15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19), Yang Wajib Kamu Lakukan

Virus Corona atau COVID-19 telah mewabah ke segala penjuru dunia. Meningkatnya berbagai kasus Virus Corona di berbagai negara merupakan bukti bahwa Virus ini belum sepenuhnya musnah. Para ilmuan, peneliti serta pakar ahli sampai saat sedang belomba - lomba dengan waktu untuk menemukan obat dan vaksin untuk menyembuhkan infeksi virus yang satu ini.

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19), Yang Wajib Kamu Lakukan

Hingga detik ini masih belum ditemukan obat atau vaksin penyembuh atau penangkal Virus Corona. Namun bukan berarti penyebaran virus ini tak dapat dihentikan. Diperlukan upaya serius dari seluruh elemen masyarakat untuk melakukan tindakan - tindakan pencegahan.

Karena gejala corona dan ciri - ciri orang yang terinfeksi virus ini bisa dikatakan tidak begitu nampak dengan kata lain orang dalam kondisi imun sehat bugarpun masih bisa terinfeksi dan membawa virus ini. Maka diperlukan informasi wawasan yang luas dan tepat mengenai langkah - langkah pencegahan penyebaran virus untuk kebaikan bersama.

Dan berikut beberapa cara pencegahan Infeksi Virus Corona yang bisa kita lakukan, antara lain :

1. Cuci Tangan Memakai Sabun Sesering Mungkin

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Cuci Tangan Memakai Sabun Sesering Mungkin
Cuci Tangan Memakai Sabun Sesering Mungkin

Mencuci tangan menggunakan media sabun merupakan salah satu hal yang sangat direkomendasikan untuk mencegah penyebaran infeksi virus Corona. Cara ini merupakan salah satu cara yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO. 

Mengapa hal ini wajib kita lakukan? Tangan merupakan bagian tubuh yang sangat riskan menjadi media penyebaran infeksi. Berbagai aktivitas hampir semuanya menggunakan media tangan. Dari membeli makanan dengan uang, memegang barang, mengendarai sepeda motor, berjabat tangan dan aktivitas lainnya. Untuk itu wajib dilakukan mencuci tangan sesering mungkin guna membunuh kuman, bakteri serta virus yang dikhawatirkan telah menempel di tangan kita. 

Cuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir dengan durasi minimal 20 detik sudah cukup untuk membuat tangan kita bersih. Setelah itu tangan dicuci, keringkan tangan menggunakan kain yang bersih atau tisu.

2. Gunakan Selalu Masker

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Gunakan Selalu Masker
Gunakan Selalu Masker

Penggunaan masker bisa meminimalisir penularan infeksi virus corona. Seperti yang kita tahu, virus corona bisa masuk melalui bagian tubuh kita seperti mata, hidung maupun mulut. Kebersihan area wajah tersebut wajib selalu dijaga.

Masker dapat mencegah masuknya cairan atau droplet yang merupakan media penularan virus corona. Hendaknya memiliki lebih dari satu masker untuk cadangan supaya bisa digunakan secara bergantian. Serta dicuci setelah mengenakan masker. Gunakan tali pengait pada masker jika ingin memakai dan melepas masker. Jangan sentuh bagian tengah kain menggunakan tangan.

3. Jangan Sentuh Bagian Mata, Hidung & Mulut

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Jangan Menyentuh Bagian Mata, Hidung & Mulut Secara Langsung
Jangan Menyentuh Bagian Mata, Hidung & Mulut Secara Langsung

Terkadang sering tanpa sadar kita menyentuh lalu membersihkan bagian mata, hidung atau mulut entah itu karena gatal atau terasa nyeri menggunakan tangan langsung. Untuk saat ini hendaknya kebiasaan tersebut wajib kamu kurangi intensitasnya.

Ketiga bagian wajah tersebut telah terbukti menjadi media penularan infeksi virus Corona masuk ke dala tubuh manusia. Jika memang terpaksanya harus menyentuh bagian segitiga wajah tersebut, tangan sudah dalam keadaan bersih menggunakan sabun atau hand sanitizer.

4. Perkuat Imunitas Daya Tahan Tubuh. 

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Perkuat Imunitas Daya Tahan Tubuh dengan Olahraga
Perkuat Imunitas Daya Tahan Tubuh dengan Olahraga

Virus Corona pada umumnya menyerang ke siapa saja yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Kasus Virus Corona banyak terjadi menyerang mereka yang sebelumnya pernah memiliki riwayat penyakit tertentu. Sebelum Virus Corona ini masuk menginfeksi tubuh manusia, antibodi manusia secara harfiah akan bertahan dan melakukan perlawanan terhadap virus jahat yang satu ini.


