5 Cara Alami dan Ampuh Untuk Mengobati Sariawan Membandel

Bisa dipastikan bahwa diantara kita semua pernah mengalai sebuah masalah yang berupa sariawan? Ya, masalah yang satu ini memang dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak hingga orangtua baik itu laki-laki maupun perempuan.

5 Cara Alami dan Ampuh Untuk Mengobati Sariawan Membandel - Obat alami atasi sariawan membandel
Ilustrasi : Obat alami atasi sariawan membandel (zact.id)

Pada umumnya, masalah sariawan ini akan ditandai berupa benjolan kecil berwarna kuning keputih-putihan yang menyerang beberapa bagian di area mulut seperti lidah, bibir luar, bibir dalam, dan sekitarnya. 

Meskipun bukan termasuk kedalam kategori berbahaya, namun kehadiran sariawan ini cukup mengganggu aktifitas terutama saat hendak kita makan. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa cara mengobati sariawan secara alami yang sangat ampuh. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

1. Menggunakan Air Kayu Manis

Cara alami pertama yang bisa kamu coba untuk mengobati sariawan, yakni dengan menggunakan air kayu manis. Berdasarkan dari hasil penelitian, kayu manis ini mempunyai sifat antiparasit dan antijamur yang dapat mengatasi masalah sariawan. 

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? 

Mengenai caranya, siapkan kayu manis secukupnya, lalu rebus dengan air sebanyak 1,5 liter dan diamkan selama 5 menit. Apabila air rebusannya sudah dingin, silahkan berkumurlah dengan air kayu manis tersebut. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan air rebusan kayu manis ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

2. Menggunakan Greek Yogurt (Yogurt Tawar)

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan kuliner yang terbuat dari fermentasi ini? Selain memiliki rasa yang lezat, yogurt ini memiliki kandungan probiotik alami yang sangat efektif untuk membunuh bakteri penyebab munculnya sariawan. 

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kandungan bakteri lactobacillus pada yogurt ini dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui usus, sehingga berfungsi untuk meningkatkan system kekebalan tubuh. Cara penggunaannya pun sangat mudah, dimana kamu hanya perlu mengoleskan yogurt tersebut tepat kebagian sariawannya, diamkan selama 5 menitan, lalu bilas lagi dengan air sampai bersih.

3. Menggunakan Minyak Kelapa

Tak banyak orang yang tahu, bahwa minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Padahal, minyak kelapa ini memiliki kandungan asam laurat yang sudah terbukti ampuh untuk membasmi kuman dan jamur penyebab sariawan lho! 

Kita langsung saja ke cara pengerjaannya, siapkan minyak kelapa sebanyak 1 sendok makan, oleskan ke bagian sariawannya, diamkan beberapa saat, dan bilas lagi area mulutmu dengan air hangat sampai bersih.

4. Menggunakan Bawang Putih

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan salah satu bumbu masakan yang satu ini? Bawang putih ini mempunyai kandungan senyawa asilin, yang diklaim mampu menghambat perkembangan jamur dan bakteri dalam tubuh. 

Siapkan beberapa butir bawang putih, kupas kulitnya, tumbuk sampai hancur, lalu oleskan tepat pada bagian sariawannya. Diamkan sekitar 5 menitan, lalu bilas lagi area mulutmu dengan air hangat sampai bersih.

5. Menggunakan Ampas Kantong Teh

Cara alami berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengobati sariawan, yakni dengan menggunakan ampas kantong teh. Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk menggunakan teh hitam karena kandungan tannin yang didalamnya jauh lebih tinggi.

Cara penggunaannya sangat simple, tempelkan ampas kantong tehnya di bagian sariawan selama 3 menitan, lalu bilas kembali area mulutmu dengan air sampai bersih.

Itulah beberapa cara alami yang paling ampuh untuk mengobati sariawan. Bagaimana, apakah kamu berminat untuk mencobanya?
Diberdayakan oleh Blogger.