5 Aplikasi Untuk Meningkatkan Produktivitas Bisnis Tim Anda, Sudah Install?

Derasnya arus teknologi membuat kita harus bisa menyesuaikannya. Selain peningkatan kualitas sumber daya manusianya,  tentu saja Aktivitas dan mobilitas sehari - hari kedepannya akan sangat membutuhkan dukungan akses dan jaringan yang handal guna memperlancar proses bisnis suatu perusahaan atau tim anda.

Agar kebutuhan tersebut bisa terpenuhi makan dibutuhkan semacam support tools sebagai alat bantu, dengan maksud meminimalisir biaya operasional agar tidak semakin membengkak dan tentunya memberikan dampak positif, produktif dan profit bagi tim anda. Karena bagaimanapun yang namanya bisnis akan menanut hukum pasar dimana memanfaatkan sumber daya seminimal mungkin demi hasil yang semaksimal mungkin.

Beberapa aplikasi berikut bisa dijadikan referensi guna menunjang dan meningkatkan produktifitas pekerjaan bagi tim yang sedang anda rintis, berikut ulasan selengkapnya :

1. Google Hangouts

5 Aplikasi Untuk Tingkatkan Produktivitas Bisnis Tim Anda, Sudah Install? - Aplikasi Google Hangout
Photo : Aplikasi Google Hangout (chrome.google.com)

Kamu dapat memanfaatkan Google Hangouts sebagai aplikasi komunikasi untuk menghindari distraksi pesan lainnya. Selain itu, kamu dapat membuat obrolan dunia maya secara personal maupun dalam grup dengan kapasitas sampai 150 orang. Melalui obrolan tersebut kamu bebas kirim teks, gambar, video, emot, stiker, GIF, bahkan sampai maps.

Google Hangouts lebih sering tergambar sebagai layanan telpon gratis secara daring. Kamu bisa menghubungkan 10 orang secara langsung dalam satu telpon tanpa terbatas waktu dan kondisi geografis hanya bermodal paket internet dan akun Google. Persis dengan namanya, Google Hangouts sebagai cara mudah kamu hangouts online bersama timmu

2. Slack

5 Aplikasi Untuk Tingkatkan Produktivitas Bisnis Tim Anda, Sudah Install? - Aplikasi Slack
Photo : Aplikasi Slack (slack.com)

Dengan slogan “Where work happens”, aplikasi ini mengusung keunggulan bahwa apapun pekerjaan yang kamu lakukan, kamu bisa melakukannya dengan Slack. Semua komunikasi dan pekerjaan hanya dalam satu aplikasi tanpa pusing dan ribet.

Kesanggupannya sebagai tempat saling berbagi dokumen juga didukung sertifikat dan aturan keamanan. Telah bekerja sama dengan beragam fitur layanan lainnya, Slack memungkinkan peningkatan kolaborasi tim, kecepatan dalam menyelesaikan masalah, membangun pengalaman kerja tim yang lebih baik, berkirim pesan bahkan dalam bentuk kodingan sekalipun, sampai menyebarkan brand secara lebih luas lewat fitur share. Komunikasi antar divisi apapun mulai dari pemasaran, teknisi, IT, manajemen proyek, hingga penjualan dapat terkoneksi secara mudah dan efisien.

3. Trello

5 Aplikasi Untuk Tingkatkan Produktivitas Bisnis Tim Anda, Sudah Install? - Aplikasi Trello
Photo : Aplikasi Trello (twitter.com/trello)

Sering nanyain progres pekerjaan ujung-ujungnya cuma di-read? Nah, Trello hadir supaya kamu enggak perlu repot lagi bertanya terus menerus, tinggal lihat sampai tahap mana pekerjaan tersebut berjalan. Dengan adanya alur kerja, menghindari kesulitan manajemen proyek tim.

Trello sendiri terdiri dari board yang di dalamnya ada list dan di dalam list adalagi card. Board ibarat papan tempat melakukan manajemen tim. Sedangkan list secara default tersedia dalam kategori to do, doing, dan done. 

Adapun card ibarat rincian tugas yang perlu dikerjakan. Dari setiap task ini, kamu bisa memasukkan banyak hal seperti deskripsi tugas, lampiran dokumen, tag siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas, due date sebagai tenggat waktu pengerjaan, check list yang sudah dikerjakan, sampai mengomentari tugas yang ada.

4. Google Keep

5 Aplikasi Untuk Tingkatkan Produktivitas Bisnis Tim Anda, Sudah Install? - Aplikasi Google Keep
Photo : Aplikasi Google Keep (mobil13.com)

Aplikasi yang satu ini mengacu kepada pencatatan dengan teks, gambar, sketsa, bahkan rekaman secara cepat dalam keadaan offline sekalipun. 

Kamu bisa memanfaatkan fitur tambahan seperti pengingat waktu, pemberian label agar lebih rapih, pilih warna warni menarik, ubah bentuk jadi listicle, search box untuk pencarian, arsip dan sematkan pada bagian atas untuk catatan penting, bagikan lewat aplikasi lainnya, mengundang kolaborator lain via email, sampai mencari catatan yang sudah dihapus pada bagian deleted. Paling menarik dan hanya sebagian orang mengetahuinya adalah fitur grab image text yang mampu mengubah tulisan dari gambar menjadi teks secara langsung.

5. Google Drive

5 Aplikasi Untuk Tingkatkan Produktivitas Bisnis Tim Anda, Sudah Install? - Aplikasi Google Drive
Photo : Aplikasi Google Drive (pcmag.com)

Aplikasi keren selanjutnya yaitu Google Drive alias File Explorer secara online. Kamu bebas akses kapan saja, dimana saja, pakai komputer apa saja, dan bagikan ke siapa saja. Teramat bermanfaat terutama bagi kamu dengan kondisi sering berpindah tempat. Cara penggunaannya benar benar serupa dengan file explorer yang ada pada desktop mu.

Kamu bebas membuat folder yang di dalamnya kamu bisa taruh laporan dalam bentuk gdocs, rencana anggaran atau timeline kerja dalam bentuk spreadsheet, presentasi dalam bentuk google slide, mengadakan survei atau undangan yang perlu RSVP dengan gform, sampai menggambar flowchart atau entity relation dengan draw.io. Semuanya tersimpan otomatis tanpa perlu cemas mati lampu atau laptop nge-lag mendadak dan dapat dikerjakan secara bersamaan.

Nah, itu dia lima aplikasi yang dijamin akan sangat membantu meningkatkan produktivitas pekerjaan tim kamu. Selamat mencoba.
Diberdayakan oleh Blogger.