Untuk itu diperlukan dukungan agar daya tahan tubuh kita menjadi meningkat guna menangkal infeksi virus corona. Cara yang bisa kita lakukan diantaranya adalah  :
  1. Makan - makanan yang bergizi yang mempunyai kandungan protein dan kaya serat.
  2. Perbanyak makan sayur dan buah yang kaya akan vitamin.
  3. Kurangi makan makanan yang banyak mengandung banyak gula, minyak dan kolestrol.
  4. Perbanyak minum air putih atau cairan isotonik agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi).
  5. Istirahat yang cukup dan kurangi bergadang yang tidak perlu.
  6. Berolahraga ringan yang cukup dan rutin.
  7. Mengkonsumsi suplemen atau vitamin tambahan, sesuai anjuran dokter.
  8. Kelola kadar stress dan kecemasan.
  9. Stop akses informasi hoax terkait COVID-19 yang bukan berasal dari sumber kredibel.
  10. Rajin dan selalu berdoa kepada Tuhan YME agar senantiasa diberi perlindungan.
Salah satu sumber informasi kredibel yang dapat dipercaya ialah berasal dari aplikasi dan situs Halodoc. Halodoc merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani di bidang telekonsultasi kesehatan. Melalui media halodoc kita bisa dengan mudah berkomunikasi dan berkonsultasi dengan dokter spesialis, membeli obat dan check laboratorium kapanpun dimanapun selama 24 jam.

Media Informasi & Konsultasi Kesehatan Online di Halodoc
Media Informasi & Konsultasi Kesehatan Online di Halodoc

Selain layanan konsultasi dari dokter ahli, di Halodoc kita juga bisa memperoleh informasi seputar dunia kesehatan seperti informasi penyakit, gejala, cara pencegahan maupun cara penanganan yang terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena bersumber dari ahli dan sumber yang kredibel dan pastinya jauh dari kata hoax.

5. Tidak Mengkonsumsi Daging atau Ikan Mentah

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Tidak Mengkonsumsi Daging atau Ikan Mentah
Tidak Mengkonsumsi Daging atau Ikan Mentah

Mengkonsumsi daging atau ikan mentah yang tidak dimasak sangat tidak dianjurkan bagi tubuh manusia. Dikhawatirkan di dalam daging atau ikan yang belum dimasak sempurna masih terdapat kuman, bakteri maupun virus yang menempel.

Mereka tidak bisa mati hanya dengan dicuci menggunakan air yang bersih. Perlu proses pemasakan yang supaya matang sempurna dan mematikan bakteri, kuman maupun virus jahat yang menempel. Makan daging mentah berpotensi menjadikan gangguan organ pencernaan, dimana bisa menurunkan antibodi tubuh sehingga rentan terserang oleh virus Corona ini.

6. Tidak Berbagi Alat Pribadi dengan Orang Lain

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Tidak Berbagi Alat Pribadi dengan Orang Lain
Tidak Berbagi Alat Pribadi dengan Orang Lain

Usahakan untuk tidak berbagi alat pribadi yang kamu miliki dengan orang lain atau meminjamkannya.

Alat - alat pribadi tersebut diantaranya seperti peralatan makan, peralatan mandi, peralatan kerja, peralatan olahraga, peralatan ibadah maupun peralatan perlindungan diri seperti masker, sarung tangan atau handsanitizer dan lain sebagainya. Peralatan - peralatan tersebut sangat disarankan untuk tidak dipinjamkan ke siapapun.

7. Hindari / Kurangi Kontak dengan Hewan

13 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Hindari Kontak dengan Hewan Yang Berpotensi Menular
Hindari Kontak dengan Hewan Yang Berpotensi Menular

Jika kamu memiliki hewan peliharan jaga selalu kebersihannya. Dari makanan yang dimakan, kebersihan kandangnya hingga kebersihan hewan peliharaan itu sendiri. Jika hewan peliharaan mengalami gejala sakit yang tidak biasa, segera lakukan pemeriksaan di dokter hewan terdekat.

Hindari kontak fisik langsung dengan hewan hidup atau mati seperti anjing liar, kucing liar, monyet liar, hewan ternak, kelelawar dan tikus. Cuci tangan yang bersih sesudah melakukan kontak fisik dengan hewan - hewan tersebut.

8. Rutin Membersihkan Lingkungan & Alat Rumah Tangga

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Rutin Membersihkan Lingkungan dan Alat Rumah Tangga
Rutin Membersihkan Permukaan Perabot Rumah

Bersihkan barang - barang di sekeliling rumah yang sering dipakai secara rutin dan berkala setidaknya 2 atau 3 hari sekali menggunakan disinfektan atau cairan pembasmi virus. Dikarenakan barang - barang tersebut disinyalir menjadi media menempelnya virus Corona.

Menurut penelitian virus corona mampu bertahan di berbagai jenis benda atau menempel dalam jangka waktu tertentu. Bersihkan dengan disinfektan barang - barang yang sering disentuh seperti Gagang pintu, meja kerja, lantai rumah, jendela ventilasi rumah, handphone, jam tangan, kacamata, sepatu dan lain sebagainya.

9. Etika Ketika Bersin, Batuk dan Pilek

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Etika Ketika Bersin, Batuk dan Pilek
Etika Ketika Bersin, Batuk dan Pilek

Harap dilakukan dan diperhatikan pula jika kamu sedang bersin maupun batuk gunakan siku tangan bagian dalam dan bersihkan dengan tisu yang bersih. Jangan dengan senagaja mengarahkan flu atau batuk ke orang lain.

