5 Usaha Kecil Menguntungkan di Desa Paling Potensial

Ada banyak usaha kecil menguntungkan di desa yang patut untuk anda coba. Melalui bisnis kecil-kecilan ini, bisa sangat menguntungkan tanpa harus merantau ke kota-kota besar. Terlebih lagi, perkembangan teknologi yang semakin maju dan memasuki pedesaan.

Beberapa Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Meskipun tinggal di desa, tidak menghalangi anda untuk membuka peluang usaha. Banyak komoditas pedesaan yang melimpah dan dapat dikelola dengan maksimal. Kini tak sedikit orang yang sukses memulai usaha di desa. Dengan memaksimalkan potensi diri dan juga tekun dalam menjalani, bisa menghasilkan sebuah usaha yang menguntungkan. Berikut ini beberapa ide usaha di desa 2020 yang dapat anda coba.

1. Pangkas Rambut

Usaha Pangkas Rambut
Usaha Pangkas Rambut

Usaha potong rambut dapat dijadikan sebagai pilihan bisnis kecil-kecilan di desa tempat anda tinggal. Anda bisa mulai merintis usaha ini dengan menyewa tempat atau membuka bisnis di depan rumah. 

Pastikan tempat anda cukup untuk menaruh peralatan dan melayani satu dua pelanggan agar tidak terlihat sesak. Ketika usaha ini cukup berkembang, anda bisa mulai mempekerjakan penduduk sekitar untuk membantu. Dengan begitu, anda juga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

2. Usaha Menjahit Rumahan

Usaha Menjahit Rumahan
Usaha Menjahit Rumahan

Bila anda memiliki keahlian menjahit, manfaatkan keahlian tersebut untuk membuka sebuah usaha. Usaha kecil menguntungkan di desa ini juga memiliki prospek yang menjanjikan. Karena meskipun di desa, tentunya semua orang butuh pakaian. Anda bisa menawarkan jasa menjahit pakaian, remake pakaian lama, permak pakaian, hingga menjual desain baju yang dibuat sendiri.

Anda bisa memberi layanan antar-jemput pakaian sebagai salah satu ajang promosi. Peluang bisnis ini juga dapat dijadikan usaha sampingan para ibu-ibu di sekitar rumah. Sehingga mampu memberi lapangan pekerjaan bagi orang lain.

3. Membuka Warung/Toko Kelontong

Usaha Warung Kelontong
Usaha Warung Kelontong

Mengingat banyaknya orang yang membutuhkan sembako dan kebutuhan sehari-hari, hal ini bisa menjadi peluang usaha menguntungkan. Usaha kecil-kecilan ini sangat cocok untuk ibu-ibu yang tidak memiliki pekerjaan lain selain mengurus rumah tangga. Sehingga dengan membuka warung ini, bisa memberi penghasilan tambahan untuk keluarga.

Selain sembako, anda juga bisa menjual kebutuhan lain seperti alat tulis, camilan ringan, mainan anak-anak, dan lain sebagainya. Anda bisa menyesuaikan barang dagangan dengan kondisi penduduk sekitar. Misalnya warga kebanyakan ibu rumah tangga, maka prioritaskan menjual sembako dan gas elpiji. Barang jualan ini sesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Tidak perlu toko yang besar, yang terpenting mampu memenuhi kebutuhan. Jaga kebersihan serta tatanan barang yang baik agar mampu meningkatkan nilai tambah dalam usaha anda. Dengan pengelolaan yang baik, usaha kecil menguntungkan di desa ini akan menghasilkan keuntungan terus-menerus. 

4. Konter Pulsa dan Kuota 

Usaha ini dinilai cukup menguntungkan di desa. Apalagi masih belum banyak orang yang memiliki rekening bank. Membangun usaha konter pulsa juga tidak terlalu rumit. Anda bisa menyewa tempat di dekat jalan atau mendirikan di depan rumah. Anda harus pandai-pandai dalam mengelola agar tidak menimbulkan kerugian. 

5. Warung Makan

Ini bisa menjadi salah satu peluang usaha di desa 2020 yang menguntungkan. Karena di setiap harinya orang membutuhkan makanan dan tidak semua orang sempat membuat masakan di rumah. Dengan modal kecil pun, usaha kuliner sederhana masih bisa tetap berjalan.

Anda bisa menjadikan ruang kosong di rumah sebagai tempat berjualan. Tawarkan beragam varian menu agar bisa menjadi pilihan untuk calon pembeli. Selain makanan berat, anda juga bisa menambahkan jajanan pasar lainnya.

Demikian usaha kecil menguntungkan di desa yang dapat anda jadikan inspirasi ketika berbisnis.  Kunjungi website https://angkasa.co.id/ untuk mengetahui peluang usaha yang menjanjikan lainnya.

Diberdayakan oleh Blogger.