6 Tips Perawatan Pada Motor Suzuki, Yang Wajib Anda Terapkan

Motor sama dengan manusia, memiliki beberapa organ atau komponen penting di dalamnya agar bisa bekerja dengan baik dan bisa dikendarai. Dalam hal ini, Anda harus melakukan perawatan secara rutin terhadapnya. 

Sepeda Motor Suzuki Nex II

Perawatan ini bisa dilakukan baik secara keseluruhan maupun khusus untuk setiap komponennya. Agar lebih mudah, ikuti tips di bawah ini terkait cara merawat motor Suzuki kesayangan Anda.

1. Mengganti Oli Mesin Secara Rutin

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan penggantian oli pada mesin secara berkala. Hal ini penting dilakukan agar komponen di dalam motor tetap berfungsi dengan baik. Jika Anda sudah menggunakan motor dengan jarak antara 1500 hingga 2000 km, maka oli harus segera diganti.

Anda bisa pergi ke bengkel terdekat untuk melakukan penggantian oli. Lalu, apa yang akan terjadi apabila Anda tidak melakukan penggantian oli secara rutin? Dalam kasus ini, komponen dalam motor bisa mengalami disfungsi dan hal itu jelas tidak baik bagi kendaraan dan bahkan bisa membahayakan.

2. Pemeriksaan Bagian Shockbreaker Motor

Tips kedua yang bisa Anda lakukan selain melakukan penggantian oli secara rutin adalah memeriksa bagian shockbreakernya apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Shockbreaker atau yang biasa dikenal dengan istilah peredam kejut ini merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan.

Pemeriksaan ini dilakukan agar motor Anda beserta komponen di dalamnya dapat berumur panjang dan lebih awet. Adapun fungsi dari komponen yang satu ini adalah untuk mengatur kejutan pada motor ketika Anda sedang mengendarainya.

Shockbreaker berbentuk mirip seperti tabung yang akan berfungsi otomatis ketika motor digunakan. Tabung ini akan langsung berbelok jika Anda melewati jalanan yang tidak rata.

Nah, apabila Anda sudah menggunakan motor hingga 10.000 KM alangkah baiknya untuk menggantinya dengan yang baru. Oli di dalam shockbreaker memang harus diganti secara berkala agar komponen yang satu ini tetap bisa berfungsi dengan maksimal.

3. Mengendarai Motor Dengan Baik dan Benar

Hal yang paling utama adalah, Anda harus mengendarai motor dengan baik karena jika tidak, maka komponen di dalamnya bisa mengalami disfungsi. Usahakan untuk mengendarainya dengan wajar agar kendaraan tetap prima.

Alangkah baiknya, Anda juga mengatur kecepatan motor. Usahakan jangan terlalu kencang agar tidak harus melakukan pengereman secara mendadak yang bisa membahayakan.

4. Service Motor ke Tempat Service Resmi

Tips selanjutnya, Anda harus sering melakukan service motor agar bisa tahu kondisi kendaraan sedang baik-baik saja atau tidak. Ada baiknya Anda membawanya ke bengkel resmi Suzuki agar mendapatkan penanganan yang baik.

Tukang service akan membantu Anda untuk memeriksa kondisi komponen di dalam motor. Jika ada komponen yang mengalami kerusakan, bisa langsung diganti di tempat service. Apabila Anda melakukan hal ini secara rutin, maka motor bisa tetap nyaman ketika digunakan.

5. Tidak Memberi Beban Berat Pada Kendaraan

Selanjutnya, sebaiknya Anda perhatikan berapa beban yang hendak dibawa dengan motor. Pasalnya, jika bebannya terlalu berat, khawatirnya ada komponen di dalamnya yang mengalami kerusakan. Motor memang bisa digunakan untuk mengantar barang, tetapi perhatikan juga beban yang dibawa.

Bagian yang biasanya mudah mengalami kerusakan akibat beban berlebihan ini adalah shockbreaker. Bagian yang satu ini bisa mengalami disfungsi apabila beban motor terlalu berat.  Dalam kasus tersebut, shockbreaker akan bekerja lebih ekstra dan hal ini tentunya tidak baik.

6. Rutin Mengecek Persediaan Bahan Bakar Motor

Hal yang juga sangat penting Anda lakukan adalah melakukan pengecekan rutin persediaan bahan bakar di dalam motor. Walaupun kebanyakan motor sudah menggunakan sistem injeksi sehingga bahan bakarnya tidak cepat habis, hal ini tetap harus dilakukan.

Biasakan untuk melakukan pengecekan rutin pada tangki apakah terisi bahan bakar atau tidak, khususnya sebelum melakukan perjalanan. Anda bisa melakukan pengecekan dua atau tiga hari sekali saat motor jarang digunakan. Jika tangki kosong, Anda bisa segera melakukan pengisian ulang.

Selain menjaga agar motor tetap prima, mengecek ketersediaan bahan bakar secara rutin juga akan menguntungkan Anda, untuk menghindari kehabisan bensin di tengah jalan. Jika kondisi tersebut terjadi, tentu akan sangat merugikan bukan?

Diberdayakan oleh Blogger.