing-masing pebisnis. Yang menjadi contoh promosi misalnya dengan penawaran pembelian beberapa produk sekaligus untuk harga yang lebih murah atau bahkan penawaran membeli satu produk akan mendapatkan produk satu lagi (buy 1 get 1).

Promo Buy 1 Get 1
Promo Buy 1 Get 1

Promosi-promosi tersebut tentu akan sangat menarik bagi para calon konsumen sehingga konsumen tersebut pasti cenderung akan mengambil penawaran tersebut sehingga dapat meningkatkan pendapatan bisnis.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Promosi

Melakukan promosi produk bisnis memang penting, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Meskipun kegiatan promosi cenderung dilakukan dengan melihat prospek jangka panjang, tidak ada salahnya apabila memikirkan pula aspek jangka panjangnya karena akan lebih efisien.

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika melakukan promosi adalah budget kegiatan tersebut. Apakah biaya operasional promosi akan tertutup dengan keuntungan yang didapat atau tidak.

Kemudian, perhatikan pula cara promosi untuk aspek jangka panjang, misalnya jumlah pendapatan pada produk yang sedang dipromosikan meningkat. Namun, apakah ketika masa promosi telah usai produk tersebut akan tetap digemari para konsumen? Untuk itulah promosi harus realistis akan tetapi tetap memberikan pandangan bahwa konsumen sangat diuntungkan dengan pembelian produk promosi tersebut.

Promosi adalah Bagian dari Strategi Bisnis
Photo : Promosi adalah Bagian dari Strategi Bisnis

Untuk membantu memecahkan masalah tentang promosi, Advertising Agency Jakarta hadir untuk memberikan solusi tersebut bagi para pelaku bisnis. Advertising Agency Jakarta Drife.co.id yang ahli dalam marketing digital memiliki produk - produk yang memberikan keuntungan bagi para pebisnis, salah satunya adalah Digital Campaign yang sangat bagus untuk membantu kegiatan marketing.

Selain itu, jika bisnis telah memiliki aplikasi sendiri, hal tersebut juga bisa dijadikan sebagai media promosi misalnya menyediakan kupon diskon untuk setiap pembelian melalui aplikasi. Untuk mengelola aplikasi perusahaan, Advertising Agency Jakarta drife.co.id juga memiliki solusinya yaitu dengan servis Application Maintenance & Management.
Diberdayakan oleh Blogger.