Simak Perbedaan Simulasi Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only) dan All Risk

Risiko berkendara dengan mobil bisa dibilang cukup tinggi karena kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu pembunuh yang terbesar. Kerusakan pada kendaraan pun jadi tidak bisa dihindari. Maka dari itulah, pemilik mobil juga harus selalu siap dengan asuransi. Untuk memilih asuransi yang tepat, maka kita perlu mengetahui juga soal simulasi asuransi mobil.

Asuransi Mobil
Proteksi Asuransi Mobil

Tetapi sebelum memasuki penjelasan mengenai simulasi, ada baiknya pemilik mobil memahami setiap jenis asuransi yang ada sehingga pemilik mobil bisa memiliki gambaran utuh mana yang terbaik sesuai kebutuhan dan juga sesuai dengan budget yang dimiliki.

Perbedaan Asuransi Mobil TLO dan All Risk

Jadi, apa saja jenis asuransi mobil yang ada? Ada dua jenis asuransi mobil utama, yaitu TLO (Total Loss Only) dan juga All Risk.

Perbedaan Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only) dan Mobil All Risk - Copy
Perbedaan Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only) dan Mobil All Risk

1. Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only)

Sesuai dengan namanya, asuransi jenis ini hanya bisa diajukan jika terjadi ‘kehilangan total’. Dengan kata lain, kehilangan total yang dimaksud adalah kerusakan mobil yang sebesar 75% ke atas. Karena jika sudah mengalami kerusakan 75% atau ke atas maka mobil sudah dipastikan tidak dapat digunakan.

Sehingga, jika kerusakan mobil yang dimiliki kurang dari angka itu, maka kita tidak bisa mendapatkan ganti rugi. Tetapi kelebihannya adalah, premi asuransi TLO ini menjadi lebih rendah jika dibandingkan dengan asuransi yang berjenis all risk.

2. Asuransi Mobil All Risk

Jika TLO adalah kehilangan total, maka all risk adalah segala risiko yang artinya asuransi ini akan membayar atau mengganti rugi segala jenis kerusakan yang dialami, mulai dari kerusakan kecil, berat, bahkan hingga kehilangan sekalipun.

Ketika mobil mengalami lecet sedikit saja, maka asuransi all risk akan membayarkan klaim asuransi alias mengganti rugi. Maka dari itulah, premi asuransinya menjadi lebih mahal dibanding dengan TLO. Berbeda jenis, maka simulasi asuransi mobil keduanya pun juga akan berbeda.

Perhitungan Simulasi Asuransi Mobil

Simak Perbedaan Simulasi Asuransi Mobil TLO dan All Risk
Perhitungan Simulasi Asuransi Mobil
 
Sebelum memilih jenis asuransi yang tepat, maka sebaiknya juga bisa menghitung biaya yang diperlukan. Dengan mempelajari perhitungan asuransi yang dipilih, maka pemilik mobil bisa mendapat gambaran yang baik dalam menetapkan anggaran pengeluaran untuk asuransi dengan tepat.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum melakukan perhitungan simulasi asuransi mobil, yaitu sebagai berikut.

1. Biaya Premi Asuransi

Premi adalah biaya yang harus dibayar setiap bulan atau tahun sebagai kewajiban tertanggung untuk mendapat perlindungan dari jasa asuransi. Besaran premi yang ditetapkan bisa berbeda-beda tergantung perusahaan asuransi, jenis asuransi, bahkan harga mobil dan juga wilayah. Maka dari itulah, anda harus mengetahui biaya premi ini terlebih dahulu tergantung perusahaan atau jenis yang akan anda pilih.

2. Data tentang Mobil

Jika anda ingin mengajukan atau mengklaim asuransi, maka penting untuk mengetahui seluk-beluk mobil anda. Ketahui dahulu data-data penting tentang mobil anda serta kondisi terkininya agar bisa diketahui dengan pas jenis asuransi yang sesuai.

Wilayah tempat tinggal atau yang biasa dilalui juga bisa menjadi bahan pertimbangkan. Misal, jika daerahnya rawan pencurian maka asuransi TLO akan terasa lebih tepat karena menanggung kehilangan kendaraan yang disebabkan pencurian.

Beberapa hal lain lagi yang perlu anda ketahui dan diperhatikan sebelum menghitung simulasi asuransi mobil antara lain adalah uang muka saat pembelian mobil, jenis asuransi yang akan dipilih, dan juga lembaga pembiayaan. Ketiganya sangat perlu dipertimbangkan sehingga anda bisa membuat prediksi pengeluaran untuk asuransi anda kedepannya.

Simulasi Asuransi Mobil TLO dan All Risk

Karena yang diganti rugi berbeda, maka perhitungan besaran asuransi kedua jenis ini juga berbeda. Untuk mengetahui perbedaannya, maka simak penjelasan di bawah ini.

1. Simulasi Asuransi Mobil TLO

Tarif premi asuransi ini berbeda-beda tergantung wilayahnya, yaitu berada I wilayah 1 (Sumatera dan kepulauan sekitarnya), wilayah 2 (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten), dan juga wilayah 3 (selain yang termasuk di wilayah 1 dan 2).

Cara menghitungnya tidak terlalu sulit. Misalkan anda memiliki mobil seharga Rp200 juta, maka premi asuransinya bisa berada di sekitar 0.44 hingga 0.53 persen sesuai yang telah ditetapkan.

Suatu pihak perusahaan asuransi dapat menetapkan jumlah premi sebesar 0.50 persen sesuai perhitungan mereka sendiri. Maka, perhitungan dari biaya yang harus anda bayarkan adalah 0.5% dari 200 juta yaitu Rp1 juta. Jika mobil mengalami kerusakan yang dihitung lebih dari 75%, maka anda bisa mendapat kompensasi senilai dengan harga pasar mobil milik anda saat itu.

2. Simulasi Asuransi Mobil All Risk


Sama seperti asuransi TLO, tarif premi asuransi All Risk juga sudah ditetapkan sesuai dengan wilayahnya. Namun, tarif ini angkanya lebih tinggi jika dibanding dengan asuransi TLO. Perusahaan asuransi bisa mengenakan jumlah premi tambahan minimal sebesar 5% apalagi jika usia mobil sudah melebihi 5 tahun.

Misalkan, untuk mobil seharga Rp200 juta yang sudah berusia 5 setengah tahun, pihak penyedia jasa asuransi bisa menetapkan tarif sebesar 5%. Dengan demikian, perhitungan simulasi asuransi mobil sendiri akan menjadi 5% dari Rp200 juta yaitu sebesar Rp10 juta.

Tarif ini menjadi lebih mahal karena usia mobil yang diperhitungkan serta hal-hal pertanggungjawabannya lebih luas dibandingkan asuransi TLO. Asuransi all risk akan mengganti rugi jika mobil anda mengalami lecet, kecelakaan, sabotase, bahkan terkena banjir sekalipun.

Dengan melakukan simulasi asuransi mobil, maka Anda bisa mempunyai bayangan seberapa besar pengeluaran yang harus Anda butuhkan nantinya dengan banyak pertimbangannya. Anda juga perlu mempertimbangkan jenis asuransi mana antara TLO dan All Risk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Ada banyak juga jasa yang membantu anda untuk melakukan simulasi asuransi mobil ini, sehingga anda tidak akan salah pilih baik jenis asuransi maupun lembaga asuransinya. Namun apabila Anda masih mendapati beberapa hal untuk ditanyakan terkait asuransi mobil atau produk asuransi lainnya, Anda bisa mengunjungi situs informasi keuangan https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/.

Diberdayakan oleh Blogger.