4 Cara Mencegah Gigi Keropos, No 3 Wajib Anda Ketahui!

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang harus anda jaga. Gigi keropos saat ini menjadi masalah yang paling banyak terjadi. Penyebab dari munculnya masalah ini begitu banyak. Seperti adanya asam lambung, konsumsi obat-obatan yang salah dan lainnya. Jika sudah timbul hal ini, maka harus segera dilakukan penanganan dengan segera. 

Gigi Keropos, 4 Cara Mencegah Gigi Keropos, No 3 Wajib Anda Ketahui!
Ilustrasi : Sikat Gigi Untuk Mencegah Gigi Keropos

Setiap gigi memiliki lapisan bernama enamel yang berfungsi untuk melindungi gigi. Jadi, gigi yang keropos tentu bisa disebabkan karena lapisan enamel ini sudah terkikis. Jika hal seperti ini sudah terjadi, beragam masalah bisa saja timbul. Untuk itu, alangkah baiknya agar bisa melakukan penanganan. Bagaimana cara mencegah gigi keropos? Simak selengkapnya ada pada artikel ini.

Beberapa Cara Mencegah Gigi Keropos

Untuk mencegah terjadinya gigi yang keropos, anda bisa menggunakan beberapa cara. Ini dia cara yang bisa digunakan :

1. Rutin Melakukan Sikat Gigi

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya hal ini yaitu dengan rutin melakukan sikat gigi. Karena, dengan melakukan sikat gigi akan membantu dalam menjaga kesehatan gigi. Gigi yang sehat akan terhindar dari berbagai macam masalah. Terutama, yang memang berkaitan dengan kesehatan dari gigi.

Dengan melakukan sikat gigi, juga membersihkan gigi dari berbagai macam masalah. Seperti sampah pada gigi yang memang harus dilakukan pembersihan. Jadi, sangat direkomendasikan untuk anda lakukan pembersihan dari gigi. Pasta gigi untuk gigi keropos masih sama seperti biasanya. Namun, disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

2. Kurangi Kafein

Apakah anda sering mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak kafein? Jika YA maka mulai sekarang bisa dikurangi. Karena, kandungan kafein yang berlebihan hanya akan membuat gigi anda menjadi keropos. Sampai saat ini, begitu banyak yang merasakan adanya masalah pada gigi akibat dari kafein.

Sebaiknya, jika anda tetap ingin mengkonsumsinya maka jangan secara rutin. Serta, kurangi porsi dari penggunaanya. Setidaknya, cukup konsumsi pada waktu yang diinginkan saja. Seperti dalam satu minggu sekali. Jadi, memang sangat membantu untuk mencegah terjadinya gigi keropos.

3. Konsumsi Makanan Yang Sehat

Banyak dari masyarakat yang masih sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Padahal, hal inilah yang menjadi pemicu terjadinya gigi keropos. Terutama, jika masalah adanya sisa dari makanan yang tidak bersih pada gigi. Untuk itu, alangkah baiknya untuk bisa melakukan konsumsi makanan dengan sehat.

Jangan sampai, karena anda mengkonsumsi makanan yang tidak sehat membuat bagian dari gigi terganggu. Jadi, lebih baik untuk bisa memberikan konsumsi makanan yang sehat pada tubuh. Seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung banyak vitamin. Dengan begitu, gigi anda tidak akan menjadi keropos.

4. Penuhi Kebutuhan Kalsium

Apa hal yang paling penting untuk kebutuhan dari gigi? Tepat sekali, kalsium jawabannya. Kalsium memiliki peranan yang baik untuk membantu memperkuat gigi. Jadi, dengan adanya kandungan kalsium ini menjadi gigi lebih kuat dan tetap sehat. Tentunya, banyak sekali makanan dan minuman yang mengandung kalsium.

Contohnya seperti susu dan keju. Kedua kandungan tersebut begitu baik untuk membuat gigi menjadi sehat. Untuk itu, alangkah baiknya jika anda bisa melakukan konsumsinya secara rutin. Setidaknya, konsumsi tiga hari sekali untuk tetap menjaga kesehatan dari gigi!

Nah, itulah cara mencegah gigi keropos yang bisa anda lakukan. Bagaimana, sangat mudah bukan? Tentunya! Bahkan, anda bisa melakukannya sendiri dirumah. Jadi, jangan sampai anda telat dan tidak melakukan hal ini. Karena, lebih baik melakukan pencegahan dari pada anda mengobati. So,tunggu apa lagi? Coba sekarang juga!
Diberdayakan oleh Blogger.