Cairan yang keluar dari bersin maupun batuk ini bisa menjadi media penularan virus corona. Buang tisu sekali pakai tersebut di tempat sampah, kemudian cuci tangan kembali tangan kamu dengan sabun sampai bersih.

10. Hindari Perjalanan ke Wilayah Terjangkit COVID-19

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Hindari Perjalanan ke Negara / Wilayah Terjangkit COVID-19
Hindari Perjalanan ke Negara / Wilayah Terjangkit COVID-19

Pergi keluar daerah atau luar negeri memang tidak dianjurkan oleh Pemerintah untuk saat ini. Kita berpotensi bertemu dengan orang - orang yang belum tentu kita tahun kondisi mereka. Sekarangpun akses transportasi menuju tempat manapun baik domestik maupun internasional sedang dibatasi.

Apalagi jika wilayah yang akan dikunjungi termasuk dalam zona merah penyebaran COVID-19. Untuk tunda dulu segala kegiatan yang berkaitan dengan kunjungan wisata, kunjungan kerja, kunjungan silaturahmi di luar negeri atau daerah.

11. Menghindari Kerumunan Orang

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Menghindari Kerumunan Orang
Menghindari Kerumunan Orang

Sesuai anjuran Pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus COVID-19 ialah tidak boleh melakukan aktivitas secara bergerombol atau berkerumun.

Kita tidak pernah tahu jika orang di sekitar kita sudah termasuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pengawasan (ODP), Suspect (Orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien postif corona), Carier (Orang yang mambawa virus) maupun Orang Tanpa Gejala (OTG).

Hal itulah yang membuat pemerintah meniadakan dan melarang segala kegiatan yang mengundang aktivitas orang banyak. Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini. 

12. Lakukan Social atau Physical Distancing

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Lakukan Social atau Physical Distancing
Lakukan Social atau Physical Distancing

Jika memang harus beraktivitas di luar ruangan, selalu diperhatikan untuk menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter atau sama dengan tiga langkah kaki sesuai anjuran WHO dan Pemerintah. Hal ini kita lazim dan sering kita dengar istilah Social atau Physical Distancing.

Kegiatan sosial distancing merupakan salah satu yang dianjurkan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Karena setiap orang berpeluang menyebarkan virus ini.

13. Lakukan Isolasi dan Karantina Mandiri

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Lakukan Isolasi dan Karantina Mandiri
Lakukan Isolasi dan Karantina Mandiri

Karantina atau Isolasi Mandiri adalah kegiatan yang dilakukan diruangan tertutup untuk mengurangi kontak langsung interaksi dengan orang lain dan lingkungan sosial. Karantina mandiri dilakukan untuk hal - hal berikut ini : 
  1. Usai kita melakukan kontak langsung dengan pasien. 
  2. Usai Mengunjungi negara atau daerah terinfeksi dalam satu bulan terakhir.
  3. Sebelum dan Ketika menunggu hasil tes kesehatan di fasilitas kesehatan.

14. Jika Muncul Gejala Periksakan Ke Dokter

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Jika Muncul Gejala Periksakan Ke Dokter
Jika Muncul Gejala Periksakan Ke Faskes atau Dokter

Jika muncul Gejala Corona seperti : 
  1. Demam diatas 38 derajat celcius
  2. Batuk. 
  3. Pilek. 
  4. Nyeri tenggorokan.
  5. Demam.
  6. Lemah, Letih & Lesu.
  7. Kesulitan bernapas
Segera periksakan ke dokter. Segera periksakan sebelum gejala - gejala tersebut bertambah parah supaya segera mendapatkan penanganan yang tepat dan tidak menurunkan daya tahan imun tubuh kamu serta tidak menular ke orang lain. Kesadaran atas kondisi tubuh diri sendiri adalah hal yang perlu dimiliki masing-masing individu. 

15. Belajar, Bekerja dan Beribadah Dari Rumah

15 Cara Efektif Mencegah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) - Belajar, Bekerja dan Beribadah Dari Rumah
Belajar, Bekerja dan Beribadah Dari Rumah

Jika tidak berkepentingan mendesak alangkah baiknya untuk melakukan semua aktivitas dari rumah. Pemerintah sudah merekomendasikan sekolah - sekolah untuk menerapkan sistem belajar dari rumah. Di beberapa perusahaan juga sudah menerapkan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) sebagai upaya untuk mencegah penyebaran infeksi virus corona.

Memang untuk saat ini kita belum bisa bernafas lega sebab belum ditemukannya vaksin yang efektif untuk mengobati infeksi virus ini. Jangan pernah menganggap sepele penyakit yang satu ini. Selalu waspada namun jangan sampai kepanikan yang berlebihan.

Setidaknya dengan kita menerapkan langkah - langkah yang tepat, paling tidak kita bisa membantu menghentikan penyebaran virus Corona ini. Selalu ikuti dan patuhi anjuran para ahli dan pemerintah guna kebaikan bersama. Semoga artikel mengenai 15 Cara Efektif Mencegah Virus Corona Covid-19  dapat mendatangkan manfaat baik bagi semua.
Diberdayakan oleh Blogger.