Ingin Menjadi Relationship Officer? Pahami Pengertian, Tugas dan Skill Relationship Officer

Setiap tahun lulusan perguruan tinggi semakin banyak saja, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin ketat. Bahkan banyak lulusan yang harus melalui masa tunggu bertahun-tahun sebelum mendapatkan pekerjaan pertamanya. Meski banyak lowongan kerja yang ditawarkan setiap hari, ada kendala tentang pemahaman tentang berbagai istilah pekerjaan. Sebagai contoh relationship officer yang kerap muncul di lowongan kerja perbankan.

Pengertian, Tugas dan Skill Relationship Officer
Pekerjaan Relationship Officer

Penggunaan istilah pekerjaan ini kerap membuat pencari kerja bingung dan tidak cukup percaya diri untuk mengambilnya. Kesalahan pencari kerja juga karena enggan mencari tahu pengertiannya. Bagaimana jika ada lowongan relationship officer BCA, alih-alih menyerah begitu saja, lebih baik Anda mencari tahu pengertian, tugas hingga keahlian yang cocok untuk menjadi seorang relationship officer.

Pengertian Relationship Officer

Relationship Officer merupakan posisi pekerjaan di dalam bidang marketing. Biasanya sering digunakan pada perusahaan keuangan atau perbankan, perkreditan hingga usaha koperasi. Tugasnya secara garis besar adalah menjaga hubungan baik dengan internal perusahaan maupun eksternal perusahaan.

Dalam perbankan seorang relationship officer harus menjalin hubungan baik antara perusahaan dan nasabah. Peran penting posisi sebagai bagian dari marketing officer ini cukup berpengaruh pada bisnis perusahaan serta  aktivitas penjualan produk.

Tugas Seorang Relationship Officer

Guna lebih memahaminya, penting untuk mengetahui tugas seorang relationship officer sebagai berikut:

1. Menjadi penghubung perusahaan dan nasabah

Sesuai dengan tugas utamanya, relationship officer memegang tugas menjaga hubungan antara perusahaan dan nasabah. Mereka inilah yang akan menjadi penghubung jika terjadi masalah agar dapat terjalin komunikasi dengan baik.

2. Melakukan Analisis Potensi Pasar


Sebagaimana pekerjaan bidang marketing, seorang relationship officer perlu melakukan analisis potensi pasar untuk mengetahui segmen yang dapat diraih. Biasanya berdasarkan ada kategori usia pekerjaan, tingkat pendidikan dan sebagainya.

3. Analisis Risiko Bisnis Kredit

Tidak hanya potensi, segi risiko bisnis juga perlu dilakukan analisis dan juga merupakan tugas relationship officer. Ia harus menganalisa perkreditan nasabah, menemukan nasabah yang potensial dan perusahaan lain untuk risiko bisnis perkreditan di masa depan.

4. Membantu Kerja Sales dan Marketing

Dalam kondisi tertentu misalnya demi mencapai target penjualan, relationship officer perlu membantu sales dan marketing. Sebagian perusahaan bahkan memberikan tugas sales marketing sekaligus pada seorang relationship officer.

5. Mengenalkan Produk

Sebagai bagian dalam marketing, relationship officer juga bertugas mengenalkan produk kredit perusahaan pada nasabah. Bahkan saat mengenalkan produk tersebut, kedudukan RO sama dengan marketing dan sales.

6. Target

Relationship Officer juga bertanggung jawab terhadap target yang dibebankan pada divisi bersama dengan sales dan marketing. Target biasanya diberikan pada waktu tertentu. Jika target tidak tercapai perusahaan bisa merugi dan artinya divisi dalam masalah besar.

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Relationship Officer

Jika tertarik menjadi relationship officer BCA ada baiknya memiliki kemampuan yang cocok untuk bekerja di bidang ini. Anda juga bisa mempelajarinya dengan bergabung program relationship BCA untuk mempelajari skill berikut ini:

  1. Dapat segera menguasai produk dalam perusahaan lebih baik.
  2. Menjaga sikap dan perilaku, ramah dan baik dalam melayani nasabah.
  3. Menguasai Ms Office baik word dan excel.
  4. Menguasai analisa potensi pasar dan analisa resiko bisnis.
  5. Memiliki kemampuan public speaking yang baik

Demikian pengertian, tugas serta skill seorang relationship officer. Sekarang apakah pekerjaan ini sesuai untuk Anda? Cobalah beranikan diri mengikuti program relationship officer BCA untuk mendapatkan pekerjaan yang menyenangkan.

Diberdayakan oleh Blogger.