Maksimalkan Performa Website Toko Online dengan Pilihan Popup WordPress Terbaik

Perkara mengurus website memang bisa jadi hal yang menantang. Bukan untuk menakut-nakuti Anda yang baru saja memiliki bisnis dengan website toko online dengan membeli domain murah,  tapi kesuksesannya memang tidak berhenti dengan hanya memiliki website saja. Lebih dari itu, ada banyak aspek yang harus diperhatikan untuk menunjang performanya.

Maksimalkan Performa Website Toko Online dengan Pilihan Popup WordPress Terbaik

Salah satu aspek yang bisa jadi cukup menantang bagi pemula adalah tools. Banyak yang merasa bahwa hal teknis terkait tools yang digunakan tidak lebih penting dari strategi marketing berupa promo, seperti promo Black Friday tahunan misalnya. Padahal, keduanya punya peran penting yang saling berkaitan satu sama lain. Tidak bisa dipilih salah satu saja.

Dalam pengelolaan sebuah website, Anda juga harus mempertimbangkan kembali tools apa yang harus dipakai untuk meningkatkan performanya. Tools seperti plugin, misalnya. Untuk membuat para pengunjung toko online kembali, Anda perlu menggunakan plugin yang tepat.

Penggunaan plugin ini tidak hanya ditujukan untuk membantu kemudahan para pelanggan dalam mengakses website Anda. Sebagai pemilik website, Anda juga akan terbantu pada aspek pemasaran. Jika Anda menggunakan WordPress, salah satu plugin yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan efektifitas pemasaran yang Anda lakukan adalah popup.

Manfaat Penggunaan Popup Pada Website

Sebelum beranjak lebih lanjut ke manfaat penggunaan popup, sebaiknya Anda mengenal terlebih dulu apa itu popup.

Jika Anda pernah melihat form yang muncul saat sedang mengakses suatu halaman website, seperti form untuk berlangganan melalui email atau notifikasi promo, itulah yang dimaksud popup. Ada banyak yang beranggapan bahwa popup adalah sesuatu yang mengganggu. Padahal dengan copywriting yang tepat, Anda akan mampu menarik lebih banyak pelanggan.


Melalui popup, Anda bisa secara persuasif mengajak para pengunjung yang baru pertama kali mengakses website untuk segera bergabung sebagai member melalui email subscription. Selain itu, Anda bisa langsung “menembak” pelanggan dengan promo atau program pemasaran apapun yangs sedang Anda jalankan.

Dari beberapa manfaat tersebut, bisa dibuktikan bahwa popup akan menjadi tools yang cukup efektif, tidak hanya dari segi brand awareness, tapi juga untuk meningkatkan omset penjualan toko online Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, berikut beberapa pilihan popup yang bisa Anda manfaatkan pada website toko online yang Anda kelola.

1. Popup Builder

Popup Builder Plugin for Wordpress
Photo : Popup Builder Plugin for Wordpress

Jika Anda masih dalam fase merintis usaha dengan modal yang cukup on-budget, Popup Builder bisa jadi salah satu pilihan plugin untuk membuat popup di website Anda. Dengan versi gratis yang tersedia, Anda bisa mengatur tampilan popup dengan menambahkan elemen lain seperti Facebook, HTML, gambar, maupun formulir untuk berlangganan email-list.

Masih dengan versi gratisnya, plugin ini juga bisa dimodifikasi tampilannya saat ingin menjalankan campaign tertentu melalui website Anda. Namun jika ingin memanfaatkan lebih banyak fitur dari Popup Builder, Anda bisa membeli ekstensinya dan membuat popup yang lebih tepat sasaran.


Apa yang dimaksud dengan popup yang lebih tepat sasaran? Dengan menggunakan ekstensi dari Popup Builder, Anda akan lebih mudah mengatur target pasar berdasarkan letak geografis, perangkat, dan data statistik lain yang didapatkan dari aktivitas para visitor yang berkunjung ke website Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan fitur lain, seperti Google Maps.

Selain beragam ekstensi menarik, plugin ini juga terintegrasi dengan berbagai platform lain seperti Gravity Forms, MailChimp, hingga Contact Form. Anda pun bisa memanfaatkan ekstensi popup WooCommerce melalui Popup Builder dan mempromosikan berbagai program. Jika ingin berlangganan, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 49,95 USD setiap tahunnya.

2. OptinMonster

OptinMonster Popup Plugin for Wordpress
Photo : OptinMonster Popup Plugin for Wordpress

Untuk dapat menjaring lebih banyak pelanggan dengan mengonversi visitor pada website toko online Anda, gunakan popup plugin WordPress seperti OptinMonster untuk mewujudkannya. Dengan jumlah install mencapai lebih dari 800.000 kali, plugin ini semakin populer dengan fitur popup yang cocok untuk memperlancar pemasaran produk bisnis Anda.


Cara kerja dari popup ini cukup sederhana. Ketika pengunjung toko online Anda akan pergi meninggalkan website, teknologi Exit-intent dari plugin ini akan mendeteksinya dan segera menampilkan popup. Ada juga teknologi SMART yang mampu mengarahkan para visitor untuk men-subscribe email dan berlangganan newsletter dari Anda.

Ada berbagai fitur menarik yang ditawarkan plugin ini bagi para penggunanya. Salah satu yang cukup banyak diminati adalah fitur MonsterLinks 2-Step Optins yang dapat membantu Anda untuk menautkan gambar yang sudah dikonversi pada campaign yang sedang dijalankan. Sehingga saat di-klik, popup akan langsung muncul dan mengarahkan pengunjung untuk membeli produk Anda.


Selain itu, ada juga fitur yang mampu membidik target campaign dengan kriteria tertentu yang Anda inginkan, yaitu dengan menggunakan OptinMonster geo-location. Dengan fitur ini, Anda mampu menyuguhkan lebih banyak konten yang relate dengan apa yang biasa pengunjung cari dan membuat mereka mengakses website toko online Anda lebih lama.

Untuk memaksimalkan penggunaannya, Anda juga bisa memanfaatkan fitur lain seperti Google Analytics hingga Real Time Behavior Automation melalui plugin popup WordPress ini. Fitur-fitur tersebut mampu membantu Anda dalam menganalisis dan menyusun strategi pemasaran berikutnya.


Dengan 29 USD per bulan, Anda sudah bisa menggunakan versi premium yang dibayarkan setiap tahunnya. Dengan sejumlah fitur unggulan yang menarik, plugin ini mampu membantu Anda untuk membuat popup dengan tampilan yang atraktif dan template dengan visual yang membuat pengunjung website tertarik dengan program toko online Anda.

Kesimpulan

Untuk melancarkan strategi pemasaran website toko online, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan tools seperti plugin untuk popup. Dengan menggunakan popup, Anda bisa menaikkan engagement dan mengonversi lebih banyak pengunjung menjadi pelanggan tetap toko online Anda.

Selamat mencoba!
Diberdayakan oleh Blogger.