Tokobagus.com Berganti Berubah Nama Menjadi OLX.co.id

Pada hari Selasa, 20 Mei 2014 seperti biasa saya melakukan aktivitas blogging dengan melihat - lihat komentar - komentar di personal blog ini Sebelum beraktivitas. Begitu pula tak lupa saya membuka - buka informasi melalui akun jejaring sosial facebook. Ketika melihat - lihat menu Beranda/Home saya menemukan salah satu berita terkait Tokobagus.com. Kemudian saya mencoba membuka halaman Fanspage dari Tokobagus. Dan benar saja disana Pengelola Fanspage Facebook Tokobagus.com memberitahukan bahwa Situs Jual Blei Online Tokobagus.com Berganti Nama Menjadi OLX.co.id

Tokobagus.com Berganti Berubah Nama Menjadi OLX.co.id

Dan berikut merupakan screenshot yang saya ambil mengenai perubahan nama merek dagang dan nama domain Tokobagus.com

Tokobagus.com Berganti Berubah Nama Menjadi OLX.co.id

Dan sekarang jika anda mengakses Tokobagus.com maka akan otomatis dialihkan ke OLX.co.id. Logo Tokobagus pun berubah menjadi OLX.co.id

Alasan Mengapa Tokobagus.com Berganti Berubah Nama Menjadi OLX.co.id

Menurut pihak Tokobagus sendiri. "Perubahan nama Tokobagus menjadi OLX ini merupakan upaya untuk memperkuat usaha kami dalam membantu masyarakat Indonesia dalam menyediakan media untuk menjual barang bekas dengan cepat, mudah dan gratis.Sudah ratusan ribu orang yang menjual barang bekas dan mendapatkan uang tambahan di platform kami saat ini, dan kami ingin melanjutkan usaha tersebut agar dirasakan oleh lebih banyak masyarakat Indonesia."

Menurut Chief Operating Officer tokobagus, Alif Priyono yang saya kutip melalui Ragam_Beritaku "Kami telah menjadi situs penjualan online terbesar di Indonesia, kini berubah menjadi OLX.co.id dan bergabung dengan merek global yang akan membantu kita untuk memimpin kami lebih jauh karena kami menyediakan cara tercepat dan termudah bagi pengguna untuk menjual dan berbelanja produk bekas dengan kualitas terbaik. OLX, yang bermakna pertukaran online, meluncurkan video untuk mengedukasi pengguna tentang perubahan merek ini. Kunjungan ke Tokobagus.com akan dialihkan secara otomatis ke OLX.co.id."

Sedangkan Menurut Managing Director OLX.co.id, Michal Klar yang saya kutip melalui TribunNews, beliau mengatakan, perubahan nama menjadi OLX setelah sukses dengan Tokobagus.com merupakan langkah besar yang menunjukkan betapa besar keinginan membantu masyarakat Indonesia untuk bisa menjual barang bekas secara mudah. "Sehingga mereka dapat mendapatkan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sudah ratusan ribu masyarakat Indonesia yang menjual barang-barang bekas mereka di platform kami setiap bulan," katanya.

Pandangan saya mengenai berubahnya Tokobagus.com menjadi OLX.co.id

Menurut saya pribadi perubahan nama domain yang dilakukan syah - syah saja, dan sebagai pengguna layanan jual beli online gratis ini pastinya tidak akan dirugikan. OLX merupakah salah satu brand ternama di dunia. Juga mengedepankan layanan jual beli online dengan tipe Customer to Customer (C2C) dan wajar saja jika Tokobagus.com bergabung untuk memperluas jaringan pemasaran dan tentunya memperbesar income bagi Tokobagus itu sendiri. 

Namun perlu diingat juga bahwa Tokobagus.com ini sebagaian besar pengguna tokobagus.com ini ialah pasar Indonesia dimana saya yakin semua kalangan akan familiar dengan kata Tokobagus sebagai situs jual beli online terbesar Di Indonesia. Bagi sebagian orangpun pastinya akan kesulitan untuk mengingat dan melafalkan nama OLX karena brand dari Tokobagus sudah melekat dalam diri masyarakat Indonesia kita. Sayapun awalnya ada semacam rasa tidak sependapat dengan perubahan nama domain / merk dagang yang dilakukan Tokobagus. Sedikit keraguanpun muncul dibenak pikiran saya "Apa iya OLX.co.id bisa sesukses Tokobagus.com"? Tapi sebagai wong cilik yang hanya memanfaatkan layanan gratis, kitapun tidak bisa berubuat apa - apa. Namanya juga numpang ya terserah pemiliknya.

Perubahan ke Arah Positif (Lebih Baik) atau Ke Arah Negatif (Lebih Buruk)

Jika ditanya seperti itu saya jawab "Kita lihat saja perkembangan yang ada selanjutnya". Hasil dari perubahan yang dilakukan akan dirasakan penggunanya setelah beberapa waktu kedepan. Apa dagangan menjadi lebih laku apa tidak kita lihat saja nanti. Yang pasti harapan saya semoga dengan berubahnya merek dagang tokobagus menjadi olx.co.id dikuti pula perubahan positif dari sistem didalamnya.

Karena saya pribadi sering menemukan kasus penipuan online disana apalagi ditambah dengan dihilangkannya fitur verified member. Komplain pengguna mengenai iklan yang ditolak terus, sedangkan iklan penipuan lebih mudah lolos moderasi pun masih sering terdengar. Customer service yang kurang tanggap dan berbagai permasalahan lainnya. 

Lalu bagaimana menurut pandangan anda mengenai berubahnya Situs Tokobagus.com Menjadi OLX.co.id. Apakah Anda setuju apa tidak? Silahkan tuangkan unek - unek anda melalui kotak komentar dibawah ini. Info selengkapnya silahkan lihat video berikut ini.
Diberdayakan oleh Blogger.