Colocation, Solusi Penyimpanan Server Terbaik untuk Mendukung Bisnis

Mengelola perusahaan dengan data yang luar biasa banyak tentu membutuhkan tempat yang aman untuk menyimpan servernya. Server ini sebagai pusat dari data yang disimpan menjadikannya komponen paling penting dalam transaksi data dan informasi komunikasi perusahaan.

Colocation, Solusi Penyimpanan Server Terbaik untuk Mendukung Bisnis
Ilustrasi : Colation Server

Server ini biasanya berbentuk komputer khusus yang diletakkan di tempat khusus yang aman dari berbagai jenis gangguan, baik itu gangguan fisik maupun gangguan secara digital. Tempat meletakkan komputer server inilah yang dikenal dengan nama Colocation.

Mungkin ada banyak perusahaan besar yang mampu membuat tempat penyimpanan server sendiri, namun menggunakan layanan data center yang memiliki banyak rak penyimpanan komputer server pun juga tak kalah memberikan keuntungan.

Mengapa Harus Memanfaatkan Fasilitas Colocation?

Data center dan Colocation adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Di dalam data center yang dibangun dengan tingkat keamanan tinggi dan fasilitas berteknologi canggih inilah tersimpan rak-rak penyimpanan komputer server.

Di Indonesia sudah cukup banyak data center yang memberikan layanan penyimpanan komputer server bagi clientnya, seperti yang ditawarkan oleh NEX Data center. Disini komputer server Anda dijamin aman karena beberapa keunggulan yang menjadi alasan kenapa Anda harus memanfaatkan fasilitas ini.

1. Kecepatan Internet

Ketika Memilih fasilitas penyimpanan komputer server tidak hanya tentang fasilitas fisik seperti rak penyimpanan dan lokasi data center yang aman. Namun juga memperhatikan fasilitas pendukung lain seperti kecepatan dan kemudahan aksesnya.

Server yang diletakkan di dalamnya merupakan aspek paling penting bagi perusahaan. Karena itulah, memilih Colocation dengan akses internet cepat juga akan memberikan kemudahan akses data bagi Anda penggunanya. Kecepatan akses data ini juga memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mengakses data yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja.

2. Sistem Keamanan Berlapis

Sebuah tempat penyimpanan komputer server harus menjamin keamanannya baik dari gangguan fisik maupun digital. Di NEX Data Center ini Anda bisa menjamin keamanan komputer server karena disini dilengkapi dengan sistem keamanan Berlapis. Mulai dari sistem keamanan fisik yang dibekali dengan teknologi CCTV yang beroperasi selama 24 jam.

Keamanan fisik ini juga masih didukung dengan adanya pintu masuk berteknologi matrap serta masih juga diawasi oleh petugas keamanan yang berjaga selama 24 jam. Akses masuk pun sangat dibatasi dengan sistem pemindai sidik jari dan biometrik sehingga tidak semua orang bisa masuk.

3. Infrastruktur Daya dan Pendingin Ruangan

Komputer server yang diletakkan di dalam fasilitas rak penyimpanan server atau Colocation ini memang diletakkan di dalam rak dan cage yang aman, ditambah sistem keamanan fisik dan virtual yang menjamin, ada hal lain yang harus dipertimbangkan dalam penyimpanan komputer server ini, yaitu daya dan pendingin.

Kestabilan daya menjadi kunci utama agar komputer server bisa terus menyala dan bisa diakses oleh pemiliknya dengan lebih cepat dan efektif. Sumber daya yang besar disini dengan sumber daya cadangan yang juga besar membuat Anda tak perlu khawatir jika terjadi pemadaman listrik sehingga server tetap bisa diakses.

Tak hanya itu, sistem baik dari pendingin udara maupun air juga dibutuhkan untuk membuat suhu di dalamnya tetap stabil dan tidak terlalu panas karena kinerja komputer server yang berat.

Itu tadi adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan fasilitas Colocation untuk bisnis yang Anda jalankan. Selain semua keunggulan yang sudah disebutkan di atas, biaya operasional yang lebih terjangkau tentu menjadi daya tarik lain.

Jika berminat Anda bisa memilih Nex data center sebagai salah satu penyedia fasilitas ini. Akses https://www.nexdatacenter.com/id/ untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan.
Diberdayakan oleh Blogger.