Cara Perpanjang Masa Aktif Domain di Niagahoster 2019 (Renewal Domain)

Beberapa waktu yang lalu lebih tepatnya sejak awal bulan Maret 2019 ternyata saya sudah diberikan notifikasi untuk melakukan perpanjangan domain web yang saya kelola di Web Hosting Niagahoster.co.id yang kebetulan expired masa aktifnya di 29 Maret 2019. Nah berhubung dah lama juga saya kaga bikin artikel tutorial, maka dari itu saya coba sharing lagi melalui tulisan ini mumpung ada bahan konten.

FYI. Perpanjangan Domain / Renewal Domain merupakan salah satu aktivitas wajib tahunan yang dilakukan oleh seorang blogger, penulis konten atau pemilik website untuk memperpanjang masa aktif usia website atau blog yang dikelolanya.  Perpanjangan masa aktif ini bisa dilakukan minimal satu tahun sekali. Untuk harga yang dikeluarkan untuk memperpanjang domain ini umumnya tergantung dari pihak Web Hosting. Namun untuk domain .com sendiri berada di kisaran harga Rp. 100.000 - Rp. 150.000 per tahun nya.

Baik langsung saja ke poin kunci. Sebenarnya ada dua cara sih untuk melakukan perpanjangan masa aktif domain di Niagahoster. Ada Cara Mudah (Praktis) maupun Cara Manual (Non Praktis). Bedanya apa? Langsung simak ulasan yang saya buat berikut :

Cara Mudah (Praktis)

Lakukan Pembayaran

Untuk yg cara ini kuncinya sederhana saja. Sesudah anda memperoleh pemberitahuan berupa Invoice Renewal via email seperti berikut ini :

Tagihan perpanjangan domain dari Niagahoster via email
Photo : Tagihan perpanjangan domain dari Niagahoster via email

Lakukan transfer rekening melalui nomor rekening bank yang tersedia milik web hosting Niagahoster. Kalau saya prefer lewat transfer ATM biar pembayaran langsung di proses sama bank dalam hitungan detik saat itu juga. Tapi Kalau mau pake M-Banking atau Internet Banking ya monggo saja. Yang pasti simpan / screenshot bukti pembayarannya jangan dibuang.

Hubungi Customer Service Via LiveChat

Nah sesudah anda transfer langsung kontak CS Niagoster. Bisa via Nomor WA mereka atau Live chat di situs Niagahoster itu sendiri. Infokan ke CS nya beberapa pin kunci seperti nama domain, alamat email kita, jumlah pembayaran atau nomor rekening yang digunakan pada saat transaksi.

Konfirmasi pembayaran domain via live chat Niagahoster

Konfirmasi pembayaran domain via live chat Niagahoster
Photo : Konfirmasi pembayaran domain via live chat Niagahoster

Sebagai bukti bilamana domain sukses diperpanjang ialah makan anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email yang berisikan jika domain sudah berhasil diperpanjang masa berlakunya. Kurang lebih sebagai berikut ini :

Photo : Bukti domain sudah berhasil sukses diperpanjang di Niagahoster

Cara Manual (Non Praktis)

Bagaimana mudah bukan cara perpanjangan domain di Niagahoster?

Namun jika anda sedang tidak diburu waktu atau dalam arti sedang tidak sibuk dan ingin mengintip atau mengulik dalemannya halaman member hosting di Niagahoster.co.id tanpa harus membuat repot mbak - mbak atau mas - masnya customer service Niagahoster yang sedang sibuk bekerja, maka tak ada salahnya kita bisa gunakan cara berikut ini.

Login Member

Pastikan anda sudah memilik akun email dan password yang digunakan untuk login di member area webite Niagahoster.

Halaman login member hosting di Niagahoster

Halaman login member hosting di Niagahoster
Photo : Halaman login member hosting di Niagahoster

Halaman Member dan Tagihan

Jika anda sudah login. Maka anda akan diarahkan ke halaman utama admin member. Kemudian anda klik menu yang di sebelah kiri yakni menu Tagihan

Halaman utama admin member hosting di Niagahoster

Di dalam menu Tagihan, akan tertera rincian pembayaran domain yang harus anda bayarkan untuk melakukan perpanjangan tahunan. Anda bisa gunakan kode voucher tertentu apabila memilikinya. Bisa digunakan untuk diskon pembayaran member hosting pada umumnya. Jika tidak memiliki abaikan saja.


Halaman tagihan member hosting di Niagahoster
Photo : Halaman tagihan member hosting di Niagahoster

Halaman Pembayaran dan Konfirmasi 

Di halaman ini anda memilih metode pembayaran apa yang akan anda gunakan untuk memperpanjang masa aktif domain. Juga tertera no rekening transaksi penerima yakni Niagahoster. Saya pribadi ketika melakukan perpanjangan ini melalui metode transfer antar rekening bank via mesin ATM yang sudah saya jelaskan pad acara praktis diatas.


Halaman pembayaran member hosting di Niagahoster
Photo : Halaman pembayaran member hosting di Niagahoster

Masih di dalam menu Tagihan. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi secara manual dengan acara mengisi data - data transaksi pembayaran. Upload dokumen transaksi sebagai bukti kalau anda telah melakukan perpanjangan masa aktif domain di Niagahoster.

Halaman konfirmasi pembayaran member hosting di Niagahoster
Photo : Halaman konfirmasi pembayaran member hosting di Niagahoster

Begitulah sedikit langkah demi langkah yang bisa saya bagi ketika melalukan perpanjangan masa aktif domain di Niagahoster.co.id berdasarkan pengalaman saya sendiri. Mau cara praktis atau non praktis saya kembalikan lagi ke para pembaca semua. Karena tugas saya untuk mengupdate blog ini agar selalu hidup dalam bentuk tulisan sudah selesai. Baik sekian dulu, kalau ada yang belum jelas silahkan tinggalkan komentar nya ya. See you. . .
Diberdayakan oleh Blogger.